manfaat vitamin a b c d

Manfaat Vitamin A B C D E K Beserta Sumber dan Takarannya. Check It!

Posted on

manfaat vitamin a b c d

Manfaat Vitamin A B C D E K – Ada berbagai jenis vitamin, dan semuanya adalah gizi penting yang patut Anda peroleh setiap hari. Vitamin yang berbeda didapat dari jenis makanan yang berbeda pula. Oleh sebab itu, Anda patut mengonsumsi bermacam makanan supaya keperluan vitamin konsisten terpenuhi.

Bagi tubuh, vitamin memang mengendalikan peranan yang penting. Namun, Anda tidak memerlukan vitamin dalam jumlah yang terlalu banyak setiap harinya. Dalam artikel ini caraprofesor.com akan membahas mengenai manfaat vitamin A, B, C, D, E, K dan sumber vitaminnya beserta takaran yang diperlukan.

Berbagai Macam Manfaat Vitamin A, B, C, D, E, K

Secara umum, terdapat 13 jenis vitamin yang diketahui memiliki fungsi penting bagi tubuh. Berikut ini adalah ketigabelas vitamin tersebut beserta manfaatnya:

1. Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Untuk vitamin ini membantu mata ketika melihat pada cahaya yang redup dan membedakan warna benda. Vitamin A selain itu juga berperan dalam membantu sistem imun melawan infeksi dan menjaga kesehatan kulit.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit rabun senja yang membuat penderitanya susah melihat pada saat malam hari atau dalam cahaya yang redup. Selain itu, kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan keratomalasia, adalah kekeringan pada kornea mata.

2. Vitamin B

Ada 8 jenis vitamin B dengan fungsi yang berbeda-beda, adalah:

  • B1 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, serta membantu tubuh merubah makanan menjadi tenaga.
  • B2 yang berfungsi untuk membantu sel tubuh membakar lemak, membantu tubuh menjadikan tenaga dari makanan dan menjaga kesehatan kulit.
  • B3 (niacin) yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, serta membantu sel-sel tubuh merubah makanan menjadi tenaga.
  • B5 (pantothenic acid) yang berfungsi untuk membantu sel tubuh memproduksi hormon dan asam lemak.
  • B6 yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menggunakan dan memproses cadangan gula menjadi tenaga, serta membantu produksi sel darah merah.
  • B7 (biotin) yang berfungsi untuk membantu produksi asam amino dan asam lemak saat diperlukan oleh tubuh.
  • B9 (asam folat) yang berperan penting dalam cara kerja pembelahan sel, terpenting pada ibu hamil, sehingga dapat meminimalkan risiko terjadinya kelainan bawaan pada janin.
  • B12 yang berfungsi untuk memelihara fungsi syaraf, serta membantu penyusunan sel darah merah.

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan terganggunya bermacam sistem kerja metabolisme. Selain itu, kekurangan vitamin ini juga dapat memunculkan penyakit seperti beri-beri, dermatitis, diare, dan anemia. ivermectin paste lyme

3. Vitamin C

Vitamin C atau ascorbic acid diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan salah satu serat protein. Kolagen ini berperan penting dalam menjaga kekenyalan kulit, membantu penyembuhan luka serta memperkuat pembuluh darah.

Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam produksi serotonin dan norepinefrin. Serotonin dan norepinefrin tersebut adalah zat kimia otak (neurotransmitter) yang berfungsi untuk mengirim sinyal antar syaraf.

Akibat dari kekurangan vitamin C yaitu dapat membuat luka Anda susah sembuh dan rentan terinfeksi. Selain itu juga dapat menyebabkan Anda mengalami anemia, gusi berdarah, gangguan sistem syaraf, dan penurunan massa otot.

4. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium guna pertumbuhan tulang, terlebih pada anak-anak. Selain itu, vitamin D ini juga dapat membantu sistem imun dalam melawan infeksi. Akibat kekurangan vitamin D yaitu akan mengalami rakitis, rentan terkena infeksi dan pelunakan tulang (osteomalacia).

5. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang diperlukan oleh tubuh untuk melindungi sel-sel dari kerusakan. Selain itu, fungsi vitamin E juga untuk membantu penyusunan sel darah merah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, memperlambat penuaan, serta mengurangi risiko radang sendi dan penyakit katarak. ivermectin-pyrantel instructions Walaupun jarang terjadi, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan anemia hemolitik.

6. Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin yang berperan penting dalam menjaga kekuatan tulang dan proses pembekuan darah. Anda dapat berisiko mengalami perdarahan dan patah tulang jika kekurangan vitamin K. ivermectin for goats tractor supply

manfaat vitamin a b c d

Sumber: https://jovee.id

Takaran Vitamin yang Dibutuhkan dan Sumbernya

Berikut ini adalah jumlah keperluan setiap jenis vitamin sesuai dengan angka kecukupan gizi (AKG) yang direkomendasikan, serta makanan yang menjadi sumbernya:

1. Vitamin A

Anda memerlukan vitamin A sekitar 0,5-0,6 mg per hari. Untuk memenuhinya, Anda dapat mengonsumsi wortel, hati, kentang, minyak ikan kod, keju, bayam, dan telur.

2. Vitamin B

Cocok dengan jenisnya, jumlah vitamin B yang Anda butuhkan setiap hari berbeda-beda. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • B1: 1,1-1,5 mg
  • B2: 1,0-1,6 mg
  • B3: 10-15 mg
  • B5: 5-6 mg
  • B6: 1,2-1,7 mg
  • B7: 0,02-0,03 mg
  • B9: 0,4-0,6 mg
  • B12: 1,8-2,4 mcg

Beraneka makanan yang dapat Anda konsumsi untuk memenuhi keperluan vitamin B adalah:

  • Biji-bijian, seperti kacang, gandum, dan sereal.
  • Nasi merah.
  • Susu dan yogurt.
  • Sayuran, seperti okra, asparagus, dan brokoli.
  • Daging, hati, dan telor.
  • Ikan dan kerang.
  • Keperluan kurma, alpukat, dan pisang.

3. Vitamin C

Sedangkan vitamin C tiap-tiap harinya adalah 50-90 mg. Untuk memenuhinya, Anda dapat memakan bermacam buah dan sayur sumber vitamin C, seperti jeruk, kentang, tomat, brokoli, bayam dan stroberi.

4. Vitamin D

Anda memerlukan vitamin D sebanyak 15-20 mikrogram setiap harinya. Vitamin ini dapat diproduksi oleh kulit saat terpapar cahaya matahari. Walaupun demikian, Anda tetap direkomendasikan untuk memperoleh asupan vitamin D dari makanan, dengan cara mengonsumsi minyak ikan, telur, jamur, dan hati sapi.

5. Vitamin E

Vitamin E yang diperlukan oleh tubuh adalah 11-15 mikrogram per hari. Dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin E, Anda dapat memenuhinya, seperti buah alpukat, kiwi, telur, susu, dan kacang-kacangan.

6. Vitamin K

Anda memerlukan vitamin K sebanyak 35-65 mikrogram setiap harinya. Vitamin ini dibuat oleh kuman Escherichia coli yang terdapat di dalam usus. Walaupun demikian, Anda dapat memakan sayuran berdaun hijau, alpukat, dan kiwi untuk menjaga kecukupan asupan vitamin K, terlebih apabila Anda sedang menggunakan obat pengencer darah.

Baca Juga: Manfaat Infus Water Lemon untuk Kesehatan Tubuh. Anda Wajib Baca!

Baca juga  Ciri Ciri Wirausaha Beserta Pengertiannya Menurut Para Ahli...