masker gelatin untuk rambut

Manfaat masker gelatin untuk rambut dan cara membuatnya

Kecantikan, Rambut
masker gelatin untuk rambut
masker gelatin untuk rambut

Manfaat masker gelatin untuk rambut dan cara membuatnya yang mudah dan praktis. Ketika Anda mendengar kata gelatin mungkin anda akan diingatkan oleh hidangan penutup yang transparan dan berwarna-warni (gel). Padahal faktanya gelatin bukan hanya lezat dimakan tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut Anda. Gelatin mengandung tinggi protein yang itu artinya sangat baik untuk rambut Anda.

Rambut Kita Kebanyakan Terbuat Dari Protein

Rambut kita terbuat dari protein keras yang disebut keratin, yang merupakan zat yang sama yang ditemukan di kuku, bulu, dan juga cakar. Selain keratin bahan lain seperti melanin juga ada di rambut kita.

Ini adalah pigmen yang memberi warna berbeda pada rambut. Hampir 10% hingga 13% rambut terdiri dari air. Selain itu beberapa logam seperti seng, dan berbagai mineral juga ditemukan di rambut Anda.

Perlakukan yang berlebihan ke rambut dapat membuatnya mudah rusak karena karena akan menghilangkan protein dan kelembaban alami rambut. Jadi terkadang sesekali kita perlu menambah protein pada rambut kita untuk menjaga kesehatannya.

Bagaimana cara mengetahui Jika Rambut Anda Membutuhkan Protein?

Sebelum anda menerapkan masker gelatin untuk rambut perlu anda ketahui tanda-tanda rambut anda kekurangan protein. Jika rambut Anda memiliki terlalu banyak protein atau protein berlebih, itu merupakan masalah rambut yang bisa memakan waktu beberapa minggu untuk diatasi. Cara terbaik untuk mengetahui apakah rambut Anda sudah memiliki protein yang cukup atau jika masih membutuhkan lebih banyak.

Intinya, jika Anda sudah percaya diri dengan kesehatan dan hidrasi rambut Anda, pertahankan perawatan rutin rambut Anda tersebut.

Ketika Anda mulai mengalami gejala-gejala berikut, ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan perawatan peningkat protein untuk rambut Anda:

1. Helai rambut mulai rapuh

Setelah diketahui bahwa rambut Anda mudah patah, ini adalah tanda paling umum bahwa Anda perlu memperkuat serat rambut Anda.

2. Rambut Kering, Keriting, Lemas

Mencuci rambut secara berlebihan dapat mengeringkan helai rambut Anda dan menyebabkan rambut kusut. Selain mencuci secara berlebihan penggunaan bahan-bahan kimia pada produk kecantikan rambut juga akan membuatnya kering sehingga mudah patah.

4. Jika anda terlalu sering mengubah hairstyle

Ketahuilah bahwa rambut Anda akan membutuhkan perawatan protein setelah penataan rambut, pelurusan, pemutihan, relaksasi, pewarnaan, dan pemrosesan kimia. Atau saat Anda melakukan hairstyle yang berlebihan ke rambut seperti kepang, pelintiran, menambahkan ekstensi – rambut sehingga membuatnya membutuhkan protein.

5. Rambut memiliki tingkat kelembaban berlebih

Rambut Anda bisa memiliki kelembaban berlebih saat Anda mengoleskan deep conditioner ke rambut basah saat tidur, atau hanya sekedar tidur dengan rambut yang masih basah. Hal ini pada dasarnya dapat memecah protein di rambut Anda.

Apa Yang Dilakukan Perawatan Protein?

Perawatan protein biasanya menggunakan bahan tertentu yang mengandung tinggi protein untuk mengembalikan protein alami rambut.

Penggunaan gelatin pada rambut dapat membuatnya menjadi lebih lurus alami, lebih berkilau, kuat dan bercahaya.

Saya telah membaca banyak artikel dan forum tentang masker rambut gelatin ini, jadi saya yakin dan menyarankan untuk melakukan perawatan menggunakan gelatin  setidaknya empat hingga enam minggu sekali. Pastikan rambut Anda tidak rusak atau sensitif terhadap protein.

Apa Itu Gelatin?

Banyak hewan memiliki kolagen, yang merupakan sumber protein struktural gelatin. Kolagen adalah jenis protein berserat yang membentuk sepertiga dari tubuh manusia. Kolagen adalah protein yang menguatkan dan memperkuat jaringan ikat di dalam ubuh.

Gelatin terdiri dari prolin dan glisin, keduanya merupakan asam amino yang merupakan prekursor protein. Cara terbaik untuk mendapatkan protein dari gelatin adalah dengan cara mengkonsumsinya. Saya mengonsumsi gelatin sebagai suplemen harian bisa menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Jika Anda salah satu dari banyak pecinta makanan yang memakan jaringan berserat, organ, dan bahkan tulang hewan, Anda mendapatkan dosis asam amino harian yang direkomendasikan. Prolin dan glisin diperlukan untuk meningkatkan imunitas Anda sekaligus mengatur berat badan.

Gelatin terdiri dari asam amino glisin dan prolin (nutrisi yang kebanyakan orang tidak cukup), menambahkan gelatin ke dalam makanan harian anda dapat membantu tubuh dalam mendapatkan kedua nutrisi tersebut.

Gelatin – Rahasia Rambut Kuat dan Berkilau

Sama seperti rambut Anda, gelatin kaya akan keratin yang dapat meningkatkan kekuatan rambut dengan cara meratakan kutikula sambil memperkuat untaian rambut Anda. Kutikula yang halus adalah rahasia dari rambut yang sehat dan berkilau.

Anda bisa menggunakan kuning telur sebagai pengganti gelatin, tetapi tidak menempel dengan baik pada area rambut yang rusak. Masker rambut dari gelatin ini masih merupakan cara optimal untuk mendapatkan kembali alur rambut yang sehat.

Manfaat masker Gelatin untuk rambut dan kesehatan

Yayasan Weston A. Price mencatat bahwa gelatin menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang sangat baik. Beberapa manfaat gelatin yang sangat baik antara lain:

  • Gelatin membantu mengencangkan kulit yang kendur.
  • Gelatin mendukung pertumbuhan kuku, rambut, dan kulit.
  • Sumber protein (meskipun bukan yang paling banyak) dan termasuk asam amino yang membantu membangun otot.
  • Gelatin berguna dalam pencernaan dengan cara mengikatnya bersama air untuk membuat makanan bergerak melalui saluran pencernaan dengan mudah.
  • Meningkatkan kesehatan sendi dan dapat membantu pemulihan sendi.

Cara membuat masker gelatin untuk rambut

Berikut beberapa cara membuat masker gelatin untuk rambut Anda:

1. Campurkan gealtin dengan air dingin sehingga tidak ada gumpalan dan diamkan. Butir gelatin akan mengembang dalam air dan akhirnya memiliki tekstur seperti saus apel kental atau kentang tumbuk.

2. Ukur dua kali lebih banyak kondisioner bebas silikon dan bebas protein dari gelatin ke dalam wadah dan panaskan dengan lembut. Jangan sampai mendidih.

3. Campurkan gelatin tadi ke dalam kondisioner panas lalu tambahkan minyak kelapa. Gelatin yang mekar akan larut ke dalam kondisioner panas, sehingga kondisioner Anda sedikit lebih tebal daripada saat dingin. Sedangkan minyak kelapa akan meleleh ke dalam kondisioner.

4. Uji suhunya, lalu oleskan masker gelatin ke rambut Anda saat hangat atau panas dengan cara sebagai berikut: Mulai dari akar ke ujung hingga merata. Selain itu rambut juga dapat dicelupkan ke dalam campuran masker gelatin tadi, atau campuran tersebut dapat diaplikasikan langsung pada rambut.

5. Saat masker gelatin untuk rambut ini mendingin dan meresap, akan lebih sulit untuk diaplikasikan. Jadi mudah untuk menerapkannya saat masih hangat. Rambut panjang dapat digulung dengan hati-hati saat gelatin panas.

6. Saat kering dan panas, bilas rambut Anda di bawah air hangat untuk mulai rehidrasi gelatin. Biarkan air meresap ke dalam gelatin sebelum Anda mulai menyentuh rambut Anda.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat masker gelatin untuk rambut dan bagaimana cara membuatnya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.