manfaat infus water lemon

Manfaat Infus Water Lemon untuk Kesehatan Tubuh. Anda Wajib Baca!

Posted on

manfaat infus water lemon

Manfaat Infus Water Lemon – Lemon yakni salah satu jenis buah jeruk yang paling populer dan serbaguna. Lemon memiliki rasa yang menyegarkan dan beraroma segar sehingga membuat buah ini populer. Bahkan cocok untuk membumbui banyak resep, pewangi, atau bahkan diolah menjadi infused water.

Buah ini memiliki manfaat kesehatannya luar biasa, dan juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Dari mulai sifat antivirus dan antibakteri hingga kemampuannya meningkatkan kekebalan. Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat lemon bagi kesehatan dengan membuat infused water.

Lemon bersifat sebagai agen pelancar pencernaan dan detoksifikasi dan membantu membersihkan liver yang mengarah pada kesehatan pencernaan yang lebih baik. Tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, infus water lemon juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya.

Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak manfaat infus water lemon berikut bagi kesehatan tubuh yang sudah caraprofesor.com rangkum berikut ini!

Berbagai Manfaat Infus Water Lemon untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

1. Detoksifikasi

Mengkonsumsi infused water lemon bisa membantu proses detoksifikasi tubuh. Proses membuang zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh disebut detoksifikasi.

Proses detoksifikasi akan membantu daya kerja hati, ginjal dan sistem pencernaan lainnya dalam membuang kotoran. Daya kerja ginjal hati dan sistem pencernaan lainnya untuk melakukan proses detoksifikasi dapat efektif dioptimalkal oleh asam sitrat yang terkandung pada lemon.

2. Kaya Vitamin C

Dilansir dari Honestdocs, minuman infused water lemon sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit karena dikenal kaya akan vitamin C. Selain itu, collagen dalam jumlah besar juga dihasilkan oleh infused water ini.

Tubuh membutuhkan kollagen untuk menunjang kesehatan tulang, gigi dan pembuluh darah. Vitamin C mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, oleh karena itu mengkonsumsi infused water yang kaya akan vitamin C baik dilakukan.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal

Lemon mengandung asam sitrat yang bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Ginjal mempunyai peran yang sangat penting untuk mengendalikan jumlah cairan dalam tubuh agar tetap dalam batas yang dibutuhkan, mengeluarkan kotoran dari tubuh, dan mengendalikan tekanan darah.

Kandungan asam sitrat dalam lemon bisa mencegah terbentuknya batu ginjal. Hal tersebut dikarenakan asam sitrat pada lemon bisa mecegah kristalisasi, sehingga proses detoksifikasi dapat dilakukan oleh tubuh untuk mencegah terbentuknya batu ginjal.

manfaat infus water lemon

Sumber: https://www.genpi.co

4. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat infused water lemon yakni bisa membantu menurunkan berat badan. Seseorang yang sedang melakukan program diet biasanya akan mengkonsumsi minuman infused water lemon.

Dilansir dari Doktersehat, alasan utamanya yaitu mengklaim bahwa lemon mengandung pektin. Pektin yakni jenis serat yang bisa menimbulkan efek kenyang lebih lama.

Lemon mempunyai tingkat kalori rendah. واين رونى Hal tersebut dikatakan oleh spesialis nutrisi Mayo Clinic Healthy Living Program, Jason Ewoldt, RDN, LD. Tetapi, kadar pektin dalam lemon tergolong kecil yakni cuma 2 gram.

Jumlahnya pun akan mengecil jika buah tersebut dipotong-potong. Oleh karena itu, apabila cuma mengandalkan infused water lemon untuk diet adalah kekeliruan. Pola hidup sehat dan olahraga pun tetap wajib dilakukan.

5. Melancarkan Pencernaan

Manfaat infused water lemon lainnya melancarkan pencernaan. Proses pencernaan menjadi mudah dan lancar seandainya tubuh mendapat asupan cairan yang cukup.

Mengkonsumsi infused water lemon bisa menjadi solusi yang ideal jika Anda sedang mengalami masalah pencernaan. Mengkonsumsi infused water lemon dimaksudkan agar tubuh Anda selalu mendapat asupan cairan yang cukup.

6. Mencegah Penuaan Dini

Dilansir dari Doktersehat, lemon mempunyai kandungan zat antioksidan. Untuk merawat kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini adalah manfaat antioksidan bagi tubuh.

Lemon mengandung kombinasi vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu tubuh memproduksi kolagen. Sehingga hal tersebut akan membuat kulit kenyal dan nampak kencang. Selain mengonsumsi infused water lemon jangan lupa untuk tetap imbangi dengan asupan makanan bergizi lainnya.

7. Mengatur Kadar pH (Keasaman) dalam Tubuh

Salah satu manfaat infused water lemon yakni mengendalikan kadar pH (keasaman) dalam tubuh. Kadar pH dalam tubuh dapat dipertahankan dengan jumlah yang ideal karena adanya asam sitrat yang terkandung pada lemon.

Hal tersebut bisa membantu mencegah terjadinya penambahan berat badan, penyakit jantung dan penyakit yang berkaitan dengan masalah jantung lainnya. lewandowski روبرت ليفاندوفسكي Seperti yang diketahui bahwa kadar pH sangatlah penting, dikarenakan setiap sel tubuh terdiri dari air.

8. Menambah Energi

Jika Anda sering kali merasa cepat lelah atau lemas, sebaiknya Anda mencoba untuk minum infused water lemon. Hal ini dikarenakan infused water lemon dipercaya bisa memulihkan dan menambah kekuatan.

Tidak hanya menambah kekuatan, infus water lemon juga bisa memperbaiki mood Anda. Minuman ini bisa membantu Anda mendapat kekuatan lebih banyak serta memperbaiki mood Anda.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Lemon untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Simak Ulasannya!

Baca juga  Ciri Ciri Batu Ginjal yang Dialami oleh Penderita, Perlu Anda Waspadai!