Kandungan minyak zaitun

6 Kandungan minyak zaitun serta manfaatnya untuk kesehatan

Makanan sehat
Kandungan minyak zaitun
image: pixabay.com

Kandungan minyak zaitun serta manfaatnya untuk kesehatan yang luar biasa, salah satu diantaranya adalah mencegah penyakit kanker dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Minyak zaitun adalah minyak sehat yang diekstrak dari buah zaitun. Minyak ini sangat terkenal sekali terutama sebagai produk kecantikan wajah. Selain digunakan sebagai produk kecantikan wajah, minyak zaitun juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang sangat banyak tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya yang juga cukup melimpah.

Kandungan nutrisi minyak zaitun

Berikut beberapa fakta kandungan minyak zaitun yang membuatnya menjadi salah satu minyak sehat:

1. Mengandung vitamin E

Kandungan nutrisi dalam minyak zaitun yang pertama adalah vitamin E. Vitamin ini dikenal karena memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Maka tidak heran jika penggunaan minyak zaitun sebagai produk kecantikan sangat populer sekali. Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai masker wajah secara rutin untuk mendapatkan kulit cantik Idaman anda.

2. Kaya akan omega 3 dan 6

Salah satu nutrisi yang dikandung oleh minyak zaitun adalah omega 3 dan 6. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam meningkatkan kesehatan otak. Bahkan omega-3 diketahui dapat mencegah beberapa masalah mental seperti depresi dan kecemasan berlebih. Umumnya orang yang mengalami gangguan mental disarankan untuk mengambil suplemen makanan yang mengandung omega 3. Jadi dengan mengkonsumsi minyak zaitun anda akan membantu memenuhi kebutuhan omega 3 harian sehingga akan terhindar dari berbagai macam masalah mental.

Selain omega-3, salah satu kandungan minyak zaitun yang cukup baik adalah omega-6. Sama halnya dengan omega 3, Omega 6 ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan selama dikonsumsi dengan jumlah yang tepat atau tidak berlebihan. Konsumsi makanan yang mengandung tinggi Omega 6 seperti minyak zaitun diketahui dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan mengurangi lemak di hati.

Bukan hanya itu, asupan omega-6 yang cukup dari makanan seperti beberapa jenis ikan dan minyak zaitun juga berguna meningkatkan kecerdasan otak. Jadi minyak zaitun sangat baik sekali dikonsumsi oleh anak yang dalam masa pertumbuhan.

3. Mengandung vitamin K

Kandungan minyak zaitun yang selanjutnya adalah vitamin K. Vitamin K dikenal berguna membantu proses pembekuan darah sehingga saat seseorang terluka maka kemungkinan terjadi pendarahan bisa diminimalisir. Jadi, sangat disarankan bagi Anda yang sedang ingin menjalani prosedur bedah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin K termasuk juga minyak zaitun. Selain membantu mencegah pendarahan di luar, minyak zaitun juga berguna mengurangi resiko pendarahan di dalam misalnya saat terjadi benturan atau sejenisnya.

Selain dapat menghentikan pendarahan, ternyata manfaat lain vitamin K yang mungkin belum Anda ketahui adalah mencegah penyakit kanker. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal Of Clinical Nutrition telah menemukan bahwa vitamin K dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker. Jadi, rutin mengkonsumsi minyak zaitun akan sangat berguna sekali dalam mengurangi resiko penyakit mematikan yang satu ini.

4. Mengandung HDL atau lemak baik

HDL merupakan jenis lemak baik atau lawan dari LDL. Tingginya kandungan HDL dalam minyak zaitun berperan penting dalam menekan LDL atau lemak buruk. Perlu Anda ketahui jika LDL yang tinggi di dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga masalah pada kardiovaskular. Jadi sangat penting sekali untuk menjaga keseimbangan antara HDL dan LDL di dalam tubuh. Untuk itu salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah rutin mengkonsumsi minyak zaitun yang diketahui membantu meningkatkan kadar HDL dalam darah.

5. Mengandung senyawa menguntungkan

Salah satu yang membuat manfaat minyak zaitun untuk kesehatan sangat banyak adalah terdapatnya beberapa senyawa penting di dalamnya. Diantara beberapa senyawa tersebut mampu mencegah kanker dan juga meningkatkan kesehatan pencernaan. Contoh senyawa menguntungkan di dalam minyak zaitun adalah hodroksitirosol. Senyawa ini diketahui bertindak sebagai antioksidan penting yang berguna mencegah pertumbuhan sel kanker.

Sedangkan senyawa lainnya yang terkandung dalam minyak zaitun yang berguna meningkatkan kesehatan pencernaan adalah Oleuropein aglycone dimana senyawa ini sangat bagus sekali untuk kesehatan usus. Jadi, untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah kanker maka tidak ada salahnya dengan rutin mengkonsumsi minyak zaitun.

6. Mengandung tinggi antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mencegah efek merugikan radikal bebas. Untungnya salah satu kandungan nutrisi minyak zaitun adalah antioksidan tersebut. Salah satu antioksidan yang didapat dari minyak zaitun adalah berasal dari vitamin A dan E yang ada di dalamnya. Keduanya berperan aktif dalam melindungi tubuh dari efek merusak radikal bebas yang mengarah pada penuaan dan penyakit kanker.

Nah demikian tadi beberapa informasi mengenai kandungan nutrisi minyak zaitun serta manfaatnya untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Perlu dicatat, bahwa minyak zaitun yang mengandung tinggi nutrisi hanyalah minyak zaitun yang memiliki kualitas tinggi, untuk itu pastikan anda memilih minyak zaitun yang memang benar-benar berkualitas agar manfaat yang didapat bisa maksimal.