Peraturan sepak takraw standar Nasional dan Internasional (lengkap)

Peraturan sepak takraw
Peraturan sepak takraw
image kyodonews.net

Peraturan sepak takraw standar Nasional dan Internasional yang diulas secara lengkap. Sepak takraw merupakan salah satu permainan atau olahraga yang mengandalkan kaki dan kepala sebagai tumpuan utamanya. Permainan yang pernah terkenal pada era tahun 90-an ini merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup menarik untuk dimainkan. 

Salah satu negara yang cukup mendominasi dalam permainan sepak takraw adalah Malaysia dan juga Thailand dimana keduanya saling bersaing dalam ajang sepak takraw Internasional. 

Meskipun permainan sepak takraw tidak begitu populer seperti halnya sepak bola atau bola voli akan tetapi permainan ini cukup menyenangkan dan patut untuk Anda coba di rumah. 

Bagi Anda yang merupakan penggemar permainan sepak takraw pastinya ingin tahu banyak mengenai olahraga yang satu ini salah satu diantaranya adalah aturan permainan sepak takraw. Berikut beberapa ulasan mengenai peraturan dalam permainan sepak takraw mulai dari ukuran lapangan, net dan juga aturan mainnya.

Ukuran lapangan takraw

Informasi yang pertama adalah mengenai ukuran lapangan sepak takraw. 

Hampir semua jenis olahraga pasti membutuhkan sebuah lapangan tidak terkecuali olahraga takraw. Ya karena lapangan merupakan sebuah tempat yang dimana peraturan akan dibuat di dalamnya termasuk bagaimana cara melakukan servis dan menerima bola. 

Untuk ukuran lapangan takraw yang digunakan yaitu memiliki bentuk persegi panjang dengan lebar 6,10 meter dan panjang 13,40 meter. Permukaan lapangan harus benar-benar datar agar gerak pemain bisa lebih mudah. Sedangkan jika permainan dilakukan indor atau di dalam ruangan maka tinggi atap tidak lebih kurang dari 8 meter.

Dikarenakan permainan sepak takraw biasanya melambungkan bola ke atas jadi jika atom yang terlalu pendek maka dikhawatirkan bola akan mengenai atap.

Ukuran tiang net sepak takraw

Salah satu komponen yang bisa dikatakan wajib dalam permainan takraw adalah net.anak ini biasanya terdapat sebuah tiang di mana tiang dari ketinggian net tersebut sekitar 2,55 meter untuk pria. Sedangkan untuk wanita biasanya hanya memiliki ukuran sekitar 1,45 meter saja. Sedangkan untuk kedudukan dari tiang net yaitu 30 cm di mana ukuran tersebut diukur dari garis pinggir lapangan.

Ukuran net

Setelah tadi kita membahas mengenai ukuran dari tiang net sekarang kita mencari tahu berapa ukuran dari net nya itu sendiri. Pertama kita akan membahas mengenai bahan yang digunakan dari net sepak takraw. Bahan yang digunakan untuk net sepak takraw biasanya terbuat dari nilon maupun benang yang biasanya memiliki lubang antara 6 sampai 8 cm. Biasanya untuk panjang dari net tidak lebih dari 6,11 m dengan lebar 70 cm.

Ukuran bola takraw

Mengingat dalam permainan sepak takraw menggunakan bola maka mengetahui ukuran bola sepak takraw sangat penting sekali. Bola takraw memiliki ukuran dengan diameter 42 sampai 44 cm. Untuk putra bola yang digunakan memiliki berat antara 170 hingga 180 gram. Sedangkan untuk Putri berat bola yang digunakan rata-rata 150-160 g.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel berikut ini seputar ukuran lapangan takraw standar Nasional dan Internasional. Dimana dalam artikel tersebut juga diulas mengenai ukuran dari net bola dan juga yang lainnya.

Peraturan sepak takraw

Secara umum sepak takraw dimainkan oleh 3 orang pada masing-masing tim. Meskipun demikian terkadang ada juga sepak takraw yang terdiri dari 4 orang.  Akan tetapi umumnya biasanya hanya terdiri dari 3 orang saja. Sedangkan dalam sebuah regu permainan takraw biasa terdiri dari 9 orang dan maksimal 12 orang di mana yang lainnya bertugas sebagai pemain cadangan.

Biasanya dalam permainan sepak takraw pemain dibagi menjadi 2. Kedua pemain bertindak sebagai penyerang sedangkan yang satunya bertindak sebagai pemberi servis atau pengumpan. Pemain ini biasanya berada di bagian belakang atau sering disebut sebagai tekong. 

Meskipun dibagi menjadi pemain depan dan belakang secara umum kedua pemain bebas bergantian bisa di depan atau di belakang. Bahkan seorang pemain bisa melakukan serangan di depan. Jadi bisa dikatakan peraturan takraw sedikit lebih fleksibel dibandingkan dengan bola voli.

Peraturan pergantian pemain

Seperti halnya dalam permainan sepak bola atau yang lainnya dalam sepak takraw pastinya juga ada pergantian pemain. Dalam pergantian pemain ada beberapa aturan diantaranya adalah pada masing-masing regu hanya diperbolehkan untuk melakukan pergantian pemain sebanyak 2 kali saja pada setiap set. 

Selama pertandingan berlangsung seorang pemain yang sudah keluar atau digantikan tidak boleh menggantikan pemain lain yang berbeda regu meskipun hanya sebagai pemain cadangan.

Sistem perhitungan angka sepak takraw

Dalam permainan sepak takraw biasanya satu set akan selesai saat masing-masing tim memperoleh angka maksimal yaitu 21. Jika masing-masing tim berada pada angka 20-20 maka permainan akan diberikan tambahan 2 poin. Hal ini akan terus berlangsung hingga salah satu dari kedua tim berhasil mengungguli lawannya dengan selisih 2 angka. Sebenarnya hampir mirip dengan permainan bola voli atau tenis meja. 

Untuk format bermainnya sendiri biasanya dalam permainan sepak takraw terdiri dari dua kali kemenangan. jadi jika ada satu tim yang bisa memenangkan pertandingan pada dua set langsung maka pertandingan hanya dilakukan dua sel tersebut. Tetapi jika masing-masing tim memenangkan satu set maka pertandingan akan dilanjutkan dengan set ke-3. Dimana pada set ketiga biasanya point hanya terdiri dari 15 saja. 

Beberapa pelanggaran dalam permainan takraw

  • Dalam permainan takraw tidak diperkenankan bola menyentuh tangan entah itu disengaja atau tidak.
  • Selain itu seorang pemain tidak diperbolehkan memainkan bola lebih dari tiga kali. 
  • Kedua seorang pemain tidak boleh memasuki area lawannya entah itu saat dalam posisi menyerang atau bertahan.

Nah demikian tadi ulasan mengenai peraturan sepak takraw serta beberapa ukuran dari lapangan takraw. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan Anda seputar dunia olahraga.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →