Lemper Ayam Kukus

Posted on

Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi tentang makanan Indonesia yang menggugah selera di Bali, Indonesia. Dalam perjalanan ke Bali, saya berkesempatan untuk mencicipi berbagai hidangan khas Indonesia dan mencoba berbagai jenis masakan yang baru bagi saya. Dalam artikel ini, saya akan membagikan beberapa makanan yang benar-benar patut dicoba saat Anda berada di Bali, Indonesia.

Pertama, saya ingin memperkenalkan Anda pada “lemper” ayam. Lemper adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari ketan yang dibungkus dengan daging ayam dan dibumbui dengan bumbu khas Indonesia. Biasanya disajikan sebagai camilan atau makanan ringan, lemper yang disajikan di Bali memiliki rasa yang benar-benar istimewa. Dengan ketan yang lembut dan daging ayam yang juicy, lemper ayam benar-benar bisa membuat lidah Anda bergoyang.

Untuk melengkapi artikel ini, berikut adalah resep untuk membuat lemper ayam yang lezat:
– 2 cangkir ketan, cuci bersih dan rendam selama minimal 1 jam
– 1 sendok makan minyak sayur
– 2 daun salam
– 1 batang serai, memarkan
– 1/2 sendok teh garam
– 2 sendok makan kelapa parut
– 300 gram daging ayam, rebus dan suwir-suwir
– Daun pisang secukupnya

Cara membuatnya:
1. Campurkan ketan dengan kelapa parut dan kukus selama 20 menit hingga setengah matang.
2. Panaskan minyak sayur dalam wajan dan masukkan daun salam dan serai.
3. Masukkan ketan yang sudah hampir matang dan aduk hingga rata.
4. Letakkan daun pisang di atas piring dan ambil beberapa sendok ketan lalu pipihkan hingga rata.
5. Tambahkan daging ayam yang sudah disuwir dan gulung ketan hingga tertutup rapat oleh daun pisang.

Selanjutnya, mari kita jelajahi lebih lanjut makanan khas Indonesia yang wajib dicoba saat Anda berada di Bali, yaitu nasi campur Bali. Nasi campur Bali adalah hidangan yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk pauk, seperti ayam betutu, daging babi panggang, sate lilit, atau tempe goreng. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam dan sambal yang pedas.

Baca juga  Bakmi Mewah Ayam Jamur

Setelah mencoba nasi campur Bali, saya juga ingin merekomendasikan “sate lilit”. Sate lilit adalah makanan khas Bali yang terbuat dari daging babi atau ikan yang dicincang halus dan dibumbui dengan rempah-rempah khas Bali, seperti serai, lengkuas, dan kemiri. Kemudian daging tersebut dijepit pada tusuk bambu dan dipanggang di atas arang. Sate lilit ini disajikan dengan saus kacang yang kaya rasa dan benar-benar menggugah selera.

Selain itu, jangan lewatkan juga mencoba “gado-gado”. Gado-gado adalah salad khas Indonesia yang terdiri dari berbagai jenis sayuran seperti kacang panjang, tauge, kol, dan tempe goreng, ditambah dengan telur rebus dan irisan kentang. Semua sayuran tersebut dicampur dengan saus kacang dan sambal, sehingga menghasilkan rasa yang kuat, pedas, namun juga menyegarkan.

Terakhir, untuk pencuci mulut, saya merekomendasikan “es cendol”. Es cendol adalah minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung hunkwe, dicampur dengan air dan gula merah, kemudian disajikan dengan santan dan es serut. Es cendol ini sangat menyegarkan dan cocok dinikmati saat berada di bawah terik matahari Bali.

Demikianlah beberapa makanan khas Indonesia yang wajib dicoba saat berada di Bali, Indonesia. Tidak hanya memuaskan selera, makanan khas Indonesia juga memperkenalkan banyak hal tentang kebudayaan Indonesia. Jika Anda pernah berada di Bali, pastikan untuk mencicipi semua hidangan ini dan jangan lupa untuk membagikan pengalaman Anda selama menikmati kelezatan ini kepada keluarga dan teman-teman Anda!

Baca tulisan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *