Paus sperma: fakta unik, kehidupan dan habitatnya

paus sperma
paus sperma
image via www.flickr.com

Sekilas mengenai paus sperma

Paus sperma atau physeter macrocephalus merupakan salah satu jenis paus terbesar di dunia. Paus sperma dewasa dapat tumbuh hingga mencapai panjang 20 meter dengan berat sekitar 57 ton. Paus sperma juga memiliki otak terbesar dibandingkan dengan hewan lainnya. Paus ini memiliki kepala kotak sehingga nama lain dari paus sperma adalah paus kotak. Kepala dari paus sperma memiliki panjang hampir sepertiga dari total panjang tubuhnya. Nama macrocephalus yang disematkan pada paus sperma memiliki arti kepala besar.

Paus sperma juga memiliki lubang sembur yang sedikit berbeda dibandingkan dengan jenis paus lainnya yaitu berada dibagian samping. Karena ciri khas kepalanya yang besar pula yang membuat paus sperma sangat mudah dikenali. Paus sperma memiliki punuk yang besar pada bagian belakang yang diikuti oleh serangkaian benjolan kecil. Paus sperma memiliki warna coklat gelap kebiruan yang berkerut dan tergores. Paus sperma jantan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan paus betina. Kepala besar yang terdapat pada paus sperma mengandung rongga besar, organ spermaceti, dan juga lilin yang disebut minyak spermaceti.

 

Kehidupan paus sperma

Paus sperma hidup secara berkelompok yang terdiri dari jantan dewasa, betina, dan anak-anak. Saat anak paus sperma sudah memasuki usia dewasa mereka akan membentuk sebuah kelompok paus jantan bujang. Dimana rata-rata usia mereka sekitar 7 Hingga 27 tahun. Paus sperma jantan yang memiliki usia lebih tua biasanya akan membentuk sebuah kelompok kecil untuk mencari pasangannya pada musim kawin. Satu kelompok paus sperma biasanya terdiri dari 10 sampai 15 ekor.

Paus sperma akan menggunakan ekolokasi untuk menemukan mangsanya di kedalaman lautan yang gelap. Saat mencari makan, paus sperma akan mengeluarkan gelombang suara kuat yang dipancarkan kepala besar mereka. Suara ini dapat membuat stun atau bahkan membuat cumi-cumi, gurita dan ikan yang menjadi makanannya menjadi mati. Pasu jenis ini dapat menyelam hingga kedalaman 3.000 meter (hampir 2 mil) yang dapat bertahan selama 2 jam. Hal Ini merupakan salah satu penyelaman terdalam yang bisa dilakukan oleh spesies mamalia laut.

Paus sperma jantan mencapai kematangan pada usia 10 tahun tetapi biasanya mereka tidak mulai kawin sebelum berusia sekitar 19 tahun dengan panjang 13 meter. Sedangkan paus sperma betina dikatakan dewasa saat mencapai usia 7 hingga 11 tahun, dan memiliki panjang sekitar 9 meter. Biasanya satu anak paus sperma lahir antara bulan Juli dan November setelah periode kehamilan sekitar 16 bulan. Sama dengan paus beluga proses menyusui dari paus sperma biasanya berlangsung hingga dua tahun. Paus sperma betina akan melindungi anak-anak mereka dengan mengadopsi formasi marguerite defensif. Formasi ini akan menempatkan anak paus sperma di bagian tengah kelompok yang dikelilingi oleh lingkaran paus deawasa.

 

Habitat paus sperma

Paus sperma biasanya banyak ditemukan di semua lautan di seluruh dunia, kecuali Arktik yang tinggi. Meskipun kebanyakan dari jenis paus sperma merupakan penghuni laut terbuka di daerah lepas pantai, tetapi kadang-kadang mereka juga terlihat lebih dekat ke darat. Dengan ketentuan bahwa laut tersebut memiliki kedalaman lebih dari 200 meter. Ini terjadi di perairan tropis sampai daerah sub kutub.

 

Fakta unik paus sperma

  • Dinamakan sebagai paus sperma karena di dalam kepala paus jenis ini banyak terdapat sperma yang biasanya dicari oleh para pemburu.
  • Paus sperma dapat menyelam di kedalaman hingga 3.000 meter yang merupakan salah satu penyelaman terdalam yang dilakukan oleh mamalia.
  • Pada saat melakukan penyelaman sedalam itu, paus sperma akan menahan nafas hingga 90 menit sampai 2 jam.
  • Muntahan dari paus sperma yang disebut ambergris merupakan bahan pembuat parfum yang harganya bisa mencapai milyaran.
  • Pada tahun 2016 lalu seorang nelayan asal Oman, Khalid Al Sinani mendadak kaya raya setelah menemukan muntahan paus sperma dengan berat mencapai 60kg. Perlu Anda ketahui jika 1kg ambergris tersebut dihargai hingga 35 ribu USD atau 455 juta (1 dollar = Rp. 13.000).