10 Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang sangat luar biasa

manfaat minyak kelapa untuk rambut
manfaat minyak kelapa untuk rambut
image from www.prevention.com

Manfaat minyak kelapa untuk rambut Anda agar membuatnya tampak lebih sehat dan cantik secara alami, serta tips bagaimana mengaplikasikannya. Minyak kelapa banyak digunakan dalam bahan perawatan kecantikan. Hal ini membuat minyak kelapa sangat populer. Penggunaan minyak kelapa yang cukup meluas dalam produk kecantikan tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Beberapa diantara manfaat minyak kelapa adalah meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat berharga, terutama bagi wanita. Hal ini dikarenakan rambut menjadi mahkota yang mempengaruhi kecantikan wanita. Jadi, menjaga kesehatan rambut benar-benar merupakan hal yang penting. Diantara bahan alami yang cukup berpotensi untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda adalah minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan dan kekuatan rambut Anda.

 

Manfaat minyak kelapa untuk rambut Anda

 

1. Sebagai conditioner alami

Minyak kelapa bisa bekerja sebagai conditioner alami rambut Anda, yang bisa menggantikan penggunaan bahan kimia. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetics Science, menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat mengatasi berbagai macam masalah rambut sekaligus mengurangi kehilangan protein rambut.

Kehilangan protein pada rambut dapat membuatnya cepat mengalami kering dan mudah rusak. Kandungan asam laurat dan asam linoleat yang terdapat dalam minyak kelapa mampu menembus lebih jauh di dalam jaringan rambut, sehingga membuatnya lebih kuat. Minyak kelapa juga memiliki kandungan asam lemak rantai menengah, vitamin, dan zat besi.

Cara menggunakan minyak kelapa sebagai kondisioner: pertama panaskan minyak kelapa dengan cara merebusnya selama beberapa menit. Biarkan hingga sedikit hangat, kemudian gunakan pada rambut Anda. Jumlah minyak kelapa tergantung panjang pendeknya rambut. Jika anda memiliki rambut yang pendek gunakan sekitar 3 sdm minyak kelapa. Tapi jika anda memiliki rambut panjang ambil sekitar 5 sdm minyak kelapa. Terapkan ke kulit kepala dan rambut dengan jari-jari sampai merata. Biarkan selama 10 menit di rambut Anda kemudian bilas dengan shampo hingga bersih.

 

2. Menghilangkan ketombe di kulit kepala

Ketombe di kulit kepala terkadang sangat mengganggu kita karena menimbulkan sensasi gatal. Bukan hanya itu, ketombe juga akan mengurangi penampilan karena bercak putih bisa menempel di pakaian kita. Untungnya salah satu manfaat minyak kelapa untuk rambut yang tidak kalah menarik adalah membantu mengatasi ketombe. Secara umum, ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering dan paparan bahan kimia yang biasanya terdapat pada shampo. Kandungan nutrisi penting dan sifat pelembab yang dimiliki oleh minyak kelapa mampu menjaga kelembaban kulit sehingga mencegah munculnya ketombe.

Selain dapat melembabkan kulit kepala secara alami, minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang berguna mengurangi infeksi yang menyebabkan ketombe. Untuk menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa Anda hanya perlu mengoleskannya secara teratur di kulit kepala dan rambut. Lakukan setidaknya dua kali seminggu untuk mengurangi ketombe di rambut Anda.

 

3. Mengatasi kerusakan pada rambut

Melakukan styling secara berlebihan seperti menggunakan pemanas, pengering rambut, dan lain-lain dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Rambut yang rusak biasanya akan rapuh dan mengering karena kehilangan protein. Kandungan protein yang terdapat dalam minyak kelapa telah terbukti sangat baik untuk meningkatkan kekuatan dan kesehatan rambut Anda. Minyak kelapa bekerja dengan cara melindungi rambut dari kerusakan yang diakibatkan oleh panas saat melakukan styling.

 

4. Melindungi rambut dari sinar matahari

Sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit dan rambut Anda. Minyak kelapa merupakan tabir suryaalami yang memiliki tingkat SPF mencapai 8. Jadi penggunaan minyak kelapa bisa melindungi rambut Anda dari sinar UV. Jika ingin mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk rambut tersebut, Anda tinggal mengaplikasikan satu sendok teh minyak kelapa pada rambut sebagai perlindungan.

 

5. Meningkatkan kekuatan rambut

Saat terkena polusi, sinar matahari, dan debu, kekuatan rambut akan menjadi menipis. Anda membutuhkan sebuah bahan alami yang kaya akan nutrisi, dimana bahan tersebut dapat membantu mengembalikan kekuatan rambut Anda. Minyak kelapa bisa menjadi salah satu jawabannya. Minyak kelapa berguna meningkatkan batang rambut sehingga mencegahnya dari kerontokan. Mengaplikasikan minyak kelapa secara rutin membuat anda mengurangi resiko kebotokan Akibat akibat rambut rontok.

 

6. Menghilangkan kutu di rambut

Kutu pada dasarnya merupakan masalah yang sering dialami oleh anak-anak. Kutu membuat kulit kepala terasa gatal dan tentunya sangat mengganggu anda. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Pediatrics, minyak kelapa memiliki tingkat keefektifan yang sangat baik dibandingkan penggunaan permethrin untuk menghilangkan kutu.

Cara meghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa: Campur 3 sdm minyak kelapa dengan satu sendok makan minyak ylang-ylang, atau minyak pohon teh. Oleskan ramuan tadi ke rambut Anda hingga merata. Tutupi kepala dengan topi mandi kemudian diamkan selama 2 jam. Cobalah duduk di bawah sinar matahari untuk beberapa waktu. Langkah selanjutnya campurkan secangkir air dengan 2 cangkir cuka sari apel. Tuangkan campuran ke dalam botol semprot kemudian semprotkan pada kulit kepala Anda dan pijat dengan lembut. Sisir rambut dengan sisir yang rapat untuk menghilangkan kutu dari rambut Anda.

 

7. Menghitamkan rambut secara alami

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang selanjutnya adalah membantu mempertahankan kehitamannya secara alami. Minyak kelapa dapat masuk secara mendalam ke kulit kepala dan rambut sehingga melindunginya dari berbagai macam kerusakan. Diantara salah satu tanda-tanda kerusakan pada rambut adalah pudarnya warna alami pada rambut. Jadi menggunakan minyak kelapa secara rutin berguna menghitamkan rambut secara alami, sekaligus mencegah munculnya uban.

 

8. Mengatasi rambut kering dan bercabang

Masalah rambut bercabang membuatnya terlihat tidak sehat dan rapuh. Rambut bercabang biasanya terjadi jika rambut mengalami kekeringan. Jadi rambut kering dan bercabang biasanya berjalan secara beriringan. Minyak kelapa hadir untuk membantu Anda mengatasi kedua masalah rambut tersebut. Sifat pelembab alami yang dimiliki oleh minyak kelapa akan mencegah kekeringan pada rambut yang juga menurunkan resiko masalah rambut bercabang.

Cara mengatasi rambut kering dan bercabang menggunakan minyak kelapa: Pijat rambut Anda dengan minyak kelapa hangat selama 5. Diamkan sekitar 1 jam kemudian bilas rambut kering Anda dengan air sampai benar-benar bersih. Lakukan dengan rutin dan konsisten agar masalah rambut kering dan bercabang yang Anda alami segera teratasi.

 

9. Meningkatkan sirkulasi darah

Peningkatan sirkulasi darah pada kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan rambut Anda. Minyak kelapa diperkaya dengan antioksidan penting yang juga berguna melindungi kerusakan pada rambut. Sedangkan kandungan vitamin E yang terdapat dalam minyak kelapa akan membuat rambut tampak lebih halus secara alami. Memijat kulit kepala menggunakan minyak kelapa akan meningkatkan sirkulasi darah yang itu artinya akan ada lebih banyak nutrisi dan oksigen yang akan mencapai folikel rambut Anda. Dengan kesemua manfaatnya tersebut menjadikan minyak kelapa sebagai bahan alami yang patut diperhitungkan untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan rambut Anda.

 

10. Memanjangkan rambut dengan cepat

Jika anda ingin memiliki rambut yang panjang dan sehat secara alami, menggunakan minyak kelapa bisa menjadi pilihannya. Hal ini dikarenakan salah satu manfaat minyak kelapa untuk rambut adalah membantu meningkatkan pertumbuhannya secara alami. Kandungan asam laurat dan nutrisi lainnya dalam minyak kelapa berguna meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut. Sedangkan nutrisi lainnya termasuk polifenol dan asam lemak membantu mencegah kerusakan rambut.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat menggunakan minyak kelapa sangatlah mudah. Langkah pertama hangatkan minyak kelapa terlebih dahulu dengan cara memasukkannya ke dalam microwive (jangan terlalu lama). Setelah itu, aplikasikan ke rambut Anda hingga merata. Tunggu sekitar 15 menit lalu bilas sampai bersih.

Dari sekian banyak manfaat minyak kelapa untuk rambut di atas, mana yang menurut anda paling mengagumkan?. Tentu ada banyak alasan bagi anda untuk menggunakan minyak kelapa sebagai bahan perawatan rambut. Karena selain murah minyak kelapa juga memiliki tingkat keefektifan cukup baik dalam mengatasi berbagai macam masalah rambut.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →