Arabica coffee

Manfaat Arabica Coffee Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui!

Posted on

Sebagai pecinta kopi, tentu Anda sudah tidak asing dengan jenis kopi yang satu ini. Arabica coffee merupakan jenis kopi yang berasal dari Ethiopia, kemudian oleh pedagang Arab kopi ini dibawa ke Yaman. Hingga saat ini kopi Arabika masih populer dan banyak yang membudidayakannya secara global.

Hal menarik dari kopi Arabika yang membuatnya jadi favorit banyak orang adalah cita rasanya yang khas, kekentalannya (body) yang ringan, memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis kopi lainnya, dan profil aroma kopi yang unik. Hasil seduhan kopi ini memiliki  aroma khas yang berbeda-beda, ada yang menyerupai lemon, madu, bahkan cokelat.

Jika Anda merupakan penikmat kopi dengan kadar kafein rendah, maka kopi Arabika menjadi pilihan yang tepat, karena kadar kafeinnya hanya sekitar 0,8% hingga 1,5% saja dari berat totalnya. Tentu ini merupakan jumlah yang sedikit jika dibandingkan dengan jenis kopi lain, seperti contohnya kopi robusta yang memiliki kadar kafein sekitar 1,8% hingga 4% dari berat totalnya.

Tidak hanya nikmat saat diminum, ternyata kopi Arabika juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa sebenarnya manfaat dari kopi Arabika? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Beberapa Manfaat Arabica Coffee untuk Kesehatan

  • Menurunkan kadar kolesterol

    Tubuh memiliki kandungan kolesterol baik (High Density Lipoprotein/HDL) dan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein/LDL). Jika kadar LDL dalam tubuh terlalu banyak, akan timbul berbagai masalah kronis seperti  stroke, jantung, dan lainnya. Kandungan antioksidan yang Anda dapat dari mengonsumsi kopi Arabika ternyata dapat meningkatkan kadar HDL dan menekan kadar LDL, sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya.

  • Menjaga kesehatan mulut

    Ternyata kopi hitam khususnya Arabika memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mulut, beberapa diantaranya seperti menurunkan risiko radang gusi, masalah gigi, plak, dan kanker mulut. Tapi ingat, untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, Anda perlu konsumsi kopi ini tanpa tambahan gula.

  • Menjaga kesehatan kulit

    Tidak hanya dikonsumsi, kopi Arabika juga dijadikan sebagai masker dan bahan spa. Jenis kopi ini bermanfaat dalam meregenerasi kulit, membuatnya terlihat lebih kencang, dan terdapat kandungan antibakteri yang berguna untuk mencegah munculnya jerawat.

  • Menjaga stamina tubuh

    Kandungan kafein pada kopi Arabika bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Kafein sendiri merupakan sumber energi yang membuat tubuh tetap bekerja seperti seharusnya.

  • Memperbaiki mood

    Kopi Arabika juga merangsang otak untuk melepaskan hormon endorphin sehingga Anda merasakan sensasi bahagia dan mood jadi lebih baik.

  • Mencegah kanker

    Kopi Arabika memiliki kandungan antioksidan tinggi yang efektif melawan sel kanker dalam tubuh. Antioksidan juga dapat menyeimbangkan nutrisi dalam darah sehingga tubuh dapat terlindungi dari sel kanker. Anda dapat minum kopi Arabika ini 2 cangkir sehari.

Itulah beberapa manfaat yang Anda dapatkan dari mengonsumsi Arabica coffee yang bisa dinikmati dengan cara tradisional maupun cara kekinian dengan tetap memperhatikan kesehatan tubuh.

Tags:

Baca juga  Bunga Rafflesia Hidup Di