Bala Bala Jagung Crispy

Posted on

Perkenalkan, untuk kalian pecinta kuliner Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan bakwan sayur atau yang biasa dikenal dengan sebutan bala-bala. Bakwan sayur atau bala-bala adalah salah satu gorengan tradisional Indonesia yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Gorengan ini terbuat dari campuran sayuran segar yang dijajakan di pinggir jalan, pusat perbelanjaan, hingga kedai-kedai kaki lima di seluruh Indonesia.

Bakwan sayur atau bala-bala tidak hanya enak dimakan saat sedang santai atau nongkrong bersama teman. Gorengan ini juga sangat ideal untuk dihidangkan di rumah sebagai camilan, atau bahkan sebagai santapan ringan untuk keluarga di waktu senggang. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang renyah dan gurih, serta sangat mudah dibuat dan diolah di rumah.

Untuk membuat bakwan sayur atau bala-bala, kita membutuhkan beberapa bahan dasar seperti tepung terigu, air, sayuran hingga bumbu. Adapun sayuran yang sering digunakan untuk membuat bala-bala antara lain wortel, bawang putih, tauge, daun bawang, dan kol. Semua bahan tersebut diblender hingga halus, kemudian dicampur dengan tepung terigu dan bumbu agar menghasilkan adonan yang tebal dan kental.

Setelah adonan tercampur rata, kita bisa menggorengnya dengan menggunakan minyak goreng panas. Sajikan bakwan sayur atau bala-bala yang sudah matang dan digoreng dengan tambahan saus sambal atau kecap sebagai bumbu pelengkap. Rasanya yang gurih dan renyah pasti akan membuat siapa pun yang mencicipinya terpana dan ingin mencoba lagi.

Untuk bisa menikmati bakwan sayur atau bala-bala yang pasti enak dan lezat, sebaiknya kita memilih bahan-bahan terbaik dan segar. Cobalah berkunjung ke pasar tradisional atau supermarket terdekat untuk mendapatkan sayuran segar dan tepung terigu yang berkualitas tinggi. Pastikan juga untuk mencampur adonan dengan bumbu-bumbu pilihan agar cita rasa bakwan sayur atau bala-bala yang dihasilkan menjadi lebih spesial dan enak.

Baca juga  Doritos Jagung

Tidak hanya lezat dan mudah dibuat, bakwan sayur atau bala-bala juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan sayuran seperti wortel, kol, dan tauge pada bala-bala dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dan melancarkan metabolisme tubuh, sehingga sangat baik untuk kesehatan usus dan juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral pada sayuran juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Bakwan sayur atau bala-bala juga cocok untuk dijadikan pilihan makanan untuk penderita diabetes. Karena bakwan sayur atau bala-bala tidak menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan, perilaku mengonsumsi bala-bala dapat membantu meningkatkan gula darah dalam tubuh, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Jadi, tunggu apalagi? Segera masak bakwan sayur atau bala-bala di seluruh Indonesia dan rasakan sensasi gurih dan renyah yang dihasilkan! Jangan lupa juga untuk mencoba variasi lain seperti menambahkan udang atau bakso sebagai isian bakwan sayur atau bala-bala. Selamat mencoba!

Temukan artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *