Peraturan sepak bola

Peraturan sepak bola terbaru lengkap sesuai pedoman FIFA

Olahraga
Peraturan sepak bola
image pixabay.com

Peraturan sepak bola terbaru lengkap yang sesuai dengan pedoman FIFA (Federasi Sepak bola Internasional).

Setiap tahunnya badan federasi sepak bola internasional atau FIFA merevisi dan memperbarui setiap aturan permainan sepak bola. Peraturan ini dibuat tentunya untuk meningkatkan kualitas permainan sepak bola itu sendiri, dan juga mengurangi tingkat pelanggaran sehingga permainan sepak bola menjadi lebih menarik dan apik untuk dilihat.

Peraturan sepak bola standar

Berikut daftar peraturan sepak bola Termasuk aturan main, durasi permainan, dan beberapa jenis pelanggaran dalam permainan sepak bola terbaru yang dikeluarkan oleh FIFA:

Beberapa pelanggaran dalam peraturan sepak bola

  1. Seorang pemain berupaya untuk menghentikan pemain lawan dengan cara menjegal menarik baju atau tangan;
  2. Menyerang lawan dengan bertujuan untuk menyakiti atau membuat cedera;
  3. Menyerang atau berbicara kasar dengan wasit;
  4. Memegang bola dengan sengaja atau tidak sengaja;
  5. Membuang bola dengan cara menendang atau melempar;
  6. Melakukan provokasi dan mengulur-ngulur waktu saat pertandingan berlangsung;
  7. Berlebihan dalam memprotes keputusan wasit;
  8. Berbicara kasar kepada lawan atau tim lawan termasuk kepada pelatih;

Ukuran lapangan sepak bola

Ukuran lapangan sepak

Dalam permainan sepak bola hal yang tidak kalah pentingnya adalah lapangan atau tempat bermain sepak bola itu sendiri. Dalam menentukan ukuran lapangan sepak bola standar Internasional FIFA menyatakan bahwa lapangan sepak bola standar harus memiliki panjang sekitar 100 sampai 110 meter dan lebar 45 sampai 75 meter. Lapangan sepak bola harus berbentuk persegi panjang dan memiliki permukaan yang datar sehingga membuat laju bola mudah dikendalikan.

Bola yang digunakan

Dalam peraturan sepak bola yang telah dibuat oleh FIFA bola harus sesuai dengan standar yaitu memiliki ukuran dengan diameter 28 inci (70 cm) dan tidak kurang dari 27 inci. Sedangkan untuk berat bola sendiri biasanya sekitar 14 sampai 16 ons. Ukuran tersebut juga berlaku untuk bola cadangan.

Jumlah pemain sepak bola

Bagi kita yang sering menonton pertandingan sepak bola pasti tahu jika dalam permainan sepak bola terdapat 11 pemain pada masing-masing tim. Ini merupakan jumlah dari standar permainan sepak bola. Sedangkan untuk permainan sepak bola mini jumlah pemainnya hanya 7 orang saja. Dengan ketentuan 10 orang merupakan pemain lapangan sedangkan satunya lagi bertugas sebagai kiper atau penjaga gawang.

Jika dalam permainan sepak bola standar sebuah tim memiliki pemain kurang dari 7 maka permainan akan dihentikan atau tim tersebut dinyatakan kalah. Hal ini biasanya terjadi akibat sebuah tim telah melakukan pelanggaran berupa kartu merah atau menghabiskan kuota dari pergantian pemain yang telah ditentukan.

Peraturan pergantian pemain

Dalam permainan sepak bola diperbolehkan untuk melakukan pergantian pemain akan tetapi dibatasi dengan jumlah tertentu. Secara umum dalam pertandingan resmi pergantian pemain hanya boleh dilakukan 3 kali. Meskipun terkadang dalam pertandingan persahabatan pergantian pemain bisa lebih dari jumlah tersebut. Untuk ketentuan pergantian pemain sendiri seorang pemain yang sudah pernah keluar tidak boleh masuk lagi ke lapangan sebagai pemain pengganti.

Kostum para pemain

Secara umum pemain sepak bola menggunakan kaos dan bercelana pendek. Untuk kaos yang digunakan boleh menggunakan kerah atau tidak. Kaos pemain sepak bola juga harus sama pada sebuah tim dan diperkenankan menggunakan lengan panjang atau lengan pendek, akan tetapi untuk celana pemain sepak bola hanya diperbolehkan menggunakan celana pendek. Untuk celana panjang diperbolehkan hanya bagi kipper.

Wasit permainan sepak bola

Dalam permainan sepak bola terdapat setidaknya minimal 4 orang wasit di mana satu orang wasit lapangan. Dua orang wasit sebagai hakim garis sedangkan yang satunya lagi bertindak untuk mengatur pemain cadangan. Meskipun demikian terkadang jumlah wasit bisa lebih dari itu. Misalnya seperti wasit yang berada di masing-masing gawang untuk melihat apakah bola sudah benar-benar masuk ke dalam gawang atau belum.

Wasit dalam pertandingan sepak bola memiliki kewenangan yang mutlak untuk menentukan sebuah pelanggaran dimana semua keputusan wasit bersifat final. Meskipun nanti jika ada keputusan wasit yang tidak sesuai dengan peraturan sepak bola yang telah ditetapkan FIFA maka akan dikenakan sanksi tersendiri meskipun tidak mempengaruhi hasil dari pertandingan.

Durasi permainan sepak bola

Dalam sebuah pertandingan sepak bola normal terdiri dari dua babak atau periode. Dimana masing-masing periode berdurasi 45 menit dengan tambahan 15 menit sebagai waktu istirahat di pertengahan babak. Akan tetapi jika dalam waktu 2 x 45 menit pertandingan sepak bola memiliki skor yang Imbang maka pertandingan akan dilanjutkan dengan tambahan waktu. Tambahan waktu ini terdiri dari dua babak dimana masing-masing babak berdurasi 15 menit.

Dan jika dalam periode tambahan waktu tersebut kedua tim masih Imbang maka diadakan adu tendangan penalti, dimana masing-masing tim mengirimkan 5 penendang. Dari lima penendang tersebut siapa yang paling banyak memasukkan bola ke kandang lawan maka dialah pemenangnya.

Akan tetapi jika dari 5 penendang tersebut kesemuanya sama-sama memasukkan bola ke kandang lawan maka masing-masing tim akan diberikan tambahan 1 orang penendang, hingga ada salah satu dari kedua tim gagal melakukan tendangan. Cara ini hanya berlaku untuk pertandingan sepak bola sistem gugur. Sedangkan untuk sistem grup atau poin biasanya tidak menggunakan tambahan waktu atau ada tendangan penalti.

Cara start atau memulai pertandingan sepak bola

Pertandingan sepak bola dimulai dengan cara salah satu dari tim melakukan Kick Off atau menendang bola untuk pertama kalinya di titik tengah lapangan. Saat kick off dilakukan semua pemain harus berada di sisi lapangan masing-masing area. Biasanya untuk menentukan siapa yang melakukan Kick Off di diundi dengan menggunakan koin.

Peraturan gol dan bola mati

Bola dinyatakan gol atau sebuah tim mendapatkan poin jika bola sudah masuk pada gawang lawan dengan cara melewati garis, Kecuali jika sebelumnya ada pelanggaran entah itu pemain dalam posisi offside atau yang lainnya. Sedangkan bola akan dinyatakan mati jika keluar dari area lapangan pertandingan entah itu dari sisi kiri, kanan, depan ataupun belakang garis.

Peraturan Offside

Seorang pemain berada dalam posisi offside jika dia lebih dekat ke garis gawang daripada bola dan bek terakhir, tetapi hal ini berlaku hanya jika dia berada di setengah lapangan lawan. Sedangkan pemain tidak dinyatakan offside jika memenuhi kriteria tersebut, akan tetapi pemain tidak terlihat aktif atau mengejar bola yang diumpankan kepadanya.

Peraturan tendangan Bebas

Bagian ini mendefinisikan berbagai jenis tendangan bebas (langsung dan tidak langsung) serta prosedur yang tepat untuk memulanya. Dan hal-hal yang memicu terjadinya tendangan bebas.

Tendangan bebas biasanya dilakukan saat pemain melakukan pelanggaran di luar dari kotak penalti, karena jika pelanggaran dilakukan di dalam kotak penalti maka tendangan disebut sebagai tendangan penalti. Meskipun secara umum tendangan penalti juga bisa disebut sebagai tendangan bebas.

Dalam melakukan tendangan bebas biasanya pemain melawan membuat sebuah pagar betis untuk menghalangi gawang dari bola yang akan dilesatkan oleh penendang.

Peraturan tendangan penalti

Tendangan penalti merupakan tendangan yang dilakukan pada titik 11 meter. Tendangan penalti biasanya dilakukan saat pemain melakukan sebuah pelanggaran di area kotak penaltinya. Hal ini meliputi pelanggaran berupa menjegal pemain lawan, hands ball, menarik baju atau pelanggaran lainnya. Berbeda dengan tendangan bebas, dalam melakukan tendangan penalti maka pemain lawan tidak boleh menutupi atau membuat sebuah pagar betis di depan gawang.

Demikian tadi ulasan mengenai peraturan sepak bola secara umum yang sesuai dengan standar FIFA.