Jumlah pemain softball, ukuran lapangan dan aturan mainnya (Lengkap)

Jumlah pemain softball
Jumlah pemain softball
image www.teamusa.org

Jumlah pemain softball termasuk posisi yang ditempatinya beserta informasi seputar ukuran lapangan dan aturan mainnya legkap. Softball adalah salah satu jenis olahraga yang sekilas hampir mirip dengan kasti di Indonesia. Permainan ini sangat populer di Amerika serikat dan telah dikembangkan sejak tahun 1887 oleh seorang berkebangsaan Amerika bernama George Hancock. 

Permainan softball merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup unik dan juga menarik untuk dimainkan. Jika di Indonesia olahraga ini mirip dengan kasti, di Amerika sendiri ada olahraga yang hampir sama yaitu baseball. Bagi yang ingin tahu lebih banyak mengenai olahraga softball mari kita mencari tahu apa sih olahraga yang satu ini.

Sekilas mengenai olahraga softball

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai jumlah pemain softball, serta hal-hal terkait seputar olahraga ini sebaiknya kita kenalan terlebih dahulu dengan permainan softball. 

Softball sekilas hampir mirip dengan olahraga baseball akan tetapi menggunakan bola yang memiliki diameter sedikit berbeda. Sebenarnya permai softball adalah sebuah transformasi dari baseball sehingga aturan mainnya hampir sama.

Permainan softball dimulai saat seorang pelempar atau pitcher melemparkan bola ke arah pemukul menggunakan sebuah kayu atau tongkat. Biasanya dalam permainan softball terdapat dua regu, satu regu bertindak sebagai pemukul dan yang lainnya adalah bagian yang menjaga.

Kedua tim softball ini masing-masing akan mengumpulkan angka sebanyak mungkin dari pukulan bola yang sukses, tangkapan, serta proses mengintari tiga seri marka atau yang disebut base. 

Sejarah permainan softball

Permainan softball sebenarnya awalnya diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang reporter bernama George Hancock di Cicago. Awalnya pada waktu itu terjadi sebuah pertandingan American football antara Yale University melawan Harvard yang disaksikan oleh para alumni dari kedua universitas tersebut. 

Ketika para alumni tersebut mendengar pengumuman bahwa Yale University yang keluar sebagai pemenang akhirnya secara spontan salah satu dari mereka melemparkan sebuah sarung tinju ke arah pendukung Harvard. Dan secara reflek pendukung Harvard memukulkan sebuah tongkat ke arah sarung tinju tersebut.

Dari sini akhirnya George Hancock yang merupakan seorang reporter di Chicago berinisiatif untuk membuat olahraga yang mirip dengan kejadian tersebut. Akhirnya dibuatlah permainan softball yang cara mainnya adalah memukul bola dengan tongkat yang dilempar oleh pemain lawan.

Jumlah pemain softball dalam satu regu

Softball adalah sebuah permainan atau olahraga yang mempertandingkan 2 tim di mana masing-masing mereka ada yang bertindak sebagai pemukul dan pelempar bola.

Jumlah pemain softball dalam satu regu adalah 9 orang. Di mana dari ke 9 pemain tersebut memiliki tugas masing-masing sesuai dengan keahliannya. Biasanya salah satu dari mereka akan ditunjuk sebagai kapten yang bertugas mengkoordinir rekan-rekannya.

Beberapa posisi dan tugas pemain softball

Setelah kita mengetahui jumlah pemain softball sekarang kita akan mencoba mencari tahu apa tugas mereka beserta namanya. Beberapa daftar tugas serta posisi pemain softball:

Pitcher

Di dalam permainan softball ada 1 orang pemain yang bertugas sebagai pitcher. Pitcher dalam permainan softball juga sering disebut sebagai pelambung karena tugasnya yaitu melempar bola. 

Seorang pitcher harus memiliki lemparan yang kuat agar bola yang dilempar tidak mudah dipukul oleh lawan. Selain memiliki kemampuan melempar yang kuat, seorang pitcher juga harus tepat sasaran karena dia tidak boleh sembarangan dalam melempar. Bola yang dilempar oleh pitcher harus bisa ditangkap dengan baik oleh rekannya atau catcher.

Catcher

Catcher merupakan seorang pemain softball yang bertugas menangkap bola. Posisi pemain ini biasanya berada di belakang home base. Seorang catcher harus bisa menangkap bola dari pitcher yang gagal dipukul oleh lawan. Jadi pemain softball yang berada di posisi ini harus benar-benar cekatan dan memiliki kemampuan refleks yang baik.

Baseman

Dalam olahraga softball ada pemain yang bertugas menjadi seorang baseman atau penjaga base. Setidaknya dalam permainan softball ini ada 3 base yang harus dijaga oleh masing-masing pemain. Istilah bagi mereka adalah first baseman second baseman dan third baseman. 

Sesuai namanya tugas mereka adalah menjaga masing-masing base, misalnya first baseman seseorang yang bertugas menjaga base pertama. Sedangkan second baseman adalah seorang pemain softball yang bertugas menjaga base kedua. Dan third baseman adalah seorang pemain yang ditugaskan menjaga base ketiga.

Short stop

Short stop adalah pemain softball yang bertugas membantu penjaga base atau baseman. 

Fielder

Ada tiga orang yang bertugas sebagai fielder yaitu right fielder center fielder dan left fielder. Right fielder artinya adalah seorang pemain yang bertugas menjaga di sebelah kanan. Sedangkan center fielder adalah seorang pemain yang bertugas menjaga di bagian tengah. Sedangkan left fielder sesuai namanya adalah pemain yang ditugaskan menjaga bagian kiri.

Tipe permainan softball

Permainan softball dibagi menjadi tiga tipe atau jenis. 3 tipe permainan softball ini sangat berbeda terutama dari ukuran lapangan serta cara kerjanya. Berikut beberapa daftar tipe permainan softball yang perlu Anda ketahui:

Slow pitch softball

Slow pitch softball merupakan salah satu permainan softball yang relatif lebih mudah dimainkan. Permainan softball tipe ini sangat cocok dimainkan oleh pemula lantaran cara mainnya yang lebih mudah. Saat memainkan permainan softball jenis ini seorang pitcher akan melemparkan bola dengan  sedikit dilambungkan agar lebih mudah untuk dipukul. Sekilas permainan ini hampir mirip dengan kasti jika di Indonesia.

Fast pitch softball

Fast pitch softball sesuai namanya merupakan sebuah permainan softball yang memiliki intensitas cukup tinggi. Dalam permainan softball jenis ini seorang pitcher akan melemparkan bola sekuat tenaga dan sebisa mungkin tidak dapat dipukul oleh lawan. Sekilas permainan softball di bawah ini sama dengan baseball akan tetapi perbedaannya terletak pada gaya saat melempar di mana dalam permainan softball bola akan dilepaskan sama dengan posisi glove atau lebih randah.

Modified pitch softball

Modified pitch softball adalah perpaduan antara Fast pitch softball dan slow pitch softball. Permainan ini dikhususkan bagi mereka yang ingin mulai belajar softball dan sudah cukup mahir untuk bisa bermain slow pitch softball. 

Sebenarnya secara aturan main tidak jauh berbeda dengan softball biasa akan tetapi biasanya lemparan bola juga agak sedikit lebih lambat tetapi tidak dilambungkan seperti halnya slow pitch softball. Selain itu, lamanya waktu serta jarak antar marka juga relatif lebih dekat karena memang permainan softball jenis ini diperuntukkan bagi pemula.

Peraturan softball

Seperti olahraga lainnya dalam permainan softball tentu ada sebuah aturan yang telah ditetapkan oleh induk organisasi softball internasional atau ISF International Softball Federation. Berikut beberapa aturan main dalam permainan softball yang perlu diketahui:

Peraturan umum

  • Hampir mirip dengan permainan sepak bola untuk menentukan tim mana yang akan menjadi penyerang dan bertahan ditentukan dengan cara melempar koin.
  • Sebuah tim yang tidak hadir dalam pertandingan softball akan dinyatakan kalah dan lawannya akan diberikan nilai 7.
  • Permainan softball paling tidak dilakukan sejumlah 7 inning
  • Dalam permainan softball setidaknya terdapat 4 orang wasit. 1 orang bertindak sebagai wasit kepala yang berada di belakang katcher. Dan ketiga lainnya berada di masing-masing marka.
  • Jika terjadi out untuk yang ketiga kalinya dan pemain baru berhasil mencapai base satu maka nilai tidak akan dihitung.

Aturan khusus

  • Seorang pitcher yang sudah siap melempar bola atau melakukan Touch ball tidak diperbolehkan untuk melakukan gerakan lainnya atau melepaskan bola tersebut. Jadi pemain softball yang bertugas sebagai pitcher dilarang melakukan tipuan saat melempar bola.
  • Pergantian pemain dalam permainan softball bisa dilakukan kapan saja tapi harus sepengetahuan Empire atau wasit.
  • Biasanya hukuman yang diberikan kepada tim yang melanggar adalah berupa freewalk.

Ukuran lapangan softball

Dalam permainan softball salah satu komponen yang paling penting adalah keberadaan lapangan itu sendiri. Softball adalah olahraga yang menggunakan sebuah lapangan berbentuk bujur sangkar. Lantas berapa ukuran lapangan softball standar? Berikut rinciannya:

  • Lapangan softball biasanya memiliki panjang antara 16,76 hingga 18,29 meter
  • Jarak dari marka pelari  atau home base hingga ke posisi pelempar atau pitcer’s plate sekitar 13,07 m.
  • Ukuran tempat pelempar dalam permainan softball: 60 X 15 cm.
  • Di dalam permainan softball setidaknya ada 3 tempat pemberhentian atau base yaitu: Base 1, 2 dan 3
  • Di dalam pangan softball ada sebuah home base (home plate) yaitu tempat pemain memukul bola.
  • Ukuran Home Base tersebut biasanya berkisar : 38 X38 cm yang memiliki bentuk bantal dengan ketebalan antara 5 sampai 12,5 cm.
  • Sedangkan untuk ukuran Home platenya sekitar : 43 X 22 cm, dan segi puncaknya yaitu 30 cm.

Jarak lintasan antar marka

  • Untuk lintasan Fast Pitch berjarak sekitar 60 kaki atau 18,29 meter
  • Untuk lintasan Slow Pitch berjarak antara 60 kaki sampi 65 kaki  atau setara dengan 19,81 meter

Jarak melempar pitching atau fast pitch yaitu

Bagi dewasa:

  • Untuk kategori Puteri yaitu 43 kaki  atau setara 13,11 m
  • Untuk kategori Putera yaitu 46 kaki  atau setara dengan 14,02 m

Bagi usia di bawah 18 tahun:

  • Untuk kategori Puteri yaitu 35-40 kaki  atau 12,19 m
  • Untuk kategori Putera yaitu 46 kaki  atau 14,02 m

Bagi usia di bawah 15 tahun:

  • Untuk kategori Puteri yaitu 35-40 kaki  atau sama dengan 12,19 m
  • Untuk kategori Putera yaitu 46 kaki  atau sama dengan 14,02 m

Rincian Jarak melempar pitching atau slow pitch yaitu

Bagi usia dewasa

  • Untuk kategori Puteri yaitu 50 kaki  atau 15,24 m
  • Untuk kategori Putera yaitu 50 kaki  atau 15,24 m

Bagi usia di bawah 18 tahun

  • Untuk kategori putri  yaitu 50 kaki  atau sekitar 15,24 m
  • Untuk kategori Putera yaitu 46 kaki atau sekitar 14,02 m

Bagi usia di bawah 15 tahun

  • Untuk kategori Puteri yaitu 50 kaki  atau sekitar 15,24 m
  • Untuk kategori Putera yaitu yaitu 46 kaki  atau sekitar 14,02 m

Demikian tadi beberapa ulasan mengenai jumlah pemain softball serta aturan mainnya yang mungkin masih belum Anda ketahui.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →