Apa itu toxic

Apa itu toxic ? Pengertian, dan ciri-ciri orangnya yang wajib anda tahu

Pengertian
Apa itu toxic
Apa itu toxic

Apa itu toxic, pengertiannya dan bagaimana ciri-ciri orang toxic? Semuanya akan dibahas lengkap di artikel berikut ini.

Sebelum kita membahas mengenai orang toxic ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa itu toxic? dan apa pengertian toxic?.

Apa itu toxic?

Dari sisi bahasa toxic artinya adalah racun. Dari artinya saja toxic merupakan sesuatau yang tidak baik tentunya.

Sedangkan dalam konteks orang toxic singkatnya mereka adalah orang yang memiliki sifat buruk dan suka merugikan orang lain mulai dari perkataan atau perbuatan. Intinya mereka adalah orang-orang yang negatif dan perlu anda jauhi.

Selain untuk menggambarkan kepribadian orang dalam bergaul, kata toxic terkadang juga digunakan dalam berbagai macam permainan untuk menggambarkan betapa merugikannya orang tersebut.  Misalnya dalam permainan sepak bola, seorang pemain yang hanya mementingkan diri sendiri dan tidak mempedulikan kerja sama team juga bisa dikatakan sebagai orang toxic.

Selain itu, kata toxic juga bisa digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang buruk yang bisa merusak atau mempengaruhi anda. Misalnya jika anda kecanduan game online sehingga melalaikan berbagai macam kewajiban anda maka game online tersebut bisa diakatan menjadi toxic bagi Anda.

Setelah anda mengetahui apa itu toxic, untuk lebih jelasnya berikut saya beri gambaran ciri-ciri orang toxic:

Ciri-ciri orang toxic yang harus anda ketahui

1. Orang toxic sulit sekali minta maaf

Salah satu ciri toxic people adalah mereka sangat sulit sekali mengakui kesalahan sendiri. Nah,,ciri ini lah yang paling menyebalkan dari orang toxic. Karena mereka biasanya tidak mau minta maaf padahal jelas-jelas dia yang salah, ngeselin banget bukan. Biasanya mereka beranggapan kesalahan yang mereka perbuat itu bukan disebabkan karena dirinya melainkan karena sebab lain, intinya orang toxic ingin mengkambing hitamkan sesuatu atau orang lain bukan dirinya.

2. Tidak atau kurang peduli dengan orang lain

Nah ciri yang satu ini tidak kalah membahayakan dari orang toxic. Mrekeka biasanya tidak memiliki kepedulian atau rasa empati kepada orang lain, jadi wajar jika anda sedang terkena masalah atau sesuatu yang menyusahkan mereka biasanya akan tak acuh. Bukan hanya itu, yang paling menyebalkan dari orang toxic adalah saat anda mulai mengeluhkan masalah yang anda hadapi mereka bukannya memberi solusi tapi justru malah menyalahkan anda.

3. Orang toxic biasanya hanya mau enaknya saja

Jangan harap orang toxic akan ringan tangan dalam membantu anda saat kesusahan, alih-alih membantu mereka akan meninggalkan anda. Mereka hanya mau mendekat saat senang atau saat anda sedang banyak duit misalnya, tapi saat anda kesusahan mereka akan mengatakan goodbay. Jadi prinsip susah senang bersama tidak ada dalam kamus orang-orang toxic.

5. Suka merendahkan dan meremehkan orang lain

Didekat orang toxic kamu tidak akan termotivasi. Alih-alih memberikan motivasi mereka justru malah akan merendahkan anda. Orang toxic memang sering sekali membuat seseorang merasa direndahkan dan diremehkan jadi anda harus benar-benar menjauhi orang semacam ini.

6. Ratu drama

Orang toxic biasanya sangat pandai sekali mengatur sandiwara, namanya juga ratu drama. Mereka biasanya membuat sesuatu yang mudah diselesaikan menjadi semakin rumit melalui serangkaian sandiwara yang dijalankan orang toxic tersebut. Jika anda mendapati orang yang suka mengarang cerita-cerita bohong untuk menutupi kesalahannya mereka itulah salah satu ciri-ciri orang toxic.

Nah,,setelah anda mengetahui apa itu toxic dan ciri-ciri orang toxic sekarang anda bisa mengira-ngira apakah teman anda ada yang termasuk orang toxic, atau mungkin anda termasuk orang toxic.  Jika beberapa sifat orang toxic di atas ada dalam diri anda maka Anda harus segera menghilangkannya. Apakah sifat buruk orang bisa dirubah? jawabannya tentu bisa, tidak ada orang yang tidak bisa berubah selama dia memiliki kemauan yang kuat untuk berubah.

Cara terhindar dari sifat orang toxic

Berikut beberapa tipas agar anda terhindar dari sifat orang toxic:

1. Berteman dengan orang-orang yang baik

Anda pernah mendengar pepatah jika berteman dengan penjual minyak wangi maka Anda akan terkena wanginya? Kurang lebih begitulah bagaimana teman mempengaruhi anda. Jika Anda terbiasa bergaul dengan orang-orang toxic maka anda akan menjadi seperti mereka begitupun sebaliknya. Jadi pandai-pandailah memilih teman.

2. Selalu ingat kepada Allah

Ingat lah satu hal dalam diri anda yang bisa dijadikan salah satu pengendali untuk menata setiap perilaku Anda. Yaitu setiap perbuatan pasti akan dimintai pertanggung jawaban. Selalu ingat Allah subhanahu wata’ala agar anda tidak sewenang-wenang dalam bertindak. Intinya Agama adalah pengendali yang bagus dan bisa mencegah munculnya sifat orang-orang toxic dalam diri Anda.

3. Sering-seringlah mengoreksi diri sendiri

Jika penyakit terdeteksi dari awal mungkin akan lebih mudah dalam proses penyembuhan. Begitu pula penyakit orang toxic jika mereka menyadari bahwa mereka sedang mengalami masalah kepribadian maka tentunya mereka akan berupaya untuk menghindarinya. Apalagi jika sifat tersebut sangat negatif dan dibenci orang lain. Jadi intinya agar penyakit toxic ini tidak menjangkiti anda maka sering sering mengoreksi diri sendiri.

Cara menyikapi orang-orang toxic

Karena sebegitu menyebalkannya orang-orang toxic ini maka Anda harus benar-benar berhati hati dan menyikapinya dengan baik. Karena kalau tidak orang toxic akan selalu mencari cara untuk selalu mengganggu kehidupan anda. Berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan jika berhadapan dengan orang toxic:

1. Jangan terlalu akrab dengan mereka

Jika anda Terjebak di sekitar orang-orang toxic satu hal yang harus anda lakukan adalah membuat batasan dengan mereka, artinya jangan terlalu akrab. Tetapi Anda juga jangan terlihat jelas sedang menghindar darinya. Intinya jauhi mereka pelan-pelan.

2. Jangan mau kalah

Jika anda berhadapan dengan orang yang baik prinsipnya adalah mendahulukan mereka dari diri anda sendiri. Tapi khusus untuk orang-orang toxic jangan biarkan mereka mengalahkan anda pokoknya jangan biarkan mereka selalu mendominasi anda karena jika anda biarkan mereka malah akan menjadi-jadi. Prinsipnya jangan menginjak tapi juga jangan mau diinjak-injak, apalagi oleh orang toxic.

3. Kendalikan emosi anda

Terkadang berhadapan dengan orang toxic itu memang menjengkelkan dan membuat kita emosi, tetapi anda tetap harus tenang. Mereka sangat pandai bersandiwara dan mengatur siasat, jadi sifat emosional justru bisa dijadikan alat oleh orang toxic untuk menjebak anda.

Baca juga : Penjelasan singkat mengenai Apa itu LDR?

Nah demikian tadi ulasan lengkap mengenai apa itu toxic, ciri-ciri orang toxic dan bagaimana menyikapinya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.