kopi hitam terenak

Ini Dia Cara Buat Kopi Hitam Terenak dan Mantap

Posted on

Kopi hitam adalah salah satu menu minuman yang selalu ada di berbagai tempat, baik rumah atau kafe.  Kopi memiliki cita rasa yang khas sehingga sangat disukai oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu untuk membuat kopi hitam terenak, Anda harus mengetahui cara mengolahnya dengan benar.

Berikut ini Caraprofesor sudah merangkumnya dari berbagai sumber, sebagai tambahan informasi untuk anda agar tau cara membuat kopi yang enak dan mantap, yang bisa anda coba di rumah, langsung saja ke inti dari artikel kali ini.

Cara membuat kopi hitam yang mantap

kopi hitam terenak

Membuat kopi bisa melalui bubuk kopi atau biji kopi. Silakan siapkan peralatan dan perlengkapan seperti gelas atau cangkir, sendok, panci untuk merebus air, dan lain-lain. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat kopi hitam terenak yang bisa Anda buat:

  1. Merebus air

    Langkah pertama dalam membuat kopi adalah merebus air sebanyak dua cangkir. Sangat disarankan untuk menggunakan air mineral agar cita rasa kopi yang mantap tidak berubah. Kandungan air memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap rasa dari kopi yang Anda seduh nanti.

  2. Tuang bubuk kopi

    Ketika Anda ingin menyeduh kopi, gunakan api dengan skala yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Masukkan bubuk kopi segar ke dalam panci berisi air yang belum mendidih takaran yang diinginkan.
    Setelah itu, aduk kopi secara perlahan. Matikan kompor bila air telah mendidih.

  3. Saring di gelas

    Untuk mendapatkan cita rasa kopi yang enak dan tanpa terganggu ampasnya, Anda boleh  menyiapkan cangkir dan saringan. Letakkan saringan di atas cangkir dan tuang kopi secara perlahan. Untuk semakin menambah cita rasa kopi yang dibuat, Anda bisa menarik panci yang berisi kopi ke atas secara perlahan saat menuangkan kopi.

  4. Pindahkan kopi ke cangkir

    Cangkir berbahan keramik memiliki kemampuan untuk menjaga suhu kopi agar awet dan bisa bertahan lebih lama. Cangkir keramik biasanya lebih kuat dalam menyimpan panas, sehingga kopi yang disajikan tidak cepat dingin. Oh iya, apabila Anda kurang menyukai cita rasa kopi yang pahit. Anda bisa menambahkan gula terlebih dahulu di dalam cangkir sebelum menuang kopi.

  5. Aduk kopi

    Mengaduk kopi lebih baik dilakukan selama kurang dari 20 detik. Mengaduk kopi selama 20 detik akan mengurangi kadar ampas yang tertinggal saat penyaringan. Ampas juga menjadi lebih cepat mengendap.
    Setelah mengaduk, angkat sendok agar suhu di dalam kopi tidak turun karena suhu panas bergerak menuju sendok.

Kopi hitam yang Anda sajikan dengan teknik di atas hasilnya tidak akan kalah dengan olahan café jaman sekarang.

Jadi, Anda bisa menikmati kopi cita rasa yang mewah walaupun tanpa keluar rumah. Sebagai tambahan informasi, kopi juga memiliki berbagai khasiat seperti mengurangi sakit kepala, gangguan jantung, asma kronis, dan gangguan buang air.

Namun ingat, untuk selalu tidak berlebihan dalam meminum kopi agar tidak menimbulkan asam lambung atau penyakit yang lain. Demikian artikel cara membuat kopi hitam terenak. Semoga membantu.

Baca juga  Tips Membuat Seduhan Kopi Arabika Enak dan Nikmat