Peraturan voli

Peraturan voli lengkap sesuai standar Nasional dan Internasional

Olahraga
Peraturan voli
image pixabay.com

Peraturan voli lengkap sesuai dengan standar Nasional dan Internasional yang diulas dalam sebuah artikel. Voli merupakan salah satu olahraga yang cukup memiliki banyak penggemar di Indonesia, meskipun mungkin jumlahnya tidak sebanyak penggemar sepak bola. Permainan voli menjadi cukup terkenal karena dianggap dapat meningkatkan tinggi badan, hal ini sangat berguna terutama bagi mereka yang dalam masa pertumbuhan.

Bagi Anda yang merupakan penggemar permainan voli atau hanya sekedar ingin tahu seluk beluk olahraga yang satu ini, berikut ulasannya mengenai peraturan voli yang sesuai standar:

Komponen dalam permainan voli

Dalam permainan voli ada beberapa komponen yang harus dipenuhi, seperti ditentukannya ukuran lapangan, tinggi net, dan juga bola yang digunakan harus sesuai standar. Berikut beberapa ketentuannya

Ukuran lapangan voli

Ukuran lapangan voli

Ukuran lapangan voli standar Nasional dan Internasional memiliki luas keseluruhan 162 M2. Untuk ukuran panjangnya 18 meter sedangkan lebar 9 meter. Untuk garis serang lapangan voli memiliki jarak sekitar 3 meter. Selain panjang dan lebar lapangan voli, beberapa komponen ini juga wajib ada dalam area lapangan voli yang pertama adalah net. Tinggi net dari lapangan voli dewasa yang sesuai Standar adalah 2,4 meter untuk putra. Sedangkan untuk pemain putri hanya memiliki ketinggian 2,24 meter.

Ukuran bola voli

Bola yang digunakan dalam permainan voli harus sesuai standar yang mencakup ukuran, bahan, dan juga karakteristiknya. Kriteria bola voli yang standar adalah memiliki ukuran keliling 65 atau 67 cm dan beratnya tidak lebih dari 280 gram.

Jumlah pemain dalam permainan voli

Dalam permainan voli standar membutuhkan setidaknya 6 pemain pada masing-masing tim. Serta ada 4 pemain cadangan sehingga total pemain voli dalam sebuah tim adalah 10 orang. Berbeda dengan permainan sepak bola, pemain voli yang sudah keluar boleh masuk kembali untuk menggantikan rekannya. Untuk pemain voli pantai hanya berjumlah 2 orang saja.

Permainan voli standar jumlah pemain tidak boleh kurang dari 4. Jika sebuah tim hanya memiliki kurang dari 4 orang pemain maka pertandingan akan dinyatakan selesai dan tim tersebut dianggap kalah. Hal ini biasanya terjadi akibat kartu merah atau cidera sehingga tidak bisa digantikan oleh rekan lainnya.

Peraturan voli standar

Untuk membuat pertandingan semakin seru dan bisa berjalan dengan baik, dibuatlah sebuah aturan yang mencakup tata cara bermain. Hal ini juga mencakup pelanggaran yang harus diberikan hukuman. Berikut beberapa aturan dalam permainan voli:

Dimulainya pertandingan voli

Permainan voli akan dimulai dengan cara kapten dari kedua tim diminta untuk menebak sebuah koin yang diberikan oleh wasit. Undian ini untuk menentukan siapa dari kedua tim tersebut yang akan melakukan servis terlebih dahulu. Atau Terkadang untuk menentukan tempat terlebih dahulu.

Struktur permainan voli

Dalam permainan voli posisi pemain diatur sehingga tidak sebebas permainan sepak bola. Regulasi pemain diberlakukan di mana saat pemain pada posisi belakang maka tidak boleh melakukan serangan di posisi depan, begitu juga sebaliknya. Hal ini juga berlaku untuk pemain yang melakukan servis untuk memulai pertandingan.

Jumlah set dan ketentuannya

Dalam permainan bola voli standar setidaknya dilakukan dalam format 3 kali kemenangan atau maksimal 5 set. Dimana pada masing-masing set atau game terdiri dari 25 poin. Sebuah tim akan dinyatakan menang saat terlebih dahulu mencapai 25 dengan selisih 2. Jika selisihnya hanya 1 maka akan diberikan tambahan 2 angka hingga ada yang bisa mengungguli lawannya pada selisih 2 poin.

Aturan dalam permainan

Dalam permainan voli 1 orang pemain hanya boleh memainkan bola 1 kali, setelah itu dia harus mengumpankan kepada rekannya. Jadi seorang pemain tidak boleh memukul atau memainkan bola lebih dari satu kali secara berurutan. Sebuah tim akan mendapatkan poin saat lawan nya tidak bisa mengembalikan bola atau bola keluar tetapi sempat menyentuh lawan.

Aturan time-out dan pergantian pemain

Dalam permainan voli, time-out atau pergantian pemain diatur tersendiri. Sebuah tim hanya memiliki dua kali time-out dan enam pergantian pemian dalam sebuah pertandingan. Jika sebuah tim melakukan pergantian pemain lebih dari itu atau meminta time-Out lebih dari jumlah yang telah ditentukan maka akan diberikan pelanggaran atau sanksi.

Sistem Libero

Libero adalah sebuah pemain khusus yang ditunjuk untuk mencari bola atau dia yang menangkap bola terlebih dahulu. Pemain libero biasanya memiliki fisik lebih pendek dibandingkan dengan pemain lainnya. Beberapa tugas dan hal yang tidak boleh dilakukan oleh libero Antara lain:

  1. Seorang pemain Libero tidak diperkenankan melakukan serangan saat bola melambung jauh dari net.
  2. Pemain yang bertugas sebagai Libero juga tidak diperkenankan melakukan blocking atau menahan bola dari serangan lawan
  3. Pemain yang berfungsi sebagai libero diperbolehkan untuk keluar masuk dari area lapangan melewati garis samping hingga di depan bangku cadangan.
  4. Pemain yang berposisi sebagai libero diperbolehkan untuk menjadi pengganti bagi rekannya yang berada di belakang

Berapa jenis pelanggaran dalam permainan voli

  1. Seorang pemain menyentuh net entah itu disengaja atau tidak
  2. Seorang pemain memukul bola dua kali secara berurutan tanpa memberikannya kepada rekan setim terlebih dahulu
  3. Seorang pemain belakang melakukan smash di area depan garis
  4. Menjemput bola saat sebelum menyeberangi net
  5. Tangan atau kaki pemain voli masuk ke area lawan. Entah itu saat melakukan blocking atau smash
  6. Melakukan smash dengan cara mendorong bola bukan dengan memukulnya
  7. Melakukan provokasi atau berbicara kasar kepada wasit atau lawan
  8. Berperangai tidak baik termasuk juga membuang bola atau menendang bola keluar dari lapangan
  9. Menerima arahan dari luar lapangan saat pertandingan sedang berlangsung
  10. Pergi dari area lapangan tanpa izin terlebih dahulu

Demikian tadi ulasan mengenai peraturan voli yang mungkin masih belum banyak diketahui orang. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan Anda seputar olahraga voli.