Manfaat Rebusan Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh. Check It!

manfaat rebusan buah mengkudu

manfaat rebusan buah mengkudu

Manfaat Rebusan Buah Mengkudu – Morinda citrifolia atau mengkudu disebut juga buah pace atau noni. Buah pace berwarna hijau dan mempunyai bintik-bintik hitam, serta rasa yang pahit. Rasa buah pace pahit dan umumnya diminum dengan jus dengan kadar gula rendah.

Salah satu cara menikmati manfaat pace adalah mengonsumsinya dengan cara dibuat sebagai jus. Untuk rasa yang lebih lezat, Anda dapat memadukannya dengan buah-buahan lain. Walaupun pahit, buah pace mempunyai banyak manfaatnya, salah satunya untuk pengidap diabetes.

Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung simak ulasan artikel mengenai manfaat rebusan buah mengkudu yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Rebusan Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Tahu

1. Buah yang Baik untuk Perokok Aktif ataupun Pasif

Perlu diketahui, studi menyebut bahwa paparan asap tembakau dapat menghasilkan radikal bebas dalam jumlah membahayakan yang memicu kerusakan sel dalam tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi jus pace dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan apabila di lingkungan sekitar Anda banyak terpapar asap rokok.

Yang perlu untuk diperhatikan, pace memang terbukti dalam penelitian mampu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas asap rokok. Tapi, bukan berarti mendukung aktivitas merokok menjadi kebiasaan yang terus berulang.

Seandainya telah ketergantungan, cobalah untuk menguranginya sedikit demi sedikit. Supaya terlepas dari kebiasaan yang buruk untuk kesehatan ini.

manfaat rebusan buah mengkudu

Sumber: https://www.tagar.id

2. Kandungan Antioksidan Superior

Mengkudu adalah salah satu buah-buahan yang mempunyai kandungan antioksidan tingkat tinggi. Kandungan antioksidan di dalamnya membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Dimana zat inilah yang membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan, jus buah noni dapat mendukung kesehatan jantung. Kolesterol baik mempunyai banyak fungsi penting dalam tubuh kita. Sedangkan untuk kolesterol jahat secara berlebihan sendiri dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti halnya peradangan kronis.

Sebuah studi yang melibatkan perokok berat menemukan bahwa mengonsumsi jus pace secara rutin dalam satu bulan, mampu mengurangi kadar kolesterol jahat secara signifikan.

4. Memperkuat Daya Tahan Fisik

Bagi Anda yang seringkali beraktivitas fisik dan olahraga berat. Mengkudu dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Bagi para pekerja yang sering melalui perjalanan jauh, mengonsumsi jus pace bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan supaya tidak mudah lelah.

Mengkudu juga mempunyai manfaat positif bagi yang seringkali menjalani aktivitas olahraga, dengan mengurangi resiko cidera dan kerusakan jaringan otot.

5. Meredakan Nyeri bagi Penderita Arthritis

Bagi penderita radang sendi atau arthritis, pace adalah buah penyelamat yang dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi secara efektif, bahkan sampai 60 persen.

Diketahui, semenjak ribuan tahun buah pace telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk efek penghilang rasa sakit akibat radang sendi. Dan, banyak penelitian telah mendukung hal ini.

manfaat rebusan buah mengkudu

Sumber: https://res.cloudinary.com

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa pace adalah sumber vitamin C yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh kita. Dengan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun yang berasal dari lingkungan sekitar kita, vitamin C dalam buah noni mendukung sistem kekebalan tubuh.

Aktivitas sel imun dapat meningkat dan tingkat stres oksidatif dapat dikurangi dengan rutin mengonsumsi jus pace selama delapan minggu.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Selain ampuh untuk sel tubuh, pace juga melindungi sel otak dan menjaganya tetap sehat. Kerusakan sel otak dapat dipicu oleh stres oksidatif yang dapat merusak neuron. Nah, kandungan antioksidan dalam buah noni lah yang mengindari hal ini terjadi.

8. Menangkal Kanker

Noni juga mampu mencegah perkembangan sel kanker karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Buah ini mempunyai sifat yang merangsang kekebalan tubuh dalam memerangi tumor.

9. Baik untuk Sistem Pencernaan

Nurtisi seperti vitamin A, protein, kalsium dan zat besi yang terkandung di dalam pace bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan. Bagi Anda yang sulit buang air besar (BAB) dengan rutin, pace dapat membantu untuk mengatasinya dengan mengaktifkan sistem pencernaan, merelaksasi otot usus dan membersihkannya.

10. Baik untuk Penderita Diabetes

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Element-based Complementary and Alternative Medicine membuktikan bahwa konsumsi jus buah noni bermanfaat dalam mengontrol peningkatan kadar gula darah pada pasien diabetes variasi II.

11. Mengindari Stres

Jus pace dikenal efektif untuk membantu mengatasi stres dan melindungi fungsi kognitif otak. Reaksi kimia akibat stres dapat membahayakan tubuh, hal inilah yang dapat dihindari berkat konsumsi buah noni.

Baca Juga: Manfaat Kayu Secang untuk Kulit Wajah. Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya!