Sejarah bola basket dunia dan Indonesia serta perkembangannya

Sejarah bola basket dunia
penemu bola basket
penemu bola basket

Basket merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di negeri Paman Sam. Olahraga ini telah menjadi salah satu jenis olahraga wajib di Amerika dan sebagian negara Eropa. Di Indonesia sendiri, permainan bola basket juga cukup diminati Meskipun tidak setenar bulutangkis atau sepak bola.

Lantas Tahukah Anda bagaimana sejarah awal mula permainan bola basket ditemukan? Berikut ulasan sejarah mengenai awal mula penemuan bola basket dan siapa penemunya.

Sejarah awal penemuan bola basket

Banyak sumber yang mengatakan bahwa permainan bola basket awalnya ditemukan oleh Dr James Naismith yang merupakan seorang guru olahraga di Kanada. Bola basket ditemukan oleh Naismith tepatnya pada tahun 1891 atau 4 tahun sebelum penemuan permainan bola voli oleh Morgan.

Pada waktu itu, sebelum penemuan bola basket awalnya Dr. Naismith melemparkan bola sepak ke dalam keranjang buah persik di sebuah tembok gedung olahraga. Setelah itu 3 tahun kemudian barulah bola basket untuk pertama kalinya dibuat, jadi hingga saat ini setidaknya bola basket pertama kali dibuat sudah 126 tahun.

Bola basket ditemukan oleh Naismith untuk memberikan kegiatan olahraga bagi siswa terutama di saat musim dingin. Permainan basket memang salah satu olahraga yang sering dilakukan di dalam ruangan. Meskipun permainan bola basket umumnya dilakukan di dalam ruangan akan tetapi olahraga yang satu ini juga bisa dilakukan di tempat outdoor.

Doktor Naismith menginginkan sebuah jenis olahraga yang dapat mengkombinasikan antara lari, melompat, ketangkasan tangan, sampai kecepatan mata. Dan akhirnya diciptakanlah bola basket sebagai jawaban dari olahraga yang diinginkan tersebut, nah dari sinilah sejarah bola basket dimulai

Seiring berjalannya waktu permainan bola basket menjadi lebih inovatif, atraktif serta adu strategi yang sangat menarik sekali untuk dipertandingkan. Selain itu, permainan bola basket juga semakin bisa mengeksploitasi anggota badan sehingga bisa bekerja dengan maksimal. Untuk membuat permainan bola basket menjadi semakin menarik telah dilakukan beberapa proses pergantian bola hingga seperti saat ini.

Bola basket yang pertama kali dibuat pada tahun 1893 awalnya berbahan karet bulat yang dilapisi oleh panel kulit yang dijahit. Di bagian dalam bola terlebih dahulu dibungkus dengan kain tipis sebelum ditempeli kantong karet. Bola inilah yang nantinya mengilhami bola basket setelahnya seperti yang bisa kita lihat sekarang ini.

Sejarah bola basket dunia

Permainan bola basket awalnya tumbuh dan berkembang cukup pesat di Amerika serikat dan Kanada. Bahkan pada waktu itu tim pertama yg telah dibentuk pada tahun 1892 tepatnya di Smith college. Setelah itu, kepopuleran bola basket terus meningkat hingga masuk ke berbagai universitas di Amerika serikat.

Banyak dari klub bola basket mulai dibentuk di berbagai perguruan tinggi dan mulailah diselenggarakan pertandingan bola basket. Pada tahun 1910 atas saran dari presiden Roosevelt sebuah asosiasi basket didirikan dengan nama Intercollegiate Athletic Association Of The United States. 

Sejarah bola basket dunia
image varsityblues.ca

Dan di tahun 1920-an para pemain basket telah mendapatkan banyak popularitas karena permainan ini semakin dikenal dan digemari banyak orang. Setelah memasuki beberapa universitas, kepopuleran permainan bola basket sudah mulai masuk ke sekolah-sekolah dan banyak tim dari sekolah yang telah membentuk klub bola basket.

Hingga pada tahun 1932, untuk pertama kalinya organisasi induk bola basket dunia dibuat oleh 8 negara yaitu Argentina, Portugal, Yunani, Cekoslowakia, Rumania Swiss dan Italia. Dengan dibentuknya federasi bola basket internasional tersebut telah menandakan bahwa olahraga ini sudah menyebar di seluruh dunia. Pada tahun 1936 permainan bola basket mulai masuk ke salah satu olahraga yang dipertandingkan di olimpiade. 

Di tahun 1946 asosiasi bola basket Amerika dibentuk dengan nama Basketball Association Of America. Salah satu tujuan dibentuknya asosiasi ini adalah untuk menaungi beberapa tim bola basket profesional yang ada di Amerika. Tetapi selang 3 tahun kemudian nama tersebut diubah menjadi Nasional Basketball Association atau yang kita kenal dengan NBA.

Seiring meningkatnya kepopularitasan permainan bola basket ada banyak nama-nama seperti Wilt Camberlain, Bill Russel, dan Bob Cousy yang membuat permainan bola basket menjadi semakin terkenal. Kemudian ada beberapa nama tenar lainnya seperti Larry Bird, Abdul Jabbar dan Magic Johnson yang dianggap mampu mengangkat popularitas permainan basket. Bahkan mereka dianggap sebagai legenda bola basket hingga saat ini.

Sejarah bola basket di Indonesia

Sejarah bola basket di Indonesia cukup panjang yang dimulai pada tahun 1920-an oleh para perantau dari negara Cina. Para perantau tersebut mengenalkan permainan bola basket yang sebelumnya sudah terkenal di negaranya. Orang-orang Tiongkok ini telah membuat sebuah komunitas sendiri bahkan mendirikan sebuah sekolahan, dimana di sekolah tersebut bola basket menjadi salah satu olahraga yang wajib dimainkan.

Sejarah bola basket di Indonesia
image okezone.com

Sehingga tidak mengherankan awal perkembangan bola basket di Indonesia lebih banyak didominasi oleh sekolah-sekolah yang didirikan oleh orang Tionghoa. Dan kebanyakan para pemain basket yang menonjol biasanya mereka berasal dari sekolah tersebut. 

Awal mula masuknya permainan bola basket ke indonesia

Sejarah bola basket di Indonesia berlanjut hingga pada tahun 1930-an. Pada waktu itu meskipun masih belum merdeka akan tetapi di Indonesia telah bermunculan klub-klub bola basket lokal. Dan setelah Indonesia mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 17 Agustus 1945 permainan bola basket semakin menyebar luas di seluruh penjuru kota termasuk di Solo dan Yogyakarta. 

Bahkan permainan bola basket telah mengikuti ajang PON 1 di Solo yang diselenggarakan pada tahun 1948, meskipun pada waktu itu permainan bola basket masih belum memiliki organisasi induk di Indonesia. Dalam event pertamanya, permainan bola basket tampaknya cukup mendapatkan apresiasi yang baik di tengah-tengah masyarakat. Bahkan permainan bola basket telah mendapatkan sambutan yang sangat meriah.

Awal terbentuknya organisasi bola basket Indonesia

Barulah pada tahun 1951 tepatnya pada tanggal 23 Oktober untuk pertama kalinya organisasi induk bola basket di Indonesia dibentuk dengan nama persatuan basketball seluruh Indonesia atau PBSI. Sesuai kaidah bahasa PBSI disebut sebagai Perbasi. Pada tahun 1953 Perbasi mulai masuk dalam anggota FIBA, dan 1 tahun setelahnya untuk pertama kalinya tim basket Indonesia mengikuti ajang Asian games di Manila.

Sejarah bola basket di Indonesia terus berlanjut tepatnya pada tanggal 3 April 1982 untuk pertama kalinya dalam sejarah di Indonesia diadakan pertandingan bola basket antara raja wali Jakarta melawan semangat Sinar Surya Yogyakarta. Pertandingan ini telah menandai dimulainya kompetisi bola basket di Indonesia untuk pertama kalinya. Dan klub bola basket pertama kali yang menjadi juara dalam ajang kobatama atau kompetisi bola basket utama tersebut adalah tim dari bola basket Indonesia muda Jakarta.

Sejarah pembuatan bola basket

Bola basket pertama kali dibuat oleh Naismith dengan bantuan temannya yang bernama Albert goodwill spalding. Perlu Anda ketahui bahwa Albert goodwill spalding merupakan seorang mantan pemain baseball profesional yang memiliki sebuah toko olahraga baseball. 

Di tokonya tersebut Albert biasanya memproduksi beberapa peralatan baseball termasuk sarung tangan baseball yang pertama kali dibuat pada tahun 1877. Selain itu, perusahaan Albert spalding tersebut juga membuat bola American football untuk pertama kalinya pada tahun 1887.

Image triviafeed.net

Pada tahun 1972 untuk pertama kalinya spalding dan bross (perusahaan pembuat peralatan olahraga) memperkenalkan sebuah bola basket yang berbahan kulit sintetis. Dan ketika NBA telah memasuki masa kejayaannya pada tahun 80-an maka secara resmi spalding dijadikan bola basket resmi yang sebelumnya menggunakan Wilson untuk bertanding.

Seiring kepopuleran bola basket yang semakin mendunia, dan digemari oleh segala usia maka bolanya pun mengalami banyak transformasi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti yang sudah kita ketahui saat ini bahwa bola basket memiliki banyak sekali jenis dan ukuran sesuai peruntukannya. Bola basket untuk anak-anak biasanya relatif lebih kecil akan tetapi biasanya ukuran ringnya relatif sama. Ada beberapa jenis bola basket diantaranya adalah:

Jenis-jenis bola basket

Bola basket mini 

Bola ini biasanya digunakan untuk anak usia 4 hingga 8 tahun. dikenal dengan mini basketball karena ukurannya sangat kecil. Ukuran lingkar dari bola basket ini hanya 56 cm dengan berat sekitar 280 gram.

Bola basket untuk anak-anak A

Bola basket ini umumnya memiliki ukuran sedikit lebih besar yaitu sekitar 65 cm dengan berat 400 gram. Bola basket dengan ukuran seperti ini biasanya diperuntukkan untuk anak usia 5 hingga 8 tahun dan bisa digunakan oleh laki-laki ataupun perempuan.

Bola basket untuk anak-anak B

Meskipun peruntukannya sama yaitu untuk anak-anak, bola basket ini memiliki ukuran sedikit lebih besar yaitu dengan diameter 70 cm dan berat 480 gram. Bola ini bisa dimainkan untuk anak-anak di usia 9 sampai 11 tahun dan bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan.

Bola basket untuk perempuan

Bola basket yang diperuntukkan bagi perempuan biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan laki-laki. Bola basket untuk perempuan umumnya memiliki lingkar 72 cm dan berat 570 gram. Bola ini secara resmi diperuntukkan bagi perempuan di tingkat perguruan tinggi atau sekolah menengah atas. Bahkan liga basket perempuan juga menggunakan bola ukuran 6 ini.

Bola basket untuk laki-laki

Bola basket untuk laki-laki dewasa di atas usia 15 tahun biasanya memakai jenis bola berukuran 7 dengan lingkar 75 cm dan berat 620 gram. Bola ini bisa digunakan untuk anak anak SMA, perguruan tinggi, atau pertandingan bola basket profesional.

Bola basket 3 x 3

Bola basket ini memiliki ukuran yang disesuaikan untuk bisa digunakan oleh laki-laki dan perempuan. Ukuran bolanya sendiri memiliki lingkar 72 cm dengan berat 620 gram. Secara umum bola basket jenis ini memiliki desain warna yang sedikit mencolok dibandingkan bola basket pada umumnya.

Bola basket indoor dan outdoor

Secara umum ada dua jenis bola basket tergantung dari peruntukannya. Bola basket yang digunakan untuk permainan indoor biasanya berbeda dengan bola basket yang digunakan dalam permainan outdoor. Meskipun demikian, secara umum kedua jenis bola basket ini memiliki konstruksi yang sama yaitu berupa balon tiup karet berada di bagian dalam kemudian ditutup oleh lapisan serat pada bagian luarnya.

Bahan penutup bola basket ini bermacam-macam, ada yang terbuat dari kulit asli, dan bahan sintetis atau kulit tiruan. Bahkan ada juga yang menggunakan materi campuran antara kulit sintetis dan karet. Di bagian luar, bola basket secara umum juga terdapat garis yang biasanya berwarna putih. Sedangkan untuk background atau dasarannya berwarna orange atau sedikit coklat.

Bola basket yang digunakan untuk permainan indoor biasanya berbahan kulit atau kulit sintetis dengan daya rekat yang baik. Bola jenis ini memungkinkan untuk lebih mudah digunakan dalam permainan indoor. Bola seperti ini relatif memiliki harga yang cukup mahal karena bahannya pun sangat berkualitas sehingga membuat bolanya enak untuk dimainkan.

Meskipun memiliki harga yang mahal, akan tetapi ternyata bola jenis ini tidak memiliki ketahanan yang lama dan akan cepat rusak apabila tingkat kelembabannya tidak dijaga terutama di dalam ruangan.

Sementara itu, untuk jenis bola yang digunakan di pertandingan outdor biasanya memiliki bahan luar karet dengan permukaan yang sedikit lebih kasar. Bola basket jenis ini relatif  lebih murah sekaligus tahan lama sehingga biasanya sering digunakan bahkan untuk permainan indoor sekalipun.

Meskipun demikian bola basket jenis ini sebenarnya kurang cocok saat digunakan di dalam ruangan karena memiliki daya rekat yang kurang baik. Untuk ukuran bola 3×3 biasanya harus memiliki syarat-syarat khusus yaitu bola harus tahan dengan air.

Seiring berkembangnya teknologi ternyata bola basket pun semakin lama juga mengalami beberapa perubahan. Perubahan ini tentunya untuk membuat bola basket semakin lebih mudah dan enak untuk dimainkan. Salah satu perubahan bola basket yang cukup mencolok adalah ukuran lubang dari pompa bola itu sendiri yang dulunya berukuran besar menjadi semakin kecil.

Sedangkan untuk material yang digunakan untuk membungkus bola basket juga disesuaikan dengan lantai yang digunakan. Dan perkembangan bola basket pun akan terus dilakukan seiring dengan kemajuan teknologi. Pada tahun 2006 perusahaan seperti spalding telah membuat bola yang diberi nama neverflat.

Bola ini bahkan telah digaransi oleh perusahaan tersebut untuk bisa bertahan tetap bulat sampai 1 tahun. Dengan demikian bola basket ini memiliki ketahanan 10 kali lipat dibandingkan dengan bola basket pada umumnya. Teknologi yang diterapkan dalam bola basket ini diyakini juga mampu mempertahankan tekanan di dalam bola agar tidak berubah-ubah.

Aturan warna pada bola basket

Untuk pewarnaan bola sendiri, FIBA telah membuat aturan pada tahun 2017 yang dituangkan dalam basketball equipment. Dalam aturan tersebut tepatnya pada pasal 7 FIBA mewajibkan bola basket harus memiliki warna orange. Warna kombinasi sebenarnya diperbolehkan asal memenuhi syarat dari FIBA, akan tetapi warna orange harus tetap ada.

Meskipun demikian, ada beberapa jenis warna khusus yang dilarang oleh FIBA seperti penggunaan pewarna AZO atau pigmen azote. Pignmen azote saat terjadi kontak dengan kulit dapat menciptakan warna-warna yang menarik. Jadi untuk menciptakan warna orange cerah biasanya pigmen ini akan ditambahkan pada bahan kulit. Akan akan tetapi ternyata FIBA melarang penggunaan pigmen tersebut lantaran disinyalir dapat menyebabkan kanker saat manusia terpapar dengannya. 

Saat ini memang untuk jenis warna bola basket yang di gunakan dalam permainan indoor tidak banyak variasinya. Kebanyakan warna yang digunakan tetap orange yang menjadi ciri khas dari bola basket itu sendiri. Tetapi untuk bola basket yang digunakan di ruangan terbuka biasanya memiliki kombinasi warna yang lebih banyak. Misalnya saja 3×3 telah menggunakan kombinasi warna biru serta kuning untuk warna dasar yang digunakan. 

Selain itu, terkadang banyak produsen bola basket juga telah berinovasi dengan menambahkan warna khas dari tim masing-masing untuk membuat warna dasar bola basket seperti halnya yang digunakan oleh merchandise tim-tim NBA.

Ukuran lapangan basket

Satu komponen penting yang tidak bisa terpisahkan dari permainan basket adalah lapangan yang digunakan. Lapangan bola basket secara umum memiliki bentuk persegi panjang dengan lebar 14 meter dan panjang 26 meter, ukuran ini merupakan standar yang diberikan oleh FIBA. 

Sedangkan NBA yang merupakan induk bola basket di Amerika memiliki ketentuan ukuran lapangan yang berbeda yaitu lebarnya 15 meter dan panjang 28,5 meter. Perbedaan ukuran lapangan basket ini sebenarnya bukan menjadi masalah yang serius mengingat NBA sering menetapkan aturan tersendiri yang di luar dari ketentuan FIBA.

Di dalam lapangan bola basket terdapat tiga buah lingkaran di mana setiap lingkaran memiliki diameter sekitar 3,6 meter. Panjang garis tengah yang terdapat dalam lapangan basket sekitar 1,8 meter dengan lebar garis berkisar 0,05 m. Untuk panjang pada bagian dari akhir lingkaran lapangan basket di daerah Serang biasanya memiliki ukuran 6 m. Sedangkan untuk cara panjang garis tembakan biasanya sekitar 3,6 meter.

Demikian tadi ulasan mengenai sejarah awal ditemukannya bola basket hingga sampai masuk ke Indonesia serta ukuran lapangan yang digunakan. Semoga informasi di atas semakin menambah wawasan Anda seputar olahraga basket ini.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →