Kandungan buah pisang

10 Kandungan buah pisang serta manfaatnya untuk kesehatan

Buah
Kandungan buah pisang
image: pixbay.com

Kandungan buah pisang yang sangat luar biasa serta manfaatnya yang cukup banyak termasuk membantu meningkatkan kesehatan ibu hamil dan mencegah stroke.

Buah pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak digemari di indonesia. Buah ini sangat populer dan hampir semua masyarakat indonesia mengetahuinya. Pisang merupakan buah yang sangat mengenyangkan karena padat dengan nutrisi penting. Selain nutrisi yang sangat padat dan melimpah, buah pisang juga memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan jenis buah lainnya.

Alasan inilah yang membuat buah pisang cukup banyak digemari di indonesia. Bagi anda yang sedang ingin meningkatkan asupan nutrisi tidak ada salahnya untuk mengambil buah pisang sebagai makanan sehat harian.

Kandungan nutrisi buah pisang

Bagi anda yang ingin mengetahui mengenai seluk beluk buah pisang berikut kami sajikan informasi mengenai kandungan nutrisi buah pisang serta manfaatnya untuk kesehatan:

Pisang mengandung vitamin C

Buah yang berwarna kuning saat sudah matang ini memiliki kandungan vitamin c cuup banyak. Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan kesehatan kulit. Selain berguna untuk meningkatkan sistem imun kandungan vitamin C dalam buah pisang juga berguna sebagai antioksidan penting yang bermanfaat menangkal efek merugikan radikal bebas.

Pisang kaya akan vitamin A

Salah satu kandungan buah pisang yang sangat baik adalah terdapatnya beberapa vitamin A di dalamnya. Vitamin A secara umum sangat penting untuk menunjang kesehatan mata sekaligus melindunginya dari kerusakan. Sama halnya dengan vitamin C, kandungan vitamin A dalam pisang juga berperan sebagai antioksidan. Jadi dengan mengkonsumsi buah pisang anda akan mendapatkan manfaat yang berlipat dari efek antioksidan yang dimilikinya.

Buah pisang mengandung tinggi kalium

Buah pisang dikenal sebagai sumber kalium yang sangat baik sehingga membuatnya menjadi salah satu buah yang sehat. Kalium merupakan salah satu mineral yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantara salah satu fungsi kalium yang utama adalah membantu mengontrol tekanan darah. Bagi mereka yang sering mengeluh mengenai tekanan darah yang tidak normal sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium seperti halnya buah pisang. 

Pisang merupakan buah sumber serat

Kandungan serat dalam bisa memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan anda. Maka tidak heran jika banyak orang yang mencoba memulai diet sehat dengan mengkonsumsi buah yang satu ini. Pencernaan yang lancar sering dikaitkan dengan penurunan berat badan. Selain membantu mengontrol berat badan, kandungan serat yang tinggi dalam buah pisang juga dapat mengurangi resiko penyakit kanker usus besar. Untuk itu sebaiknya anda jangan ragu untuk rutin mengkonsumsi buah pisang.

Buah pisang diperkaya dengan kalsium

Bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium. Salah satu makanan tersebut diantaranya adalah jenis susu dan buah-buahan sehat seperti halnya buah pisang. Kandungan kalsium dalam buah pisang berguna meningkatkan kekuatan tulang dan gigi sehingga membuatnya tetap sehat dan tidak mudah rapuh. Jadi bagi mereka yang sudah memasuki usia di atas 40 tahun sebaiknya banyak-banyak mengkonsumsi buah pisang untuk mengurangi penyakit osteoporosis.

Buah pisang mengandung tinggi magnesium

Magnesium dalam buah pisang sangat baik untuk kesehatan tulang karena membantu proses penyerapan kalsium dan vitamin D. Bukan hanya berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, tetapi juga membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Konsumsi makanan yang kaya akan magnesium seperti buah pisang terbukti dapat mengurangi resiko penyumbatan pada jantung serta menjaga kestabilan tekanan darah. Jadi konsumsi buah bisa akan memberikan banyak manfaat untuk sistem kardiovaskular anda. 

Tidak berhenti sampai disitu, magnesium dalam buah pisang diketahui juga baik untuk mencegah penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan mineral yang satu ini berfungsi membantu pengolahan karbohidrat sehingga membuatnya dapat mengontrol kadar gula darah yang berperan penting dalam mencegah penyakit. 

Mengandung tinggi fosfor

Kandungan fosfor di dalam buah pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya adalah mengontrol penggunaan energi di dalam tubuh. Bukan hanya itu, mineral yang satu ini juga harga memiliki fungsi yang cukup penting diantaranya adalah mengurangi nyeri pada otot saat selesai berolahraga serta meningkatkan kesehatan ginjal.

Selain itu, fosfor yang terdapat dalam buah pisang juga sangat berguna untuk proses pembentukan DNA dan RNA. Saat tubuh kita mengalami defisit fosfor maka proses pembentukan DNA tidak akan bisa berjalan maksimal. Padahal DNA memiliki peran yang sangat penting sekali di dalam tubuh salah satunya adalah menyimpan informasi genetik. Jadi buah pisang akan membantu dalam menunjang kesehatan anda yang sangat besar dan kompleks.

Pisang diperkaya dengan vitamin D

Bersama dengan kalsium dan magnesium vitamin d berperan penting dalam menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Vitamin D sangat diperlukan oleh tubuh untuk memaksimalkan penyerapan kalsium. Tanpa asupan vitamin D yang cukup maka tulang akan menjadi mudah rapuh dan patah. Tidak berhenti sampai disitu vitamin D diketahui juga berperan penting dalam mencegah penyakit kanker. Beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker payudara dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D termasuk buah pisang. 

Vitamin D dalam buah pisang juga berguna mencegah penyakit diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan asupan vitamin D yang cukup dapat mencegah sekresi insulin yang buruk serta toleransi glukosa. Selain itu, asupan vitamin D yang memadai terutama pada masa kanak-kanak akan membantunya terhindar dari penyakit diabetes di kemudian hari. Jadi sangat penting sekali untuk meningkatkan asupan vitamin D bagi anak anda terutama yang masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini bisa anda lakukan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah pisang secara teratur. 

Pisang mengandung tinggi asam folat

Kandungan pisang yang satu ini sangat baik sekali untuk ibu hamil karena akan membuatnya terhindar dari bayi lahir cacat. Kurangnya asupan asam folat atau vitamin B9 sering dikaitkan dengan tingginya resiko kelahiran cacat tabung saraf pada bayi. Untuk menghindarinya sebaiknya konsumsi makanan yang memang diperkaya dengan vitamin B9. Jika anda kesulitan mendapatkannya mengkonsumsi buah pisang bisa menjadi alternatif yang sangat baik. 

Pisang mengandung tinggi vitamin B12

Di dalam tubuh kita vitamin B12 berfungsi meningkatkan fungsi sistem saraf dan membantu proses pembentukan dna. Hal ini sangat penting sekali terutama bagi ibu hamil. Bersama dengan asam folat, vitamin B12 bekerja dalam melindungi dan menjaga kesehatan ibu hamil serta memastikan janin dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang seharusnya. 

Demikian tadi ulasan mengenai kandungan nutrisi buah pisang beserta manfaatnya yang sangat melimpah. Di mana setelah membaca ulasan seputar buah pisang di atas apakah anda tertarik untuk memasukkannya ke dalam menu sehat harian anda?