Ukuran raket bulu tangkis

Manfaat bermain bulu tangkis untuk kesehatan fisik dan psikis

Olahraga
Ukuran raket bulu tangkis

Manfaat bermain bulu tangkis untuk kesehatan fisik dan psikis anda. Anda ingin melakukan olahraga akan tetapi males pergi ke gym?. Mungkin bermain badminton atau bulu tangkis bisa menjadi pilihan yang baik. Untuk bisa bermain bulu tangkis tidak dibutuhkan banyak tempat karena hanya memanfaatkan lapangan dengan ukuran yang minim.

Bahkan anda bisa bermain bulu tangkis di halaman rumah anda. Permainan bulu tangkis selain menyenangkan juga terbukti dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anda, jadi olahraga yang satu ini akan memberikan anda banyak keuntungan.

Manfaat bermain bulu tangkis untuk kesehatan

Nah, bagi anda yang ingin tahu mengenai apa saja manfaat bulu tangkis untuk kesehatan berikut ulasannya untuk anda:

1. Menurunkan berat badan

Permainan bulu tangkis yang relatif memiliki ritme cepat maka membuat tubuh anda terus bergerak. Hal ini tentunya akan banyak membakar lemak tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan. Jadi bagi anda yang sedang berupaya untuk melakukan penurunan berat badan tidak ada salahnya mencoba bermain bulu tangkis. Selain mudah, permainan bulu tangkis juga tidak membutuhkan banyak biaya karena anda hanya bermodal raket dan juga kok.

Jika anda tidak ingin pergi ke tempat permainan bulu tangkis anda bisa memanfaatkan halaman rumah anda. Usahakan bermain bulu tangkis pada waktu bagi atau sore hari karena selain bagus untuk kesehatan di waktu tersebut juga tidak terlalu banyak angin, sehingga anda lebih mudah untuk melakukannya.

2. Meningkatkan kesehatan sendi

Permainan bulu tangkis umumnya menggunakan persendian terutama pada pergelangan tangan. Pergerakan persendian tersebut secara intensif juga dapat membantu anda untuk meningkatkan kesehatannya. Jadi olahraga ini cukup cocok bagi mereka yang ingin membuat sendi mereka semakin lebih sehat dengan cara aktif bergerak bermain bulu tangkis.

Bagi anda yang sedang mengalami masalah pada persendian sebaiknya jangan terlalu lama bermain bulu tangkis. Meskipun olahraga ini baik untuk kesehatan sendi akan tetapi jika berlebihan justru akan membuatnya menjadi lebih sakit.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Melakukan aktivitas olahraga secara umum sangat baik untuk kesehatan jantung tidak terkecuali permainan bulu tangkis. Sebaiknya anda mendapatkan waktu olahraga yang cukup setidaknya setengah jam setiap hari atau sekurang-kurangnya dua jam dua kali dalam seminggu.

Meskipun demikian bagi anda yang sudah memasuki usia di atas 50 tahun sebaiknya untuk tidak terlalu sering melakukan olahraga yang berat seperti bulu tangkis. Jadi olahraga ini sebaiknya dilakukan hanya bagi mereka yang memiliki fisik prima saja atau paling tidak anda melakukannya dengan cara yang sedikit lebih santai atau dengan ritme yang sedang. 

4. Meningkatkan kewaspadaan

Melakukan olahraga secara rutin diketahui dapat meningkatkan kewaspadaan hal ini dikarenakan saat kita melakukan olahraga seperti bulu tangkis maka kita akan konsentrasi penuh sehingga ini akan sangat baik sekali untuk meningkatkan tingkat kewaspadaan. Tingkat kewaspadaan yang baik akan membuat kita lebih cekatan dan juga mengurangi resiko penyakit seperti alzheimer dan sebagainya. 

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Melakukan aktivitas fisik seperti bermain bulu tangkis dapat membantu anda meningkatkan kesehatan tulang sehingga membuatnya tidak mudah keropos. Kepadatan tulang anda akan terjaga saat anda melakukan sebuah gerakan yang baik dan benar. Anda memerlukan latihan yang cukup dan bermain bulu tangkis menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sebaiknya anda melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga bulu tangkis dengan ritme yang tinggi.

6. Membantu memaksimalkan tinggi badan

Meskipun bermain bulu tangkis tidak akan serta merta membuat anda menjadi lebih tinggi akan tetapi dengan melakukan olahraga yang rutin dengan cara melompat maka akan membantu memaksimalkan pertumbuhan badan anda.

Seperti yang sudah anda ketahui untuk melakukan smash dalam pertandingan bulu tangkis maka anda harus melakukan sebuah lompatan sambil mengayunkan raket. Pertumbuhan bisa maksimal jika anda melakukan permainan bulu tangkis pada usia remaja. Jadi jika anda sudah berusia di atas 25 tahun mungkin tidak akan berpengaruh.

7. Mengurangi tingkat stres

Melakukan aktivitas fisik terutama sebuah permainan yang bertajuk olahraga seperti bulu tangkis dapat membuat pikiran anda lebih fresh. Hal ini tentunya akan mengurangi stres.

Stres dikatakan sebagai salah satu pangkal dari berbagai macam munculnya masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Jadi, dengan melakukan permainan bulu tangkis cara rutin akan membantu tubuh anda tetap rileks dan fresh sehingga terhindar dari stres.

8. Membuat tubuh menjadi lebih prima

Diakui atau tidak melakukan olahraga secara rutin seperti bermain bulu tangkis bisa meningkatkan stamina anda sehingga membuat tubuh menjadi lebih prima. Dengan demikian, maka anda tidak akan mudah lelah. Sebaiknya lakukan permainan bulu tangkis setidaknya dua kali dalam seminggu dengan intensitas sedang sekitar 1 sampai 2 jam.

Nah,,bagi anda yang terarik untuk bermain bulu tangkis dan ingin membuat lapngan bermain berikut ulasan mengenai Ukuran lapangan bulu tangkis standar Nasional dan Internasional