Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya. Yuk, Simak Ulasannya!

manfaat daun bidara dan cara menggunakannya

manfaat daun bidara dan cara menggunakannya

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya – Salah satu daun yang juga berkhasiat dan mempunyai banyak manfaat adalah bidara. Daun ini sangat bermanfaat untuk kesehatan hingga kecantikan. Bidara merupakan pohon yang seringkali hidup di tempat kering.

Pohonnya mempunyai banyak cabang dan berduri. Daunnya berbentuk lonjong dan berwarna hijau. Selain itu, buah bidara juga dapat dikonsumsi. Penasaran apa saja manfaat daun bidara dan cara menggunakannya? Yuk, langsung saja simak ulasan yang caraprofesor.com ulaskan dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menggunakannya yang Wajib Anda Ketahui

1. Mengatasi Masalah Susah Tidur

Insomnia ternyata dapat diredakan dengan memanfaatkan daun bidara. Daun ini mempunyai kandungan saponin yang dipercaya dapat memberikan efek menenangkan. Anda dapat mengonsumsi daun bidara untuk mengatasi susah tidur dan meningkatkan kualitas tidur pada malam hari.

2. Daun Bidara dapat Meredakan Depresi

Efek menenangkan yang ada pada daun bidara juga bermanfaat untuk meredakan depresi. Jika perasaan terus menjadi khawatir dan susah berpikir dengan jernih, tak ada salahnya mencoba mengonsumsi daun ini. Cukup minum air rebusan daun bidara saat perasaan tengah tidak tenang atau tak karuan.

3. Mengobati Penyakit Ringan Karena Bakteri dan Virus

Daun bidara juga mengandung antibakteri. Inilah yang membuat daun ini dapat membantu mengobati sakit ringan dikarenakan virus dan bakteri. Biasanya, orang yang tengah flu akan lebih cepat pulih seandainya mengonsumsi daun bidara. Mau coba?

4. Mengatasi Masalah Haid

Banyak alasan mengapa haid seseorang bermasalah. Ada yang dikarenakan hormon, ada juga karena efek kesehatan lainnya. Sedangkan jika masalahnya ada di hormon, maka daun bidara dapat menjadi solusi untuk membantu menangani masalah haid. Daun ini dapat melindungi keseimbangan hormon, sangat baik dikonsumsi untuk memperlancar haid.

5. Membantu Melawan Penuaan Kulit

Daun bidara juga mempunyai banyak kegunaan untuk kecantikan. Tanaman ini mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari berbagai macam aspek berbahaya.

Antioksidan yang ada di daun ini juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput, noda wajah, dan lainnya. Dengan memakai masker daun bidara secara rutin, maka kulit juga dapat lebih bercahaya dan awet muda.

6. Daun Bidara dapat Membersihkan Jerawat dan Bisul

Daun ini dikenal dapat mengobati bisul dan membersihkannya tanpa ada bekasnya. Ini juga berlaku untuk masalah wajah seperti jerawat, ruam, dan terbakar matahari.

Kandungan anti-inflamasi yang ada di daun bidara memberi efek menyejukkan bagi kulit. Tak ada salahnya mencoba memanfaatkan daun ini untuk menangani masalah jerawat Anda.

7. Membantu Meremajakan Kulit

Produk minyak daun bidara dapat membantu menghalau kotoran, mengangkat sel kulit mati, dan bintik hitam di wajah. Kandungan vitamin C dalam daun ini mempunyai sifat antioksidan dan mempunyai peran penting dalam sintesis kolagen.

Khasiat vitamin C di daun ini membantu Anda melindungi kulit dari cahaya UV dan menjadikan kulit lebih sehat, cerah, dan awet muda.

manfaat daun bidara dan cara menggunakannya

Sumber: alfikeer.com

Cara Menggunakan Daun Bidara:

Daun ini dapat digunakan dalam berbagai macam bentuk. Yang pertama adalah merebus daun yang masih segar dan langsung mengonsumsinya. Untuk 1 gelas air, Anda dapat merebus kira-kira 7 lembar daun bidara.

Bisa juga ditumbuk dan dijadikan obat oles. Tumbuk daun hingga halus dan oleskan ke area luka atau jerawat. Lakukan dengan teratur dan lihat perubahan yang terjadi. Daun ini juga dapat dikeringkan dan dijadikan teh. Anda dapat memberikan madu atau rasa lain untuk citarasa yang berbeda.

Selain itu, daun bidara juga ada yang sudah bersifat ekstrak minyak. Nantinya, Anda dapat memakai minyak ini untuk langsung dioles ke area yang diinginkan. Itulah berbagai manfaat daun bidara dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Menjaga Kesehatan Tubuh. Baca Yuk!