Jumlah pemain basket dalam satu regu serta beberapa tugasnya

jumlah pemain bola basket
Jumlah pemain basket
image by pexels.com

Berapa jumlah pemain basket dalam satu regu? Semuanya akan dijawab lengkap dalam artikel berikut ini termasuk beberapa tugas pemain basket sekaligus posisinya.

Basket adalah olahraga yang sangat menyenangkan untuk bisa dimainkan. Olahraga basket sangat populer di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. Di Indonesia permainan basket mungkin tidak setenar sepak bola atau bulu tangkis tetapi olahraga ini juga cukup digemari terutama bagi para siswa ataupun mahasiswa.

Salah satu yang membuat permainan basket kurang begitu merakyat adalah lapangannya yang membutuhkan fasilitas yang cukup banyak. Selain itu, lapangan basket yang baik juga harus memiliki permukaan yang benar-benar rata agar bisa digunakan dengan baik.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas banyak hal mengenai permainan basket mulai dari jumlah pemain, sejarah awal permainan ini, serta beberapa tugas pemain basket. Langsung saja kita mulai membahas satu persatu olahraga basket. Sebelum kita mengetahui jumlah pemain basket dalam satu regu ada baiknya kita mencari tahu bagaimana sejarah awal mula permainan ini ditemukan.

Sejarah singkat permainan basket

Basket adalah olahraga yang ditemukan oleh James Naismith dimana olahraga ini awalnya dimainkan oleh beberapa siswa di YMCA atau Young Men’s Christian Association. 

Sebenarnya James Naismith menemukan permainan ini secara tidak sengaja saat dia ingat permainan masa kecilnya dimana dia melemparkan bola ke sebuah keranjang. Dari situ akhirnya Naismith mulai mengenalkan olahraga ini dan mulai membuat aturannya.

Permainan bola basket secara resmi dikenalkan ke publik pada tanggal 15 desember 1981. Tentu pada waktu itu permainan basket tidak seperti yang saat ini kita saksikan termasuk jumlah pemain dan sistem penskoran nya. 

Dengan dibuatnya aturan dalam permainan basket maka olahraga ini menjadi semakin menarik dan kompetitif sehingga layak untuk dipertandingkan. Akhirnya pada tahun 1892 tepatnya pada tanggal 20 Januari pertandingan basket untuk pertama kalinya digelar di tempat kerja james Naismith. Selengkapnya mengenai sejarah permainan basket bisa anda baca dalam artikel berikut: Sejarah bola basket dunia dan Indonesia serta perkembangannya

Jumlah pemain basket dalam satu regu

Seiring berjalannya waktu, permainan basket menjadi cukup populer sehingga ada banyak hal yang mulai dirubah dari sejak awal penemuannya. Selain, aturannya juga mulai diperbaharui sehingga membuat permainan bola basket menjadi semakin kompetitif.

Saat ini jumlah pemain basket dalam satu regu adalah 10 orang dengan rincian 5 pemain sebagai starter atau berada di lapangan dan 5 lainnya bertugas sebagai pemain cadangan. Aturan ini mengacu pada protokol yang telah dibuat oleh FIBA atau Federation Of International Basketball Association selaku federasi bola basket internasional.

Dalam permainan basket memiliki aturan yang sedikit berbeda dengan sepak bola di mana pemain yang sudah keluar diperbolehkan masuk kembali. Hal ini dikarenakan permainan basket memiliki ritme permainan yang sangat tinggi sehingga membuat pemain mudah lelah. Jadi aturan ini dibuat agar para pemain bisa bergantian dengan bebas.

Meskipun FIBA mengeluarkan aturan dimana secara umum jumlah pemain bola basket adalah 10 orang dalam satu regu, akan tetapi NBA memiliki peraturan berbeda. Dalam peraturan yang dibuat oleh NBA sebuah tim basket boleh memiliki hingga 12 pemain dalam satu regu.

NBA atau National Basketball Association (asosiasi bola basket Amerika Serikat) memang sering membuat peraturan sendiri dalam penyelenggaraan permainan bola basket di negara tersebut. Dan saat ini liga yang diselenggarakan oleh NBA merupakan salah satu liga terbesar di dunia. 

Beberapa tugas pemain basket

Dalam satu regu pemain basket yang berjumlah 5 orang tersebut memiliki tugas masing-masing sesuai dengan posisinya. Berikut beberapa tugas pemain basket yang perlu anda ketahui:

Center 

Center merupakan istilah untuk pemain basket yang berada di posisi garis pertahanan. Meskipun lebih condong bertahan pemain ini terkadang juga bisa menyerang dengan tembakan jarak jauhnya. 

Pemain basket yang berada di posisi center biasanya memiliki postur tubuh yang lebih tinggi diantara rekan-rekannya. Fisiknya juga kuat serta posturnya yang tinggi akan membuatnya lebih mudah dalam menghalau setiap serangan lawan. Permainan basket memang selalu menuntut kontak fisik sehingga pemain yang menempati posisi ini harus mereka yang kuat.

Power Forward

Power forward adalah pemain basket yang bertugas mengambil bola liar hasil dari tembakan lawan yang gagal. Posisi seorang power forward sangat penting sekali untuk mencegah lawan membombardir pertahanan. 

Seorang pemain yang bertugas sebagai power forward biasanya memiliki tinggi badan yang baik lantaran dia harus bertarung di udara untuk merebutkan bola liar. Setelah pemain ini mampu meraih bola, biasanya dia akan melemparkannya ke depan untuk membangun sebuah serangan.  Jadi serangan balik sebuah tim basket juga sangat ditentukan dari kemampuan pemain power forward tersebut. 

Small forward

Tugas atau posisi pemain basket yang selanjutnya adalah sebagai small forward. Small forward bisa dikatakan merupakan pemain basket yang multitasking atau allaround. Jadi dia tidak memiliki tugas atau posisi khusus. Seorang pemain yang bertugas sebagai small forward bisa membantu pertahanan atau pun menyerang.

Pemain dengan tugas ini secara umum memiliki tembakan yang baik sehingga dia bisa memberikan umpan kepada rekannya dengan akurat. Selain itu, seorang small forward juga harus memiliki kreativitas yang tinggi di lapangan basket untuk bisa menyerang atau bertahan.

Secara fisik seorang pemain yang berada di posisi small forward tidak harus memiliki tubuh yang besar atau tinggi akan tetapi dia harus lincah dan memiliki kemampuan mengumpan bola yang baik.

Shooting guard

Shooting guard adalah seorang pemain basket yang bertugas sebagai menembak jarak jauh. Dengan tugas tersebut tentu dia harus memiliki akurasi tembakan yang baik diantara pemain basket lainnya.

Seorang shooting guard terkadang juga disebut sebagai “sang penembak” lantaran tugasnya tersebut. Dia juga merupakan pemain yang cekatan serta memiliki konsentrasi yang baik untuk mencari celah saat ingin melakukan sebuah tembakan jarak jauh. 

Fisiknya tidak harus kuat atau tinggi, tapi bisa menyelinap disela sela lawan dan pastinya harus memiliki kemampuan lari yang cepat. 

Point guards

Jika dalam sepak bola kita memiliki playmaker maka di dalam olahraga bola basket kita mengenal istilah point guard. Pemain ini adalah ujung tombak utama yang merencanakan penyerangan sekaligus juga menyusun strategi bertahan.

Seorang pemain bola basket yang bertugas sebagai point guard biasanya secara fisik sedikit lebih kecil akan tetapi lincah dan bisa bergerak dengan cepat. Dia juga memiliki kemampuan dribble bola yang baik sehingga membuatnya tidak mudah dihentikan oleh lawan.

Untuk pemain yang bertugas sebagai point guard sebaiknya mereka adalah tipikal pemain yang paling baik dalam skill ball handling. Hal ini dikarenakan dia bertanggung jawab penuh terhadap proses menyerang dan bertahan di sebuah tim bola basket.

Irama permainan juga sangat ditentukan dari kemampuan seorang point guard ini dalam mengatur strategi untuk menyerang maupun bertahan. 

Pemain basket terbaik sepanjang masa

Sebagai informasi tambahan berikut beberapa daftar pemain basket terbaik sepanjang masa yang pernah tercatat dalam sejarah:

Michael jordan

Sebagai seorang penggemar permainan basket pastinya anda mengenal nama pemain yang satu ini. Michael jordan memang menjadi salah satu pemain basket paling berbakat. Kemampuan Jordan bukan hanya pada catatan statistiknya secara individu tetapi lebih kepada perannya di dalam tim. Jordan adalah pemain basket yang bersinar di era 90-an dan namanya masih dikenang hingga saat ini.

Bill russel

Bill russel merupakan salah satu bintang NBA di era 60-an. Pada waktu itu jumlah klub yang bertanding memang tidak begitu banyak tercatat hanya 9 klub saja yang bertanding di bawah naungan NBA.

Meskipun jumlah clubnya sedikit, akan tetapi kompetisi basket pada waktu itu cukup kompetitif dengan hadirnya beberapa pemain bintang. Karena masing-masing klub bola basket memiliki pemain bintang sendiri, maka penyebaran pemain masih sangat sehat. Dari beberapa pemain basket tersebut nama Bill Russel menjadi salah satu yang paling menonjol.

Leborn James

Dalam kurun waktu 15 tahun terakhir Leborn dianggap sebagai pemain bola basket terbaik di NBA. Yang membuat leborn menjadi salah satu pemain basket terbaik adalah karena dia memiliki kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya.

Selain itu, pemain basket yang satu ini juga bisa mendistribusikan bola dengan baik ke rekan-rekannya sehingga bisa menghidupkan permainan tim. Maka tidak heran jika Leborn James menjadi salah satu pemain terbaik sepanjang masa.

Magic johnson

Magic johnson adalah seorang pemain NBA yang memiliki nama asli Earvin Johnson Jr. Pemain bola basket asal Amerika ini menjadi salah point guard terbaik dalam sejarah NBA. Pada tahun 1992 Magic Johnson juga pernah membawa Amerika Serikat merebut medali emas di ajang olimpiade yang diadakan di Barcelona Spanyol.

Larry Bird

Mungkin nama Larry Bird masih sedikit asing bagi anda bahkan mungkin bagi pecinta olahraga bola basket sekalipun. Larry bird merupakan salah satu pemain basket yang cukup bersinar di eranya. Bahkan tercatat dia pernah 12 kali terpilih dalam NBA all-star games. 

Kareem Abdul Jabbar

Berbicara mengenai pemain bola basket terbaik sepanjang sejarah rasanya kurang lengkap jika tidak memasukkan nama pemain yang satu ini. Kareem Abdul-Jabbar merupakan seorang bintang olahraga basket yang pernah mencatatkan diri sebagai pencetak skor terbanyak di NBA yaitu 38.387. Bahkan di era tahun 80-an Kareem Abdul-Jabbar berhasil membawa klubnya Los Angeles Lakers merebut juara selama 6 kali. 

Wilt Chamberlain

Salah satu prestasi terbaik pemain bola basket yang satu ini adalah mencetak 100 poin dalam satu kali pertandingan saja. Rekor yang ditorehkan oleh Wilt Chamberlain ini sampai saat ini masih belum terpecahkan oleh pemain manapun.

Selain itu dirinya juga mencatatkan rekor sebagai satu dari kedua pemain yang mencatatkan 50 rebound dalam satu pertandingan. Tidak berhenti sampai di situ, Wilt juga berhasil mengoleksi 4.000 poin dalam satu musim. Dimana jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dalam sejarah kompetisi bola basket hingga saat ini.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →