Jelaskan Pengertian Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global!

jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global

jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global

Jelaskan Pengertian Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global! – Efek rumah kaca adalah proses pemanasan permukaan benda langit baik planet maupun satelit yang disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfernya. Pemanasan global adalah proses meningkatnya rata – rata suhu pada atmosfer, laut dan bumi.

Efek rumah kaca diidentikkan dengan panas matahari yang terperangkap pada atmosfer bumi, karena sinar matahari yang masuk ke bumi tidak dapat dipantulkan dengan sempurna. Efek rumah kaca disebabkan oleh berbagai hal seperti penebangan hutan, penggunaan bahan bakar fosil, limbah industri dan lain – lain.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi efek rumah kaca. Hal tersebut seperti menghemat penggunaan tenaga listrik, mengolah sampah dengan baik, kurangi penggunaan CFC dan lain-lain. Pemanasan global terjadi karena meningkatnya suhu di bumi yang mengakibatkan dapat menurunkan kualitas hidup manusia.

Pemanasan global harus ditanggulangi agar tidak mengganggu kehidupan manusia. Ada berbagai peristiwa yang menjadi penyebab pemanasan global. Hal tersebut seperti meningkatnya gas karbon monoksida dari kendaraan bermotor, boros dalam pemakaian listrik, polusi udara dari cerobong asap pabrik, dan lain-lain.

Itulah pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global yang sudah caraprofesor.com jelaskan dari berbagai sumber, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Gas-gas yang memicu terjadinya pemanasan global adalah:

  • Karbondioksida
  • Metana
  • Nitrioksida
  • Hidro fluro carbon ( HFC )

Penyebab terjadinya pemanasan global adalah:

  • Penggundulan hutan
  • Peternakan
  • Pembakaran hutan

Baca Juga: Manfaat Air bagi Manusia yang Harus Diketahui. Simak Ulasannya!