memilih biji kopi berkualitas

3 Cara Memilih Biji Kopi Berkualitas dengan Mudah

Posted on

Cara Memilih Biji Kopi Berkualitas dengan Mudah – Mengkonsumsi kopi adalah salah satu kebiasaan bagi sebagian orang. Banyaknya jenis kopi di Indonesia, membuat setiap kopi memiliki cita rasa yang khas dan unik. Saking uniknya bagi sebagian orang, ketika seseorang minum kopi dapat membuat pikiran lebih tenang. Dan untuk menciptakan rasa yang lebih otentik, para barista kopi memiliki resep tersendiri dalam meracik kopi buatan mereka.

Untuk memperoleh rasa kopi yang enak, anda memerlukan biji kopi berkualitas untuk menghasilkan aroma dan rasa yang enak dan pas. Sebelum anda mengetahui cara memilih biji dengan kualitas yang baik, ketahui terlebih dahulu ciri biji kopi berkualitas:

  • Aroma yang manis dan khas kopi
  • Fisik/bentuk biji sempurna
  • Warna yang sama dan merata.

Jika anda berencana untuk mengolah biji kopi sendiri, anda dapat memulainya dengan mengolah biji yang masih mentah berwarna hijau atau biasa dikenal dengan nama green beans. Atau anda juga dapat langsung membeli biji buah kopi yang sudah disangrai dan siap untuk dikonsumsi.

Dalam penyajiannya, minuman kopi memiliki berbagai rasa yang berbeda-beda. mengapa demikian? Perbedaan rasa pada kopi disebabkan karena berbedanya kondisi tanah pada lahan penanaman, cara pemetikan, pengupasan, hingga proses penjemuran biji buah kopi. Setelah mengetahui ciri biji yang berkualitas, anda juga perlu mengetahui bagaimana cara memilih biji yang benar.

Cara memilih biji kopi berkualitas

  1. Cek tanggal roasting

    Jika kopi dengan jenis roasted, anda perlu mengecek tanggal roasting untuk mengetahui tingkat kesegaran kopi tersebut. Pada biji yang segar, akan menghasilkan cita rasa kopi yang lebih nikmat dan aroma yang lebih pekat. Untuk tanda biji yang sudah lewat 3 minggu dari proses roasting biasanya biji akan menciut, pudar, dan bertepung.

  2. Pilih biji dengan aroma khas

    Pada biji kopi berkualitas biasanya memiliki aroma kopi yang enak, khas kopi, dan kuat. Kopi dengan aroma yang kuat biasanya lebih sering dijumpai pada biji yang masih fresh atau segar. Dan lama kelamaan aroma tersebut akan memudar.

  3. Cek warna dan fisik pada biji

    Jika anda memilih biji yang sudah disangrai, pastikan semua biji memiliki warna yang sama dan merata. Sedangkan jika anda memilih biji yang tidak disangrai, pastikan tidak ada bintik hitam atau coklat pada biji karena bisa jadi bintik tersebut tanda pertumbuhan jamur. Dan ciri Fisik biji yang berkualitas tidak terdapat celah atau lubang.

Demikian tadi beberapa cara dalam memilih biji kopi berkualitas. Setelah menemukan biji yang cocok dan sesuai selera, anda dapat mulai meraciknya dengan mencampurkan beberapa jenis biji buah kopi untuk dapat menghasilkan minuman kopi dengan rasa yang nikmat.

Baca juga  Ciri Ciri Batu Ginjal yang Dialami oleh Penderita, Perlu Anda Waspadai!