14 Fungsi dan manfaat vitamin B6 untuk kesehatan

Nutrisi
manfaat vitamin B6
image from organicfacts.net

Fungsi dan manfaat vitamin B6 untuk kesehatan dan berbagai proses penting di dalam tubuh kita. Vitamin B6 ( yang juga diberi label sebagai Pyridoxine) sebenarnya bukan hanya vitamin sederhana. Penamaan vitamin B6 sendiri sebenarnya adalah nama pengganti generik untuk enam senyawa. Tiga dari dari senyawa tersebut adalah sebagai berikut: pyridoxine (PN), yang merupakan alkohol, pyridoxal (PL), yang merupakan aldehida, dan pyridoxamine (PM), yang mengandung gugus amino.

Senyawa yang tersisa dalam vitamin B6 terdiri dari 5′-fosfat ester dari tiga senyawa pertama: pyridoxine 5 ′ fosfat (PNP), pyridoxal 5 ′ phosphate (PLP), dan pyridoxamine 5 ′ phosphate (PMP). Pada manusia, bentuk ekskretoris primer vitamin B6 adalah asam 4-pyridoxic (4-PA); di sisi lain, PMP dan PLP juga ditemukan dalam jaringan hewan, dan makanan yang berasal dari tumbuhan terutama yang mengandung PN dan PNP.

Vitamin B6 dapat membantu melakukan sejumlah tugas. Contohnya PMP dapat mempengaruhi metabolisme asam amino, dan PLP melakukan hal yang sama, selain membantu memetabolisme karbohidrat, lipid, dan unit satu-karbon. Umumnya, dalam bentuk koenzim, Pyridoxine terlibat dalam lebih dari 100 reaksi enzim yang berbeda terutama yang menangani metabolisme protein.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat vitamin B6 untuk kesehatan, mari simak ulasannya berikut ini:

1. Membantu mencegah depresi

Kekurangan asupan vitamin B6 telah dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi sejumlah penelitian mengungkap bahwa defisiensi Pyridoxine atau vitamin B6 bisa menyebabkan peningkatan gejala depresi. Sedangkan penelitian yang lain mengungkap bahwa mencukupi kebutuhan vitamin B6 memiliki dampak yang positif terhadap pengurangan risiko depresi dan masalah mental lainnya pada pria dan wanita.

2. Membantu mengurangi kecemasan

Manfaat vitamin B6 untuk kesehatan lainnya yang tak kalah penting adalah membantu meningkatkan kesehatan mental sekaligus mengurangi kecemasan berlebih. Kecemasan berlebih menjadi salah satu masalah mental yang dapat mengganggu kondisi kejiwaan seseorang. Karena diantara salah satu fungsi vitamin B6 adalah mensintesis serotonin maka asupan vitamin B6 akan mengobati kecemasan yang terkait dengan gangguan mental.

3. Meningkatkan fungsi kognitif

Penelitian telah mengungkap bahwa kurangnya asupan vitamin B6 dari makanan ataupun suplemen dapat meningkatkan resiko penurunan kognitif. Hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan penyakit lainnya. Dalam sebuah kelompok penelitian menunjukkan bahwa vitamin B6 bermanfaat meningkatkan fungsi kognitif sehingga secara signifikan mampu mengurangi kadar serum total homosistein. Meskipun mendapatkan asupan vitamin B6 dari makanan sangat direkomendasikan akan tetapi anda boleh mengambil suplemen jika kesulitan mendapatkan makanan yang mengandung sumber vitamin B6.

4. Meningkatkan kualitas tidur anda

Mendapatkan kualitas tidur yang baik sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. Anda bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dengan meningkatkan asupan vitamin B6 dari makanan yang anda konsumsi. Bagi anda yang memiliki masalah dengan susah tidur akan sangat merasakan manfaat vitamin B6 yang satu ini. Kemampuan vitamin B6 dalam mempermudah tidur dikarenakan vitamin jenis ini mampu meningkatkan gairah kortikal selama gerakan mata.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Memiliki kulit yang sehat menjadi dambaan setiap wanita di seluruh dunia tidak terkecuali anda pastinya. Kulit yang indah alami bisa anda dapat dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur syarat asupan vitamin B6 yang cukup. Kekurangan vitamin B6 dapat mempengaruhi pematangan kolagen yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit. Kolagen merupakan komponen penting yang berguna meningkatkan elastisitas dan peremajaan kulit anda. Penelitian melaporkan bahwa meningkatkan asupan vitamin B6 dapat memiliki dampak positif pada kesehatan kulit secara keseluruhan.

6. Berguna mengendalikan histamin di dalam tubuh

Histamin sendiri merupakan sebuah zat kimia yang diciptakan oleh sel di dalam tubuh kita saat mengalami reaksi alergi atau infeksi. Histamin diketahui dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan termasuk sakit kepala. Cara yang baik untuk mengontrol histamin adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B6. Secara keseluruhan vitamin B6 memainkan peran penting dalam mensintesis histamin sekaligus membantu enzim yang dapat memecahnya.

7. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat vitamin B6 yang selanjutnya adalah menjaga kestabilan berat badan. Menjaga keseimbangan berat badan akan membantu anda terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan. Selain melakukan diet sehat mencukupi asupan vitamin B6 harian anda juga berperan penting dalam menjaga kestabilan berat badan. Selain membantu mempertahankan berat badan ideal vitamin B6 juga berguna membentuk masa otot yang itu sangat baik sekali untuk aktivitas anda.

8. Mengurangi gejala sindrom pramenstruasi

Pra menstruasi Sindrom atau (PMS) merupakan fenomena yang umum diderita oleh para wanita. Gejala pra menstruasi sindrom ini kadangkala juga mengganggu seorang wanita seperti kelelahan yang sangat perubahan mood iritabilitas dan retensi cairan. Untuk mengurangi tingkat keparahan gejala pms wanita direkomendasikan meningkatkan asupan vitamin B6 melalui suplemen atau makanan yang dikonsumsi. Meskipun manfaat vitamin B6 untuk mengurangi gejala PMS sudah terbukti, akan tetapi seberapa besar tingkat keefektifannya masih perlu dilakukan penelitian secara mendalam.

9. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Orang yang mengalami komplikasi pencernaan seperti penyakit radang usus atau sindrom iritasi usus biasanya memiliki kadar vitamin B6 yang rendah dalam tubuh mereka. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya memenuhi kebutuhan vitamin B6 harian anda. Bahkan pasien yang memiliki kadar vitamin B6 rendah di dalam tubuh mereka mengalami gejala masalah pencernaan yang lebih buruk dibandingkan yang lainnya. Manfaat vitamin B6 untuk kesehatan ini diperoleh dari kemampuannya dalam mengatur kesehatan gastrointestinal sehingga sistem pencernaan dapat berfungsi dengan baik.

10. Menyeimbangkan kadar gula darah

Keseimbangan kadar gula darah perlu dijaga dengan baik karena jika kadar gula darah tidak terkontrol maka resiko penyakit diabetes menjadi lebih tinggi. Untungnya diantara manfaat vitamin B6 untuk kesehatan adalah membantu menstabilkan kadar gula darah yang pada gilirannya akan mencegah penyakit diabetes. Penelitian menunjukkan pasien diabetes yang diberikan vitamin B6 dengan dosis 150 mg per hari selama 6 minggu mengalami penurunan tingkat hemoglobin terglikosilasi (HbA1c).

11. Membantu mencegah anemia

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B6 ternyata dapat meningkatkan resiko anemia. Dengan kata lain jika anda ingin mencegah anemia maka hal yang harus anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B6. Anemia bukan hanya dapat menyebabkan kelelahan dan pusing kepala, tetapi terkadang juga dapat menyebabkan suasana hati yang buruk.

12. Mengurangi gejala awal kehamilan

Beberapa gejala awal kehamilan memang cukup mengganggu. Meskipun kadang dianggap lumrah gejala awal kehamilan seperti morning sickness pada kenyataannya akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil. Anda bisa mengurangi tingkat keparahan gejala tersebut dengan asupan vitamin B6 yang cukup dari makanan ataupun suplemen. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin B6 anda akan mengalami pengurangan tingkat keparahan mual dan muntah. Vitamin B6 bahkan dianggap memiliki tingkat keefektifan sama dengan jahe dalam hal mengurangi morning sickness.

13. Membantu mengurangi nyeri

Nyeri kronis kadang sering dialami oleh mereka yang memiliki kadar vitamin B6 yang rendah dalam tubuh mereka. Beberapa penelitian berusaha menemukan seberapa baik vitamin B6 dapat membantu mengelola rasa sakit.

Kekurangan vitamin B6 juga dikaitkan dengan resiko beberapa masalah seperti migrain dan CTS (Carpal tunnel syndrome). Meskipun sejumlah penelitian menemukan bahwa kekurangan vitamin B6 tidak memiliki koneksi langsung dengan CTS, akan tetapi kekurangan vitamin B6 telah berhubungan langsung dengan peningkatan rasa sakit CTS tersebut.

14. Meningkatkan kesehatan tulang

Penelitian mengungkap bahwa rendahnya kadar vitamin B6 terbukti berkontribusi besar terhadap kepadatan mineral tulang yang rendah. Hal ini tentunya dapat meningkatkan resiko patah tulang dan penyakit osteoporosis. Selain itu defisiensi vitamin B6 juga dapat mengurangi jumlah sel limfosit dan neutrofil (granulosit) di dalam tubuh yang kemudian akan menyebabkan defisiensi sumsum tulang.