Ukuran lapangan voli

Ukuran lapangan voli sesuai standar Nasional dan Internasional

Olahraga

Ukuran lapangan voli

Ukuran lapangan voli sesuai standar nasional dan internasional serta berapa hal mengenai peraturan permainan voli yang diulas dengan lengkap dan detil.

Voli merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia. Permainan voli menggunakan bola yang memiliki ukuran hampir sama dengan futsal. Meskipun olahraga ini cukup populer di Indonesia akan tetapi ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai seluk-beluk permainan voli tersebut. Termasuk ukuran lapangan voli, ukuran bola yang digunakan, dan standar lainnya terkait dengan permainan voli. Bola voli merupakan salah satu permainan yang yang dimainkan oleh 6 orang dalam satu tim. Permainan voli menggunakan tangan untuk memukul bola yang terbuat dari kulit.

Sejarah singkat permainan bola voli

Permainan voli sendiri pertama kali ditemukan oleh William G Morgan pada tahun 1895, 4 tahun setelah penemuan permainan bola basket. Pada waktu pertama kali ditemukan permainan bola voli belum setenar saat ini dan masih menggunakan bola seadanya. Pada awal penemuannya permainan bola voli dinamakan sebagai mintonette. Sedangkan nama bola voli pertama kali berubah dari mintonette menjadi volleyball terjadi pada tahun 1896.

Kejuaran bola voli putra

Permainan bola voli

Kejuaraan bola voli putra FIVB atau Volleyball Men’s World Championship merupakan sebuah kompetisi bola voli Internasional yang pertama kali diadakan pada tahun 1949. Pada awal penyelenggaraannya FIVB diadakan di tahun yang bervariasi Antara 1952, 1956, 1960, 1962). Akan Tetapi semenjak tahun 1962 FIVB diadakan setiap empat tahun sekali.

Bagi Anda yang ingin mengetahui selengkapnya mengenai permainan voli berikut ulasannya untuk anda:

Ukuran lapangan voli standar

Untuk ukuran lapangan voli dewasa yang sesuai standar Nasional dan Internasional adalah sebagai berikut:

  1. Luas keseluruhan lараngаn vоlі yaitu 162 mеtеr² atau 18m x 9m.
  2. Ukuran panjang lapangan permainan bola voli yang sesuai standar harus 18 m
  3. Ukuran lebar lapangan bola voli yang sesuai standar harus 9 m.
  4. Sedangkan lebar gаrіѕ serang lараngаn voli harus berukuran 3 m.
  5. Untuk Arеа ѕеrvіѕ lapangan voli harus memiliki jarak 3 m.
  6. Untuk area clearance atau daerah menghalau bola terdiri dari dua bagian, pertama yaitu bagian belakang dengan ukuran harus 3-6.5 m, sedangkan pada bagian sampingnya harus memiliki ukuran 3-5 m.
  7. Untuk lеbаr gаrіѕ dalam lapangan voli yaitu 5 cm.
  8. Tinggi net permainan bola voli standar putra yaitu 2,43 m. Sedangkan untuk pemain putri hanya 2,24 m.

Ukuran lapangan voli mini

Permainan bola voli mini sebenarnya merupakan modifikasi dari permainan voli standar. Permainan bola voli mini ini ditujukan untuk anak-anak atau bagi mereka yang mungkin memiliki tinggi badan kurang.

Sesuai dengan namanya, voli mini merupakan permainan voli yang hanya menggunakan ukuran lapangan sedikit lebih kecil dibandingkan dengan ukuran standar. Selain itu, tinggi dari net bola voli mini juga relatif lebih pendek. Berikut ketentuan ukuran lapangan voli mini:

  1. Panjang lapangan voli mini hanya 12 meter
  2. Sedangkan untuk lebar dari lapangan voli mini hanya 5,5 meter
  3. Tinggi net voli mini untuk permainan putra 2,10 meter
  4. Sedangkan Tinggi net untuk voli mini putri hanya 2 meter
  5. Bola yang digunakan untuk permainan voli mini adalah bola nomor 4

Ukuran lapangan voli pantai

Hampir sama dengan voli mini ukuran lapangan yang digunakan untuk voli pantai lebih kecil dibandingkan dengan ukuran lapangan voli standar. Salah satu yang menyebabkan ukuran lapangan voli pantai lebih kecil dibandingkan ukuran standar adalah karena voli pantai hanya dimainkan oleh dua orang saja.

Ukuran lapangan yang digunakan pada permainan bola voli pantai berukuran P X L adalah 16 X 8 meter. Berikut ketentuan ukuran lapangan voli pantai:

  1. Panjang net dari permainan voli pantai yaitu 8, 50 m.
  2. Sedangkan tinggi dari net voli pantai putra hanya sekitar 2,43 meter, dan untuk tinggi net pemain putri 2,42 meter.
  3. Berbeda halnya dengan lapangan voli pada umumnya voli pantai tidak terdapat garis 3 m.
  4. Selain itu, pada permainan voli pantai juga tidak ada garis serang. Jadi pemain lebih leluasa bergerak dan mengambil posisi.

Ukuran dan ketentuan bola voli

Salah satu komponen yang paling penting dalam permainan bola voli adalah bola. Bola yang digunakan dalam permainan bola voli bukanlah bola sembarangan karena ada ketentuan atau kriteria khusus yang harus dimiliki. Beberapa Ketentuan tersebut diantaranya:

Bola voli standar harus memiliki diameter antara 65 sampai 67 cm. Sedangkan untuk beratnya sendiri yaitu berkisar antara 250 hingga 280 gram. Tekanan udara dalam bola voli standar yaitu 0,48 kg/cm2 – 0,52 kg/cm2. Untuk jumlah jalur sendiri terdiri dari: 12 – 18 jalur.

Peraturan dalam permainan bola voli

Nah setelah anda mengetahui berbagai macam ukuran lapangan voli, mulai dari yang standar, mini sampai voli pantai maka ada baiknya anda mengetahui sedikit mengenai peraturan dalam permainan olahraga yang satu ini.

Permainan bola voli pada umumnya dimainkan oleh 6 orang dalam sebuah tim. Biasanya dalam permainan bola voli terdiri dari format 3 kali kemenangan atau maksimal 5 game atau set, dimana masing-masing set berjumlah 25 poin. Sedangkan ada juga yang menggunakan sistem dua kali kemenangan atau maksimal 3 set.

Peraturan teknis bola voli

Setiap regu atau tim hanya diperkenankan maksimal memainkan atau memukul bola tiga kali dengan ketentuan 1 orang tidak boleh memukul bola lebih dari satu kali secara berurutan. Itu artinya saat mendapatkan bola maka harus mengoper nya ke rekan. Jika seorang pemain voli melakukan pukulan lebih dari satu kali secara berurutan, maka akan dinyatakan sebagai pelanggaran dan lawan akan mendapatkan poin. Untuk melakukan servis dalam permainan bola voli pemegang servis adalah orang yang mendapatkan poin terakhir.

Baca juga: Ukuran lapangan bulu tangkis standar Nasional dan Internasional

Pelanggaran dalam permainan bola voli

Berikut beberapa hal yang dilarang atau pelanggaran dalam permainan bola voli

  1. Seorang pemain menyentuh net entah itu disengaja atau tidak
  2. Memainkan atau memukul bola dua kali secara beruntun
  3. Kaki pemian voli masuk ke daerah area lawan atau melewati net;
  4. Melakukan dorongan pada bola saat melakukan smash. Di mana yang seharusnya dipukul atau ditampar
  5. Menangkap bola dengan kedua tangan terbuka
  6. Saat melakukan blocking Smash kedua tangan dari pemain voli; masuk ke area lawan atau melewati net;
  7. Terlalu memprotes atau menegur keputusan wasit dengan cara yang kasar;
  8. Melakukan servis dengan masuk ke area permainan. Di mana dalam permainan voli seharusnya servis dilakukan di belakang area permainan;
  9. Seorang pemain yang mendapat rolling belakang melakukan smash di area depan.

Demikian tadi ulasan mengenai ukuran lapangan voli yang sesuai standar nasional dan internasional. Serta beberapa hal mengenai peraturan olahraga yang satu ini yang diulas dengan lengkap dan detil.