Khasiat Jagung Ungu

Posted on

Pada kali ini, saya mau berbagi informasi tentang jagung yang sangat spesial. Apa yang membuat jagung tersebut spesial? Yup, benar! Karena jagung tersebut memiliki banyak manfaat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dan tentu saja, informasi-informasi ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, yuk, kita bahas bersama-sama 10 khasiat jagung yang wajib Anda ketahui!

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Jagung mengandung serat yang sangat baik bagi tubuh kita. Salah satu manfaat serat bagi tubuh adalah mencegah timbulnya penyakit-penyakit pada jantung, seperti penyakit jantung koroner. Serat pada jagung dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, sehingga sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lancar dan kita terhindar dari risiko penyakit jantung.

2. Mengatur Kadar Gula Darah
Kandungan serat yang tinggi pada jagung juga dapat menjaga kesehatan kadar gula darah kita. Serat dapat memperlambat penyerapan gula dalam usus, sehingga kadar gula darah kita tidak naik secara drastis setelah mengonsumsi makanan.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata
Jagung mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang dapat meningkatkan kesehatan mata kita. Kedua antioksidan tersebut dapat mencegah kerusakan pada mata akibat sinar ultraviolet dan radikal bebas.

4. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan vitamin K pada jagung sangat baik untuk kesehatan tulang kita. Vitamin K dapat membantu pembentukan tulang yang kuat dan mengurangi risiko terkena osteoporosis.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin C pada jagung dapat membantu merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein yang penting untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit.

6. Menurunkan Berat Badan
Jagung mengandung serat yang tinggi dan kalori yang rendah, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Konsumsi jagung secara rutin juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga kita tidak mudah lapar.

Baca juga  Cara Merawat Jagung

7. Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan pada jagung seperti lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten dapat mencegah risiko terkena kanker. Antioksidan tersebut bisa membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

8. Meningkatkan Energi Tubuh
Jagung mengandung karbohidrat yang sangat baik bagi tubuh kita. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh, sehingga konsumsi jagung secara rutin dapat meningkatkan energi tubuh.

9. Menjaga Kesehatan Otak
Jagung mengandung thiamin atau vitamin B1 yang dapat meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf. Vitamin B1 juga dapat membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer.

10. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Kandungan serat pada jagung dibutuhkan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan kita. Serat dapat membantu memperbaiki kerja usus dan melancarkan proses pencernaan.

Nah, itu dia 10 khasiat jagung yang wajib Anda ketahui. Terlihat remeh ya jagung, tapi siapa sangka ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi jagung dalam menu makanan Anda ya!

Simak artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *