Jumlah pemain bola voli dalam satu regu beserta posisinya

jumlah pemain bola voli dalam satu regu
jumlah pemain bola voli
image by wikimedia.org

Berapa jumlah pemain bola voli dalam satu regu atau tim? Serta apa saja tugas masing-masing dari mereka?. Semuanya akan diulas secara lengkap dalam artikel berikut.

Sekilas mengenai permainan bola voli

Bola voli adalah salah satu permainan yang membutuhkan sebuah tim atau regu untuk bisa bermain. Olahraga ini pada mulanya ditemukan oleh William G Morgan untuk sebuah organisasi yang disebut YMCA atau Young Men’s Christian Association.

Setelah ditemukan oleh morgan, permainan bola voli mulai menyebar di seluruh dunia. Ada banyak perubahan yang terjadi di olahraga bola voli mulai dari jumlah pemainnya sampai aturan main itu sendiri. 

Dulunya saat ditemukan pertama kali permainan bola voli masih bernama mintonette. Akhirnya untuk membuat olahraga ini semakin populer nama tersebut diganti menjadi volleyball. 

Dengan digantinya nama tersebut, akhirnya permainan bola voli menjadi semakin terkenal di seluruh dunia dan bahkan masuk ke Indonesia. Nah bagi anda penggemar permainan bola voli pastinya sudah tahu mengenai seluk-beluk permainan yang satu ini. 

Tetapi bagi anda yang mungkin masih baru mengenal olahraga bola voli tentu ingin tahu lebih banyak seputar permainan bola voli mulai dari ukuran lapangan, jumlah pemain, sampai peraturannya. Berikut jumlah pemain bola voli dalam satu regu beserta posisinya:

Jumlah pemain bola voli dalam satu regu

Setiap permainan pasti membutuhkan sebuah aturan di mana aturan tersebut biasanya dibuat oleh organisasi induk olahraga yang menaungi nya. Jika kita mengenal FIFA di dalam olahraga sepak bola maka untuk permainan bola voli induk organisasinya adalah FIVB atau Federation International De Volleyball.

Salah satu aturan yang dibuat oleh FIVB adalah jumlah pemain bola voli di mana dalam pertandingan internasional biasanya satu tim bola voli berjumlah 6 orang. Jumlah tersebut adalah pemain yang masuk di lapangan, sedangkan secara keseluruhan dalam satu tim bola voli biasanya membutuhkan 12 orang pemain termasuk cadangan. Ini merupakan jumlah standar dari pemain bola voli dalam satu regu.

Sedangkan jumlah pemain bola voli mini adalah 5 orang saja yang masuk ke dalam lapangan. Dengan jumlah pemain yang lebih sedikit tentu ukuran lapangannya pun juga lebih kecil dibandingkan dengan voli standar. Selain itu, ada lagi permainan bola voli pantai yang hanya membutuhkan 2 orang pemain saja dalam satu tim. 

Beberapa tugas pemain bola voli

Dalam permainan bola voli pemain memiliki tugas berbeda-beda tergantung dari posisinya. Berikut beberapa daftar tugas pemain bola voli lengkap beserta namanya:

Spiker

Dalam permainan bola voli kita mengenal istilah spiker atau orang yang ditugaskan untuk menyerang atau melakukan smash. Selain sebagai penyerang, terkadang seorang spiker juga bertindak sebagai defender yang itu artinya menahan serangan lawan dengan cara melakukan block.

Pemain yang bertugas sebagai spiker tentu harus memiliki tinggi badan yang ideal serta kemampuan yang baik dalam menyerang. Seorang spiker dalam permainan bola voli harus cepat serta kuat dalam memukul bola untuk menghasilkan smash yang tajam serta akurat.

Tosser

Jika dalam permainan sepak bola kita mengenal istilah playmaker untuk pemain yang bertugas mengatur strategi, maka di dalam permainan bola voli kia memiliki tosser. Tosser adalah pemain bola voli yang bertindak sebagai seorang yang mengatur jalannya pertandingan.

Dia akan memberikan komando kepada rekan-rekannya sekaligus memberikan umpan yang manis kepada spiker yang nantinya akan dikonversi menjadi sebuah smash. Pemain yang bertugas sebagai tosser harus cerdas sekaligus memiliki akurasi umpan yang baik agar memudahkan spiker untuk menyerang.

Libero

Jika anda melihat ada satu orang pemain voli yang mengenakan baju berbeda diantara pemain lainnya maka dia adalah libero. Jumlah pemain bola voli yang bertindak sebagai libero dalam satu tim biasanya hanya satu orang saja. 

Seorang libero biasanya memiliki tinggi badan yang sedikit lebih pendek diantara rekan setimnya. Meskipun demikian anda jangan salah, posisi seorang libero sangat penting sekali dalam permainan bola voli.

Dia bertugas sebagai penerima bola pertama yang nantinya akan diberikan kepada tosser. Postur tubuhnya yang lebih pendek akan memungkinkan pemain ini untuk lebih mudah dalam mengambil servis lawan. 

Secara umum seorang libero harus memiliki kemampuan passing yang di atas rata-rata karena tugasnya adalah menerima bola pertama dari servis lawan. Selain itu, seorang libero terkadang juga harus menahan smash dari pemain lawan saat spiker tidak mampu melakukan block di depan.

Pemain yang bertindak sebagai libero tidak diperkenankan untuk melakukan smash di depan, jadi tugasnya hanya di garis pertahanan saja. 

Peraturan singkat permainan bola voli

Secara umum olahraga bola voli dimainkan oleh 6 orang dalam satu regu sehingga total keseluruhan untuk memainkan olahraga yang satu ini adalah 12 orang. 

Untuk aturan skorsing dalam permainan bola voli secara umum menggunakan format 3 kali kemenangan atau maksimal 5 set. Masing-masing set biasanya terdiri dari 25 poin, akan tetapi terkadang jumlah tersebut bisa bertambah jika masing-masing tim berada pada skor imbang 24-24.

Jika hal ini terjadi maka akan diadakan dua tambahan poin hingga salah satu dari masing-masing tim bisa mengungguli lawannya dengan selisih 2 poin. Peraturan voli lengkap sesuai standar Nasional dan Internasional

Larangan bagi pemain bola voli

  • Seorang pemain bola voli harus melakukan servis dari belakang garis.
  • Seorang pemain tidak diperkenankan menyentuh net entah itu dengan sengaja atau tidak saat pertandingan berlangsung.
  • Saat melakukan smash atau blok tangan pemain tidak boleh masuk ke area lawan.
  • Dalam permainan bola voli smash harus dilakukan dengan satu tangan dan tidak boleh menggunakan dua tangan.
  • Pemain yang bertugas sebagai libero tidak diperbolehkan maju ke depan untuk melakukan smash.
  • Pemain bola voli tidak diperkenankan memasuki area pertahanan lawan.
  • Pemain belakang melakukan smash di area serang.
  • Pemain yang keluar masuk kembali dan menempati posisi yang tidak semestinya (bukan posisi awal)
  • Seorang pemain voli memukul bola dua kali secara beruntun¬†
  • Seorang pemain mengulur-ngulur waktu dengan cara memperlama proses melakukan servis.
  • Seorang pemain tidak diperkenankan menendang bola menuju ke area lawan (yang diperbolehkan hanya mengambil bola dengan kaki)
  • Seorang pemain dilarang melempar atau menangkap bola karena bola seharusnya dipukul.

Pemain bola voli terbaik dalam sejarah

Ada banyak pemain bola voli yang memiliki talenta serta kemampuan yang di atas rata-rata dari pemain lainnya. Berikut beberapa daftar pemain bola voli terbaik sepanjang masa:

Giba

Giba adalah seorang pemain bola voli berkebangsaan Brazil di mana nama asli pemain ini adalah Giberto Amaury De Godoy Filho. Pemain voli asal Brazil ini menjadi salah satu yang terbaik sepanjang masa dan telah membawa Brazil memenangi beberapa kejuaraan bola voli dunia. Giba telah membawa timnya juara liga dunia sebanyak 8 kali kan tiga3 kali juara super liga.

Hugo conte

Hugo conte merupakan seorang pemain bola voli asal Argentina yang cukup terkenal di masa kejayaannya. Saat berada di tim bola voli Italia Hugo Conte pernah membawanya merebut gelar juara Eropa Liga Champions pada tahun 1984. Sedangkan untuk negaranya Hugo Conte pernah ikut membawa tim bola voli Argentina merebut kejuaraan dunia di tahun 1988.

Jimmy George

Jimmy George selalu masuk daftar pemain bola voli terbaik sepanjang masa. Pemain bola voli berkebangsaan India ini menjadi satu-satunya pemain India yang memiliki karir voli profesional paling gemilang.

Jimmy george pernah mendapat penghargaan Arjuna Awards di usianya yang masih belia yaitu 21 tahun. Selain itu, pada tahun 1975 dan 1976 Jimmy juga mendapat penghargaan Manorama Awards untuk kategori Sport Man terbaik di kerala. 

Demikian tadi ulasan mengenai daftar jumlah pemain bola voli dalam satu regu serta beberapa posisi pemain yang perlu anda ketahui.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →