Ukuran lapangan basket standar

Ukuran lapangan basket standar Internasional, SMA dan SMP

Olahraga

Ukuran lapangan basket standar Internasional, SMA, SMP dan juga perguruan tinggi yang diulas secara lengkap dan detail dalam sebuah artikel.

Sekilas tentang permainan basket

Basket merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di seluruh dunia terutama di Eropa dan Amerika. Olahraga jenis ini memang diyakini dapat membuat tubuh seseorang menjadi lebih tinggi terutama jika pada masa pertumbuhan. 

Permainan bola basket biasanya dimainkan oleh 5 orang pada masing-masing tim yang saling berhadapan. olahraga ini cukup menarik karena tempo permainannya sangat tinggi dibandingkan dengan jenis olahraga yang menggunakan bola lainnya seperti halnya bola voli.

Dalam permainan basket ada tiga kelompok pemain. yang pertama adalah pemain forward, pemain ini bertugas kurang lebih sama seperti striker di permainan sepak bola yaitu sebagai pencetak angka atau penyerang. Sedangkan pemain yang kedua adalah playmaker. Playmaker dalam permainan basket merupakan seorang pemain yang mengatur jalannya pertandingan di mana playmaker bertugas memberikan umpan kepada pemain forward untuk dapat membobol garis pertahanan lawan. Sedangkan pemain yang ketiga adalah defender. Sesuai dengan namanya pemain defender ini bertugas menjaga garis pertahanan dari serangan lawan. tugas defender dalam permainan basket kurang lebih sama dengan back dalam sepak bola.

Sejarah singkat olahraga basket

Basket dianggap sebagai jenis olahraga yang cukup unik karena pada waktu penemuan nya tidak disengaja. Olahraga basket awalnya ditemukan ketika seorang guru olahraga bernama Dr. James Naismith di Kanada membuat ide untuk menciptakan sebuah olahraga yang lebih ringan dan mudah dimainkan di tempat tertutup. Hingga pada akhirnya di tahun 1891 olahraga basket pertama kali ditemukan dan dimainkan oleh siswa di sebuah sekolah di Massachusetts. 

Sedangkan untuk pertandingan resmi nya olahraga basket baru dimainkan pada tahun 1892 di kantor Dr. James Naismith. Pada waktu awal ditemukannya tentu ukuran lapangan basket dan pernak-perniknya tidak selengkap saat ini. Karena pastinya hanya menggunakan lapangan sederhana saja.

Nah bagi Anda yang merupakan penggemar olahraga basket tentunya sangat ingin tahu mengenai seluk beluk olahraga yang satu ini.  Berikut kami sajikan beberapa informasi mengenai ukuran lapangan basket dan beberapa hal tentang olahraga popular ini:

Ukuran lapangan basket standar Internasional

Dimensi dan ukuran lapangan basket memiliki beberapa variasi berdasarkan tingkat permainan. Untuk membantu menjelaskan berbagai ukuran lapangan basket, kami telah membuat bagan dan diagram yang dapat membantu Anda lebih mudah.

Berapa ukuran lapangan basket?

Regulasi dimensi lapangan basket adalah 94 kaki dengan lebar 50 kaki. Ukuran lapangan basket bervariasi tergantung pada liga dan level permainan. Untuk ukuran lapangan basket NBA, serta untuk WNBA dan perguruan tinggi, lapangan ini memiliki panjang 94 kaki kali 50 kaki. Sedangkan area cat atau jalur lemparan bebas memiliki lebar 16 kaki. Garis busur lapangan basket sekitar 15 kaki dari muka papan dengan lebar 2 inci.

Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) menyerukan agar lapangan basket sedikit lebih kecil dengan tinggi 91,9 kaki kali 49,2 kaki. Dalam meter, ukuran tersebut sekitar 28 kali 15 meter.

Berapa ukuran lapangan basket sekolah tinggi?

Lapangan basket di sekolah tinggi dan menengah memiliki panjang 84 kaki kali 50 kaki. Sedangkan pada tingkat SMP panjang lapangan basket biasanya 10 kaki lebih pendek dari jumlah tersebut.

Berapa panjang lapangan basket untuk anak SMA?

Lapangan basket tingkat SMA panjangnya biasanya 84 kaki. Sedangkan panjang lapangan basket NBA persis 10 kaki lebih panjang. Faktanya, pada lapangan basket di perguruan tinggi dan semua pertandingan liga profesional, termasuk WNBA, dimainkan di lapangan sepanjang 94 kaki.

Komponen dalam lapangan basket

ukuran jaring basket
image: pexels.com

Dalam membangun sebuah lapangan basket tentunya ada beberapa komponen wajib yang harus ada. Komponen ini meliputi sebuah garis yang digunakan untuk peraturan dalam permainan basket. Salah satu diantaranya adalah 3 buah lingkaran yang ada di dalam lapangan basket. Lingkaran ini terbagi menjadi dua bagian. Dua bagian pertama yaitu berada di depan ring basket sedangkan yang satunya berada di tengah. Selain garis lingkaran berikut beberapa komponen yang ada di lapangan basket yang perlu Anda ketahui:

Ukuran ring basket

Di dalam lapangan basket terdapat 2 buah ring untuk masing-masing tim. Ukuran tinggi ring basket yaitu 10 kaki. Tinggi ring ini sama untuk SMP, SMA, NCAA, WNBA, FIBA, dan NBA. Sedangkan untuk anak-anak biasanya ketinggian ring hanya 8 atau 9 kaki untuk memudahkan mereka dalam bermain. Sedangkan untuk diameter ring basket secara umum sama untuk level permainan – SMP, SMA, NCAA, WNBA, NBA dan FIBA yaitu dengan diameter 18 inci.

Ukuran papan pantul

Salah satu komponen yang juga ada dalam lapangan basket adalah papan pantul. Dimana papan pantul ini biasanya melekat pada ring basket. Papan pantul yang digunakan pada bagian luar memiliki panjang 1,80 m sedangkan lebar dari bagian luar yaitu 1,20 m.

Dengan ukuran yang digunakan adalah memiliki panjang 0,59 meter dan lebar sebesar 0,45 meter. Selain ukuran papan pantul, terdapat ukuran jarak yang digunakan sebagai pedoman dalam aturan basket yaitu jarak dari lantai dan papan pantul bagian bawah harus 2,75 meter. Kemudian dari papan pantul bagian bawah ke bagian ring basket memiliki ukuran 0,30 meter.

Selain pada bagian luar, bagian dalam papan pantul juga harus sesuai standar yang telah ditentukan oleh Induk Organisasi Basket. Dengan ketentuan memiliki panjang 0,59 m dengan lebar 0,45 m. Sedangkan untuk jarak pada area lantai hingga ke papan pantul bagian bawah harus memiliki ukuran setidaknya 2,75 meter. Sedangkan pada bagian papan pantul ke ring basket harus berukuran 0,30 meter.

Ukuran garis tengah lapangan basket

Garis tengah lapangan basket ini memiliki peran yang sangat penting sekali sehingga harus benar-benar diperhatikan sebelum mulai membangun sebuah lapangan basket. Pada garis tengah lapangan basket memiliki ukuran sebesar 1,8 meter dengan ketentuan lebar garisnya yaitu 0,05 meter.

Ukuran garis serang

Garis lemparan bebas diukur dari garis tembak yang memotong kunci ke titik di lantai tepat di bawah papan. Jarak lemparan bebas di NBA, WNBA, dan NCAA adalah 15 kaki.

Tahukah anda bahwa Steven Nash merupakan salah satu penembak yang memiliki persentase keberhasilan paling tinggi dalam sejarah NBA. 90,4% dari tembakan yang dilakukan oleh Steve Nash mampu menembus ring basket.

Ukuran bola basket standar

Untuk NBA, pelajar pria, dan anak laki-laki berusia 15 tahun ke atas, para pemain basket biasanya menggunakan bola berdiameter 9,43-9,51 inci (lebar diukur dari kiri ke kanan). Lingkar (jarak yang diukur di luar) dari bola adalah 29,5 inci. Bola permainan NBA resmi dibuat oleh Spalding dan berdiameter 9,43-9,51 inci, atau dengan lingkar 75,5 cm.

Sedangkan pada wanita NCAA dan WNBA menggunakan bola yang sedikit lebih kecil dengan diameter sekitar 9,07-9,23 inci dan lingkar 28,5 inci. Bola yang digunakan di liga pemuda putra memiliki keliling 28,5 inci. Bola basket untuk remaja berukuran 27,5 inci. Anak-anak berusia 5 hingga 8 tahun menggunakan bola terkecil dengan keliling 25,5 inci.

Nah demikian tadi ulasan mengenai ukuran lapangan basket yang sesuai standar nasional dan internasional. Semoga info di atas dapat menambah wawasan bagi anda terutama bagi para penggemar permainan basket.