23 Manfaat buah pir untuk ibu hamil, kesehatan dan kecantikan

Buah
manfaat buah pir untuk ibu hamil
image from pixnio.com

Manfaat buah pir untuk ibu hamil, kesehatan dan juga kecantikan serta informasi kandungan nutrisi di dalamnya. Buah pir melupakan kelompok tanaman yang masuk dalam genus pyrus dan masih keluarga dengan rosaceae. Ada beberapa jenis pohon buah pir akan tetapi hanya sedikit dari mereka yang dapat menghasilkan buah untuk dikonsumsi manusia. Beberapa varietas buah pir terkadang hanya digunakan sebagai pohon hiasan saja dan bukan untuk diambil buahnya.

Buah pir merupakan salah satu buah dengan rasa manis yang menyegarkan. Buah ini memiliki daging yang lunak dan gurih. Selain rasanya yang lezat buah pir suka menyimpan berbagai macam nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Kandungan nutrisi buah pir

Kandungan nutrisi dalam buah jeruk sangat banyak sekali di mana diantara ke semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Beberapa vitamin termasuk vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin B kompleks, senyawa fenolik, serat makanan, mangan, magnesium tembaga, zat besi, dan beberapa senyawa organik lainnya terkandung dalam buah pir. Dari kesemua nutrisinya tersebut sudah bisa dipastikan jika manfaat buah pir untuk kesehatan sangatlah banyak.

Manfaat buah pir untuk kesehatan

Berikut beberapa manfaat buah pir untuk ibu hamil, kesehatan dan kecantikan:

1. Melawan radikal bebas

Berpacaran mengenai manfaat buah pir untuk kesehatan tak lengkap rasanya tanpa menyebutkan kandungan antioksidan di dalamnya. Buah pir memiliki kandungan vitamin C dan K serta nutrisi seperti tembaga yang kesemuanya bekerja sebagai antioksidan untuk mengamankan sel dari kerusakan radikal bebas. Buah pir memiliki kandungan hingga 11% vitamin C di setiap buahnya dan menyediakan sekitar 9,5% asupan tembaga.

2. Pencegahan penyakit kanker

Salah satu manfaat buah pir untuk kesehatan yang luar biasa adalah kemampuannya dalam mengurangi risiko penyakit kanker. Buah pir memiliki kandungan antioksidan penting yang dapat mencegah kerusakan dna akibat radikal bebas beberapa jenis kanker bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah pir. Selain antioksidan, buah ini juga mengandung serat yang berguna mengikat dan membantu mengeluarkan racun penyebab kanker di usus besar. Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi serat seperti pir dapat menurunkan risiko kanker usus besar hingga 34% pada wanita pascamenopause.

3. Membantu mengendalikan diabetes

Selain mencegah kanker manfaat buah pir untuk kesehatan yang perlu diperhatikan adalah kemampuannya dalam mencegah penyakit diabetes. Buah pir memiliki kandungan serat yang tinggi dimana serat dapat mengurangi kadar gula darah secara alami. Buah pir juga tergolong sebagai jenis buah yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Mengkonsumsi setidaknya 2 buah pir berukuran sedang dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

4. Kesehatan jantung anda

Jantung adalah organ yang sangat penting sekali di dalam tubuh kita. Salah satu peran utama jantung adalah memompa darah dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh. Kesehatan jantung perlu dijaga dengan baik agar bisa berfungsi secara optimal. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah mengkonsumsi buah-buahan segar seperti buah pir.

Manfaat buah pir untuk kesehatan jantung didapat dari kandungan pektin di dalamnya yang berguna mengikat asam empedu di usus dan menurunkan produksi kolesterol jahat sehingga dengan demikian kadar kolesterol dalam darah bisa dikurangi. Menjaga kadar kolesterol tetap normal menjadi salah satu kunci kesehatan jantung anda. Selain membantu menurunkan kolesterol, buah pir juga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan Quercetin yang bermanfaat melindungi arteri dari kerusakan.

5. Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Menumpuknya racun dalam tubuh dapat mengakibatkan banyak penyakit berbahaya. Kandungan limbah dan juga bahan kimia dapat memperberat kerja hati dan ginjal sehingga kedua organ tersebut akan merasakan dampaknya. Untungnya salah satu manfaat buah pir untuk kesehatan adalah membantu mengurangi kelebihan racun dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah pir memiliki zat antioksidan yang sangat baik untuk detoksifikasi tubuh. Selain antioksidan buah pir juga diperkaya dengan serat yang mampu membersihkan usus besar dari limbah dan bahan kimia.

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Karena buah pir memiliki kandungan serat yang cukup tinggi membuatnya menjadi salah satu buah yang sangat baik sekali dikonsumsi secara rutin. Pencernaan yang sehat akan memastikan kesehatan anda secara keseluruhan. Jika anda memiliki masalah dengan pencernaan maka beberapa penyakit seperti kanker usus besar, sembelit dan juga perut buncit bisa hinggap di tubuh. Selain mengandung serat, buah pir juga mengandung tinggi air yang berguna melunakkan kotoran sehingga mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

7. Meningkatkan imunitas

Peran sistem imun dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit sangat penting sekali. Sistem imun adalah mekanisme pertahanan utama tubuh dalam melawan serangan virus dan bakteri. Lemahnya sistem imun akan membuat beberapa penyakit seperti flu dan infeksi lebih mudah menyerang tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh diperlukan nutrisi yang tepat. Buah pir adalah salah satu makanan terbaik yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda. Selain mengandung tinggi vitamin C buah pir juga menyediakan beberapa vitamin A, vitamin K, mangan zat besi, dan tembaga yang kesemuanya berguna meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Melindungi kesehatan mata

Tugas mata sangat banyak dan cukup berat terutama jika anda memiliki aktivitas yang lama di depan komputer atau smartphone. Jika nutrisi untuk mata tidak dipenuhi dengan baik maka beberapa masalah kesehatan mata bisa muncul. Mata minus ataupun rabun bahkan katarak bisa menyerang mata jika anda kurang memperhatikan kesehatannya. Kabar baiknya di antara manfaat buah pir untuk kesehatan adalah menjaga mata dari kerusakan. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah pir berguna meningkatkan penglihatan sekaligus melindungi retina dari kerusakan.

9. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang yang sering terjadi pada usia diatas 50 tahun. Penyakit ini bahkan bisa menyerang pada usia di bawahnya jika tulang tidak mendapatkan kecukupan nutrisi yang diperlukan. Buatan memiliki beberapa kandungan mineral penting yang berguna meningkatkan kesehatan tulang anda. Selain karena kandungan mineral nya, buah pir juga mampu menyeimbangkan ph tubuh sehingga dapat mencegah penyakit osteoporosis.

10. Membantu mencegah asam urat kandungan bekatul dan artritis

Mengkonsumsi buah pir secara rutin bisa mengurangi beberapa masalah kesehatan seperti menghambat masalah kandung empedu, asam urat, dan arthritis.

11. Mengurangi tekanan darah tinggi

Salah satu manfaat buah pir untuk kesehatan ibu hamil adalah menjaga kestabilan tekanan darah. Buah pir mengandung beberapa antioksidan dan glutathion anti-karsinogen yang berguna mengendalikan tekanan darah anda. Bagi ibu hamil mengendalikan tekanan darah sangat penting sekali untuk mencegah pendarahan pada proses persalinan. Bagi anda yang tidak sedang hamil menjaga kestabilan tekanan darah sangat penting untuk mencapai kesehatan secara keseluruhan.

12. Sebagai obat demam alami

Siapa yang menyangka jika buah pir ternyata bisa digunakan sebagai obat demam alami. Manfaat buah pir untuk obat demam ini didapat dari kemampuannya sebagai pendingin alami tubuh.

13. Mengurangi peradangan

Buah pir memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan arthritis serta masalah terkait lainnya. Manfaat buah pir ini bisa dirasakan terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia senja yang sering mengalami masalah dengan penyakit arthritis.

14. Mengurangi masalah sesak nafas

Saat musim panas sesak nafas sering muncul karena panas pada orang dewasa bisa memperparah kondisi ini. Karena sifat pendingin alaminya buah terdapat mengurangi rasa panas yang juga berguna meringankan sesak nafas secara alami.

15. Mencegah kerusakan pada kulit

Buah pir dikemas dengan serat makanan yang menjaga kulit tetap lembut dan halus secara alami. Serat dalam buah pir berfungsi memperlambat pembuangan gula ke dalam aliran darah dan menghambat kerusakan kolagen kulit. Kolagen merupakan protein penting yang bertugas menciptakan sel di dalam tubuh kita termasuk sel kulit.

Manfaat buah pir untuk ibu hamil

16. Baik untuk ibu hamil

Manfaat buah pir untuk ibu hamil didapat berkat kandungan asam folat yang tinggi di dalamnya. Asam folat diperlukan dalam pembentukan sel dan mencegah cacat pada bayi di dalam kandungan. Seorang ibu hamil sangat dianjurkan memenuhi kebutuhan asam folat dari makanan yang mereka konsumsi. Mengkonsumsi setidaknya 2 buah pir berukuran sedang dapat membantu ibu hamil mendapatkan asupan asam folat yang cukup.

17. Mengurangi risiko anemia pada ibu hamil

Asam folat bukan hanya berguna mencegah cacat tabung saraf tetapi juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Seorang ibu hamil biasanya sangat rentan mengalami anemia sehingga meningkatkan asupan asam folat dan zat besi sangat diperlukan. Buah pir menyediakan kedua nutrisi tersebut sehingga membuatnya menjadi satu paket lengkap untuk kesehatan ibu hamil.

18. Membantu memenuhi nutrisi ibu hamil

Kandungan mineral yang lengkap di dalam buah pir seperti mengandung zat besi serta beberapa vitamin penting lainnya sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Perlu diingat bahwa kebutuhan nutrisi ibu hamil menjadi lebih banyak karena apa yang anda makan akan dibagi dengan janin dalam kandungan. Kebanyakan ibu hamil lebih memilih mengkonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Akan tetapi para ahli gizi merekomendasikan mendapatkan asupan nutrisi dari buah dan sayur segar. Selain aman nutrisi dari buah dan sayur juga lebih alami.

19. Baik dikonsumsi oleh bayi

Meskipun memiliki kandungan nutrisi yang melimpah beberapa jenis buah-buahan kadang tidak cocok untuk bayi karena dapat menimbulkan alergi. Akan tetapi buah pir adalah salah satu jenis buah yang memiliki kemungkinan alergi sangat kecil saat diberikan ke bayi. Meskipun demikian sebaiknya jangan berikan buah pir pada bayi yang menderita diare.

Manfaat buah pir untuk kecantikan

20. Mencegah keriput

Buah pir mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang merupakan antioksidan penting untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel kulit terus kerusakan sel kulit dapat mempercepat proses penuaan yang ditandai dengan keriput. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung tembaga dan vitamin K yang juga sangat baik untuk melindungi kulit anda. Selain itu, vitamin C juga berguna menciptakan kolagen dan mencerahkan kulit secara alami.

21. Mengatasi kulit berminyak

Saya dikonsumsi secara langsung buah pir ternyata bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah yang berguna menghilangkan kelebihan minyak di kulit. Caranya cukup haluskan buah pir menggunakan blender. Kemudian gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama kurang lebih setengah jam kemudian angkat dan bersihkan wajah anda.

22. Membantu mengurangi pertumbuhan jerawat

Kandungan vitamin C-nya yang tinggi dalam buah pir dapat membantu mengurangi pertumbuhan jerawat di wajah. Belum lagi buah pir juga dapat mengurangi kelebihan minyak yang sering menjadi penyebab munculnya jerawat. Untuk mendapatkan manfaat buah pir yang satu ini anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau menggunakannya sebagai masker wajah.

23. Melembabkan kulit secara alami

Buah pir memiliki kandungan air yang cukup tinggi dimana air berguna meningkatkan hidrasi kulit anda. Selain kandungan airnya, buah pir juga menyediakan nutrisi yang cukup melimpah yang berguna menjaga elastisitas dan kelembaban kulit secara alami.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa manfaat buah pir untuk ibu hamil, kesehatan, dan juga kecantikan. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat bagi anda. Nama anak-anak