Ini dia 10 ikan paus terbesar di dunia, dengan berat 200 ton

Fauna

Daftar ikan paus terbesar di dunia dimana yang terbesar ukurannya hampir sama dengan badan pesawat Boeing dengan berat hampir 200 ton. Paus merupakan salah satu hewan terbesar yang ada di muka bumi. Beberapa jenis paus bahkan memiliki ukuran sebesar badan pesawat sehingga menjadikannya sebagai salah satu monster laut. Laut memang menyimpan banyak misteri tidak terkecuali juga hewan yang hidup di dalamnya. Salah satu hewan yang memiliki ukuran raksasa adalah ikan paus. Penasaran ikan paus terbesar di dunia itu segede apa? berikut ulasannya untuk anda:

Daftar ikan paus terbesar di dunia

1. Paus minke

paus minke
paus minke

Paus minke memiliki warna hitam keabu-abuan gelap, terkadang sedikit terlihat keunguan. Paus minke termasuk dalam kategori Paus balin yang artinya tidak memiliki gigi. Paus minke dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar dimana pembagian ini berdasarkan habitat mereka. Kedua jenis paus minke tersebut adalah paus minke utara dan Antartika. Paus minke dapat hidup hingga usia 50 tahun dan mampu menyelam ke dalam air hingga 20 menit tanpa menghirup udara. Paus minke dewasa memiliki berat sekitar 8 hingga 13 ton dengan panjang mencapai 10 meter. Secara umum paus minke berada di perairan pesisir dan lepas pantai, dimana mamalia ini lebih suka berada di garis lintang yang lebih dingin dan lebih tinggi selama musim panas.

2. Paus Bryde

paus Bryde
Bryde’s whale feeding, © Nathan Meadows

Paus bryde banyak ditemukan di daerah lepas pantai Afrika selatan tetapi terkadang juga ditemukan di tempat-tempat seperti Meksiko, Karibia, dan California. Paus bryde bisa mencapai ukuran besar hingga 25 ton dan panjang hampir 50 kaki. Paus bryde biasanya terlihat hanya sepasang, meskipun mereka terkadang terlihat dalam kelompok yang lebih besar saat mencari makan.

3. Paus bungkuk

Paus bungkuk
image via commons.wikimedia.org

Paus bungkuk atau Megaptera novaeangliae merupakan jenis ikan paus terbesar di dunia yang selanjutnya. Paus jenis ini memiliki ukuran panjang hingga 15 meter dengan berat mencapai 35 ton. Paus bungkuk memiliki ukuran sirip yang panjang, lebih panjang dibandingkan jenis paus balin lainnya. Meskipun memiliki ukuran yang sangat besar paus bungkuk adalah hewan yang ramah dan tidak pernah menyakiti manusia. Bahkan tercatat paus jenis ini pernah menolong seorang penyelam yang hampir diserang oleh hiu. Paus bungkuk bisa ditemukan di seluruh samudra di dunia sehingga penyebarannya lebih luas.

4. Paus abu-abu

paus abu-abu
image via kdrv.com

Dinamakan paus abu-abu karena salah satu jenis ikan paus terbesar di dunia ini memang memiliki warna abu-abu. Paus abu-abu rata-rata dapat tumbuh hingga 36 ton dengan panjang mencapai 15 meter. Sama halnya dengan paus kepala busur paus abu-abu tidak memiliki sirip pada bagian punggung mereka. Sebagai gantinya paus abu-abu memiliki banyak benjolan di sepanjang punggung mereka. Paus abu-abu betina secara umum memiliki ukuran lebih besar dibandingkan paus abu-abu jantan. Paus abu-abu betina biasanya jauh lebih agresif saat menyusui anaknya sehingga beberapa orang menyebutnya sebagai paus iblis karena keganasannya saat anaknya diganggu.

5. Paus sei

paus sei
image via www.worldwildlife.org

Paus sei adalah ikan paus terbesar di dunia yang masih sejenis dengan paus balin atau balaenoptiidae. Paus sei adalah salah satu jenis paus keluarga balin terbesar. Paus sei memiliki warna abu-abu gelap dengan alur putih di sepanjang bagian bawah. Paus sei bisa tumbuh hingga berat 45 ton dengan panjang mencapai 66 kaki atau setara 20 meter. Sama dengan paus biru paus sei juga menyukai makanan kecil seperti krill dan Plankton untuk mengencangkan perutnya. Dalam sehari paus jenis ini dapat menghabiskan hingga 900 kg atau 2000 pon makanan. Paus sei tergolong sebagai hewan yang dilindungi dan terancam punah diakibatkan oleh perburuan besar-besaran pada abad ke-19 dan abad ke-20. Hingga saat ini diperkirakan ada sekitar 238.000 ekor paus yang masih tersisa.

6. Paus sperma

paus sperma
image via www.flickr.com

Paus sperma adalah jenis paus bergigi terbesar di dunia. Paus jenis ini bisa tumbuh hingga ukuran panjang 20 meter dengan berat hingga 50 ton lebih. Paus sperma memiliki ukuran otak sangat besar dibandingkan dengan mamalia laut lainnya. Bahkan hingga sepertiga dari paus sperma adalah bagian kepala. Paus sperma memiliki kepala kotak sehingga beberapa orang menyebutnya sebagai paus kepala kotak. Paus sperma biasanya hidup secara berkelompok dimana dalam kelompok tersebut terdiri dari beberapa jantan dewasa, betina dan anak-anak.

Pada dasarnya paus sperma bisa ditemukan hampir di seluruh lautan di dunia meskipun paus jenis ini jarang ditemukan di daerah Arktik. Seperti halnya jenis ikan paus terbesar lainnya paus sperma menyukai lautan yang dalam di lepas pantai. Meskipun demikian paus sperma terkadang juga bisa ditemukan di daerah yang lebih dekat dengan daratan dengan ketentuan memiliki kedalaman lebih dari 200 meter.

7. Paus sirip

gambar paus sirip
gambar paus sirip

Memiliki ukuran yang sangat besar menjadikan paus sirip sebagai salah satu jenis ikan paus terbesar di dunia. Paus sirip dewasa bisa tumbuh dengan panjang mencapai 26 meter dengan berat sekitar 63 ton. Sekilas paus sirip memiliki tubuh yang hampir mirip dengan paus biru sehingga orang awam biasanya sedikit sulit untuk membedakannya dengan paus biru. Salah satu ciri-ciri dari paus sirip yang paling utama adalah paus jenis ini memiliki ukuran tubuh lebih ramping dibandingkan paus biru. Selain itu, paus sirip juga memiliki warna yang sedikit berbeda di mana pada bagian atas paus sirip memiliki warna coklat kehitaman.

Paus sirip adalah jenis ikan paus yang suka menyendiri sehingga jarang sekali ditemukan secara berkelompok. Meskipun demikian, beberapa jenis paus sirip terkadang lebih menyukai berada dengan kelompok kecil mereka yang terdiri dari 4 hingga 7 ekor paus sirip. Paus sirip dapat ditemukan di Samudra Atlantik, Hindia Pasifik dan Arktik.

8. Paus kepala busur

paus kepala busur
image worldwildlife.org

Disebut paus kepala busur karena paus jenis ini memiliki kepala seperti busur dengan warna hitam dan dagu berwarna putih. Paus kepala busur tidak memiliki sirip pada bagian atas hanya terdapat dua benjolan di punggung mereka. Paus kepala busur dikenal sebagai salah satu ikan paus terbesar di dunia karena dapat mencapai panjang hingga 20 meter dengan berat maksimal sekitar 80 ton. Paus kepala busur adalah salah satu jenis paus yang memiliki usia cukup panjang yaitu sekitar 100 tahun.

Paus kepala busur memiliki lapisan lemak yang sangat tebal untuk menghangatkannya dari perairan arktik yang sangat dingin. Bahkan, lapisan lemak yang terdapat dalam daging paus kepala busur mencapai 70 cm. Paus ini dapat menerobos dengan kedalaman 1 kaki untuk membuat lubang pernapasan.

9. Paus sikat

paus sikat
paus sikat

Paus sikat atau juga disebut sebagai right soutern whale termasuk kelompok paus yang sering melakukan perjalanan ke daerah mereka sendiri untuk bereproduksi. Paus sikat dapat mencapai berat hingga 80 sampai 100 ton dengan panjang hingga 18 meter. Selain ukurannya yang sangat besar paus sikat juga memiliki gerak yang sangat lambat sehingga sangat mudah sekali untuk ditangkap. Kepala paus sikat sangat besar hingga mencapai sepertiga dari total panjangnya.

10. Paus biru

fakta paus biru
image via cdn.britannica.com

Paus biru merupakan mamalia terbesar yang pernah hidup di muka bumi. Paus biru merupakan hewan dengan ukuran yang sangat fantastis di mana mamalia laut ini memiliki berat yang pernah tercatat mencapai 180 ton, dan diperkirakan dapat tumbuh hingga 200 ton. Paus biru memiliki panjang sekitar 30 meter atau setara dengan 98 kaki. Jantungnya saja mencapai ukuran 1 buah mobil keluarga atau dengan berat hingga 700 kg. Bahkan dikatakan ukuran pembuluh darah paus biru dapat digunakan untuk berenang oleh orang dewasa.

Dengan ukuran yang sangat besar tentu paus biru membutuhkan banyak sekali makanan setiap harinya. Perlu Anda ketahui jika paus biru bisa mengkonsumsi hingga 40 juta krill atau sekitar 5 ton udang kecil yang menjadi makanan favoritnya. Pada dasarnya ikan paus biru bisa ditemukan di daerah dengan suhu rendah meskipun kadang-kadang paus jenis ini juga berada di perairan hangat.

Paus biru akan mulai bereproduksi saat berusia sekitar 10 tahun dan akan mengandung seekor anak ikan paus selama kurang lebih 10 bulan. Induk ikan paus biru akan terus menjaga anaknya hingga mencapai usia 7 bulan. Anak ikan paus biru membutuhkan hingga 100 galon susu setiap harinya.

Demikian tadi daftar 10 ikan paus terbesar didunia, semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda.