Nostalgia adalah: arti kata, pengertian dan penggunaan

Pengertian
Ilustrasi nostalgia

Nostalgia adalah sebuah emosi. Ini merupakan sebuah perasaan untuk menikmati acara dari masa lalu. Orang yang bernostalgia akan sering melihat atau menggunakan hal-hal lama yang mereka kenal bertahun-tahun yang lalu. Contohnya termasuk menonton acara TV lama, menggunakan teknologi lama yang sangat menyenangkan, dan bermain dengan mainan yang Anda mainkan saat kecil.

Arti kata nostalgia

Menurut artinya sendiri nostalgia adalah sebuah kerinduan atau kenangan untuk masa lalu dimana biasanya merujuk pada sebuah waktu atau tempat tersendiri yang memiliki banyak momen bahagia atau layak untuk dikenang.

Sekilas tentang nostalgia

Nostalgia sering sekali diungkapkan terutama untuk mengenang masa lalu, intinya nostalgia adalah sebuah kenangan yang tidak terlupakan. Nostalgia ternyata tidak hanya berhubungan dengan kenangan yang manis saja. Karena kenangan yang mungkin memalukan atau kurang baik juga bisa dikatakan sebagai nostalgia. Contohnya terkadang kita akan tertawa jika mengenang masa lalu saat kita masih sering melakukan hal-hal konyol di sekolah. Meskipun hal tersebut memalukan kelihatannya tetapi jika dikenang pada saat kita dewasa maka akan menjadi nostalgia.

Nostalgia biasanya dilakukan dengan cara bertemu dengan orang atau teman lama kita. Atau juga bisa dengan melihat foto kenangan masa lalu seperti saat kita masih berada di sekolah atau tempat kerja yang sudah lama kita tinggalkan.

Mengenang masa lalu atau bernostalgia terkadang menjadi hal yang baik jika kita melakukannya sesekali dan atau untuk mengenang sesuatu yang positif di masa lalu, misalnya saat kita di pesantren. Akan tetapi nostalgia bisa menjadi negatif di saat kenangan masa lalu kita teramat sangat buruk dan tidak enak untuk di dikenang. Contohnya seorang preman yang sudah mulai bertaubat dan menempuh jalan yang baik tidak perlu bernostalgia dengan teman-teman sesama preman dulu. Karena dengan bernostalgia maka akan mengenang masa lalu yang menjadi hal buruk yang ingin dilupakan.

Apakah nostalgia itu baik bagi kita?

Di masa lalu, ahli teori cenderung menganggap bahwa nostalgia sebagai hal yang buruk dalam menghadapi ketidakpastian, stres, atau ketidakbahagiaan terhadap kehidupannya di masa sekarang. Pada tahun 1985, ahli teori psikoanalitik, Roderick Peters menggambarkan nostalgia ekstrem sebagai hal yang dapat melemahkan, sesuatu “yang bertahan dan sangat mengganggu upaya individu untuk mengatasi keadaannya saat ini.”

Tetapi penelitian kontemporer, telah bertentangan dengan pandangan maladaptif ini. Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa kenang-kenangan nostalgia bisa menjadi kekuatan penstabil. Nostalgia dapat memperkuat rasa kontinuitas pribadi kita, mengingatkan kita bahwa kita memiliki simpanan kenangan kuat yang sangat terkait dengan identitas kita.

Penelitian yang dilakukan sejak tahun 1998 menunjukkan bahwa ingatan nostalgia cenderung berfokus pada hubungan kita, yang dapat menghibur kita selama masa-masa yang penuh tekanan atau sulit. Meskipun kita telah menjadi mandiri dan matang (atau mungkin bahkan sedikit letih), kita masih anak orang tua kita. Dalam mengembangkan survei retrospektif tentang pengalaman masa kecil, peneliti menemukan bahwa mengingat bahwa kita mengalami cinta tanpa syarat ketika anak-anak dapat meyakinkan kita di masa sekarang – terutama selama masa-masa sulit. Ingatan-ingatan ini dapat memicu keberanian untuk menghadapi masalah, mengambil risiko yang wajar dan mengatasi tantangan.

Ringkasan arti kata nostalgia

  1. Nostalgia adalah kenangan masa lalu yang indah atau layak tntuk dikenang
  2. Nostalgia adalah kerinduan seseorang pada suatu waktu atau tempat
  3. Nostalgia adalah sebuah kenangan yang kita ingin melakukannya kembali di masa sekarang atau yang akan datang

Demikian tadi ulasan mengenai arti kata nostalgia yang mungkin belum banyak diketahui orang.