Manfaat Buah Anggur Hitam yang Sayang Jika Dilewatkan. Check It!

manfaat buah anggur hitam

manfaat buah anggur hitam

Manfaat Buah Anggur Hitam – Anggur merupakan salah satu jenis buah yang banyak dipasarkan di pasaran. Buah anggur ini menjadi salah satu buah yang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang asam bercampur manis dan segar.

Selain itu, anggur juga mempunyai berbagai jenis, yaitu anggur hijau, anggur merah, dan anggur merah. Masing-masing jenis anggur mempunyai manfaat kesehatan tersendiri. Sama halnya dengan anggur hijau dan merah, anggur hitam juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk tubuh.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah anggur hitam dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh sekaligus mencegah berbagai macam penyakit. Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat buah anggur hitam yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Buah Anggur Hitam untuk Kesehatan Tubuh yang Sayang Jika Dilewatkan

1. Menyehatkan Jantung

Buah anggur hitam yang dikonsumsi dapat mencegah kerusakan organ tubuh akibat sindrom metabolik. Hal tersebut ditunjukkan pada sebuah riset dari University of Michigan Cardiovascular Center.

Sindrom metabolik merupakan kumpulan kondisi, seperti tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, kelebihan lemak di dalam tubuh, yang terjadi secara bersamaan. Beragam kondisi medis ini merupakan faktor resiko penyakit jantung yang semestinya dihindari.

Anda dapat memanfaatkan kandungan resveratrol pada buah anggur hitam karena dapat menyehatkan jantung. Senyawa ini dapat memperlancar aliran darah.

Fitokimia yang dikandungnya juga membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah kerusakan otot jantung. Beragam hal ini dapat mencegah serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

manfaat buah anggur hitam

Sumber: https://www.pegasusics.com

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat anggur hitam lainnya juga akibat adanya kandungan lutein dan zeaxanthin. Keduanya dipercaya dapat menjaga kesehatan mata karena termasuk dalam golongan karotenoid.

Berdasarkan sebuah penelitian di dalam jurnal Cuma-cuma Radical Biology and Medicine, mengonsumsi berbagai jenis anggur, termasuk anggur hitam, dapat menjaga retina dari kerusakan oksidatif dan mencegah kebutaan.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Anggur hitam mengandung antioksidan yang secara efektif dapat mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara. Antioksidan tersebut merupakan resveratrol, yang dipercaya dapat membunuh sel kanker.

Sebuah riset yang dijalankan Sentra Kanker University of Colorado mengatakan, resveratrol yang dikandung anggur hitam dapat mencegah kanker kepala dan leher akibat alkohol.

4. Mencegah Diabetes

Kandungan resveratrol pada anggur hitam dipercaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Alhasil, kadar gula darah akan turun dikarenakan kemampuan tubuh dalam menggunakan gula darah sebagai energi akan meningkat.

Selain itu, bagian resveratrol tersebut juga dianggap dapat meningkatkan reseptor gula darah pada membran sel sehingga kadar gula darah dapat terjaga.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat anggur hitam yang satu ini juga datang dari kandungan resveratrol. Berdasarkan sebuah studi, mengonsumsi buah yang mengandung resveratrol dapat meningkatkan suasana hati dan mencegah penurunan daya ingat di usia lanjut.

Selain itu, anggur hitam juga mengandung riboflavin, yang dapat mengatasi gejala migrain pada penderitanya. Beberapa riset pada hewan uji coba menunjukkan, resveratrol dapat mencegah penyakit Alzheimer pada tikus. Tetapi, penelitian pada manusia masih diperlukan untuk membuktikan manfaat tersebut.

manfaat buah anggur hitam

Sumber: https://jogja.tribunnews.com

6. Memperkuat Tulang

Manfaat anggur hitam yang satu ini juga tidak terduga. Selama ini, kalsium dan vitamin D merupakan gizi yang dipercaya dapat memperkuat tulang. Tetapi siapa sangka jika kandungan resveratrol dalam anggur hitam juga berpotensi dapat memperkuat tulang, lho.

Dalam sebuah penelitian, ditunjukkan bahwa resveratrol dapat meningkatkan kepadatan tulang. Namun, masih diperlukan riset lebih lanjut pada manusia untuk mendukung klaim ini.

7. Mengatasi Peradangan dalam Tubuh

Tidak hanya resveratrol, anggur hitam masih mempunyai banyak kandungan yang sangat menguntungkan bagi kesehatan. Kandungan tersebut yaitu flavan, antosianin, flavonol dan stilbenes yang dipercaya dapat mencegah peradangan dalam tubuh.

Bahkan, obat-obatan antiradang nonsteroid dipercaya sama efektifnya dengan kandungan resveratrol di dalam anggur hitam.

8. Obat Tidur Alami

Untuk mendapatkan tidur yang berkwalitas, hormon tidur alias melatonin sangatlah diperlukan bagi tubuh. Anggur hitam mempunyai hormon ini sehingga tidak heran jika buah ini dipercaya dapat menjadi obat tidur alami.

Tetapi sayang, belum banyak penelitian yang dapat menggambarkan klaim ini. Itulah mengapa Anda dianjurkan untuk tidak menghasilkan anggur hitam sebagai obat tidur alami. Berkonsultasilah pada dokter jika Anda mengalami gangguan tidur.

9. Memperpanjang Umur

Tentunya, manfaat anggur hitam yang satu ini sangat menggiurkan. Setiap orang pasti ingin mempunyai umur yang panjang. Dalam sebuah riset pada hewan uji coba, resveratrol rupanya dapat meningkatkan umur berbagai jenis hewan yang menjadi partisipan.

Hal ini dikarenakan resveratrol dapat menstimulus protein bernama sirtuin, yang seringkali dianggap dapat memperpanjang umur.

Baca Juga: Manfaat Buah Anggur Merah yang Sayang Jika Dilewatkan. Yuk, Intip!