10+ Cara menjadi orang sukses dengan pengembangan diri

cara menjadi orang sukses
Cara menjadi orang sukses
image pxhere.com

Cara menjadi orang sukses melalui pengembangan diri serta tips agar kesuksesan anda lebih bermakna untuk kehidupan dunia dan Akhirat.

Dunia saat ini semakin berkembang dari era tradisional menuju ke arah modernisasi. Untuk bisa mengikuti laju modernisasi kita sebagai manusia juga harus berkembang untuk meraih kesuksesan. Perkembangan manusia ini biasanya bisa terjadi lantaran bertambahnya usia seseorang. Seiring bertambahnya usia kebanyakan orang akan menjadi lebih dewasa dan memiliki kepribadian yang lebih baik.

Tetapi tidak jarang ada orang yang seiring bertambahnya usia kedewasaannya kurang berkembang serta pengetahuannya pun tidak banyak berubah. Orang seperti ini biasanya lebih mengikuti arus kehidupan saja, yang penting dia nyaman melakukan sesuatu maka dia akan melakukannya terus-menerus tanpa mengetahui efek negatif atau positif yang akan didapatnya. Jika ingin menjadi orang yang sukses Anda tidak boleh seperti ini, Anda harus berkembag, maju, dan berusaha memperbaiki diri.

Bagi Anda yang ingin menjadi orang yang lebih baik tentu bertambahnya usia seharusnya akan membuat anda menjadi orang yang lebih dewasa, berkepribadian baik, tanggung jawab, serta memiliki wawasan yang luas. Hal ini bisa dilakukan jika seseorang mencoba untuk mengembangkan diri mereka untuk meriah sebuah kesuksesan.

Siapa itu orang yang sukses?

Kesuksesan merupakan sesuatu yang diimpikan oleh banyak orang. Tapi tahukah anda siapa orang yang sukses sebenarnya?.

Tentu melihat sebuah kesuksesan harus dipandang dari segala sisi. Jadi anda jangan menganggap bahwa kesuksesan hanya berbentuk sebuah materi saja. Setidaknya kesuksesan bisa dimaknai sebagai sebuah kebahagiaan yang sebenarnya.

Iya karena kesuksesan merupakan sebuah kebahagiaan jadi mungkin tolak ukurnya akan berbeda-beda pada masing-masing orang. Setiap orang pasti memiliki kesuksesannya masing-masing tergantung dari cita-cita hidupnya. 

Sebagai seorang muslim kesuksesan bukan hanya berhenti pada kebahagiaan hidup di dunia tetapi juga di akhirat. Karena kebahagiaan yang sesungguhnya bagi seorang muslim adalah saat dia bisa hidup bahagia sampai ke akhirat.

Jadi singkatnya orang sukses adalah orang yang menjalankan perintah agamanya dengan baik serta menjauhi setiap larangannya. Meskipun dia terlihat kurang beruntung di dunia. Untuk keduniaan kesuksesan biasanya diukur dari beberapa hal diantaranya adalah:

Kemakmuran atau kesejahteraan

Orang yang sukses biasanya adalah orang yang memiliki kehidupan yang sejahtera serta makmur. Tidak harus kaya tetapi semua kebutuhan hidupnya bisa tercukupi dengan baik. 

Ketenangan dalam hidup

Ketenangan dalam hidup merupakan sesuatu yang sangat mahal sekali. Ketenangan ini tidak bisa dibeli dengan uang dan pastinya juga tidak semua orang akan bisa menikmatinya. Orang yang kaya tidak bisa dikatakan sukses jika dia tidak memiliki ketenangan di dalam hidupnya.

Kebahagiaan

Kebahagiaan merupakan sebuah puncak dari kesuksesan yang sebenarnya. Bersyukur merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk memperoleh sebuah kebahagiaan. Jadi orang yang paling sukses adalah orang yang bisa bersyukur.

Tercapainya sebuah cita-cita dalam kehidupan

Ini merupakan salah satu tolak ukur kebanyakan orang untuk mencapai sebuah kesuksesan. Kebanyakan orang menganggap bahwa kesuksesan seseorang bisa didapat ketika dia mampu meraih sebuah cita-cita dalam hidupnya. Jadi sekali lagi kesuksesan setiap orang pastinya akan berbeda-beda tergantung dari apa yang dicita-citakan dalam hidupnya.

“Kesuksesan akan bisa diraih ketika anda benar dalam menentukan sebuah cita-cita.”

Pengertian pengembangan diri

Menurut Mc Clelland pengembangan diri merupakan sebuah usaha dari seseorang untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan untuk mencapai sebuah kesuksesan. 

Sedangkan pengertian pengembangan diri menurut Abraham maslow merupakan sebuah usaha dari seseorang untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi dirinya. Kebutuhan aktualisasi ini sebenarnya merupakan sebuah kebutuhan puncak dari sekian banyak kebutuhan seseorang.

Singkatnya pengembangan diri merupakan sebuah upaya seseorang untuk meningkatkan kemampuan yang dia miliki untuk meraih sebuah kesuksesan atau cita-cita yang hendak dicapai. Beberapa tips berikut ini diketahui dapat membantu anda dalam pengembangan diri untuk menjadi orang yang sukses: 

Cara menjadi orang sukses

orang sukses

Lebih mendekatkan diri pada sang pencipta

Bagi seorang muslim kesuksesan apapun harus terus berlanjut hingga sampai di akhirat. Tidak ada gunanya kita sukses di dunia akan tetapi di akhirat sengsara. Oleh sebab itu cara utama untuk mengembangkan diri menjadi orang yang lebih baik adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah Tuhan sang pencipta.

Mendekatkan diri pada sang pencipta akan membuat kita lebih tenang serta percaya diri, dan ini merupakan sebuah modal mentalitas yang sangat berharga bagi setiap individu yang ingin meraih sebuah kesuksesan. 

Orang yang memegang prinsip agamanya dengan baik dia tidak akan pernah takut dengan apapun selama tidak melanggar aturan agamanya. Dia tidak akan merasa khawatir karena dia sudah tahu ada dzat yang bisa dimintai pertolongan. 

Selain itu orang yang menjalankan agamanya dengan baik akan lebih memahami bahwa kesuksesan di dunia sebenarnya hanya menjadi batu loncatan untuk mencapai kesuksesan di akhirat. Sehingga kalaupun dia belum berhasil di dunia masih ada harapan untuk meraih sebuah kesuksesan di akhirat. Kepercayaan ini tentunya akan membuat orang tidak mudah patah semangat dan akan terus berjuang untuk mencapai sebuah kesuksesan yang hakiki.

Jika ingin sukses hentikan kebiasaan buruk anda

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk entah itu yang dia sengaja atau tidak. Jika anda ingin mengembangkan diri menjadi orang yang sukses maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengetahui kebiasaan buruk tersebut lalu perlahan mencoba untuk menghentikannya.

Salah satu contoh kebiasaan buruk yang perlu Anda hilangkan adalah malas. Bagi sebagian orang malas memang menjadi masalah paling utama dalam kehidupan mereka. Rasa malas akan menghambat banyak hal dalam kehidupan termasuk karir serta kesuksesannya.

Oleh sebab itu jika anda mencoba untuk mengembangkan diri cobalah menghentikan sifat malas ini. Untuk melakukannya mungkin membutuhkan waktu yang tidur sebentar. Untuk itu cobalah memulai Dengan mengerjakan sesuatu yang mungkin sedikit malas Anda lakukan. 

Jika anda sudah mulai menguasai sifat malas  maka yakinlah anda akan menjadi orang yang lebih baik. 

Orang yang sukses itu biasanya konsisten

Konsistensi itu sangat penting terutama dalam meraih sebuah kesuksesan dalam hidup. Kebanyakan orang yang sukses mereka adalah orang yang paling bisa konsisten dalam mengerjakan pekerjaannya. Dengan konsisten akan membuat anda lebih fokus pada satu tujuan yang telah anda rencanakan sebelumnya.

Tapi perlu Anda ingat bahwa konsistensi harus disertai juga dengan perhitungan sebelumnya, serta kesiapan yang matang sebelum melakukan sebuah pekerjaan. Karena jika tidak tentu akan sangat sulit bagi anda untuk konsisten.

Selain itu, melakukan evaluasi juga sangat penting sekali untuk menunjang konsistensi anda. Setelah melakukan sebuah evaluasi pada pekerjaan yang telah anda lakukan anda bisa menentukan apakah harus tetap mengerjakannya atau menghentikannya. 

Jadi makna konsistensi bukan hanya sekedar terus melakukan sesuatu tanpa adanya evaluasi. Konsistensi itu memang penting tetapi perubahan rencana terkadang diperlukan jika anda merasa pekerjaan tersebut memang tidak layak untuk diteruskan.

Buatlah visi yang jelas dalam kehidupan anda

Orang yang sukses biasanya memiliki sebuah visi yang jelas dalam kehidupannya. Jadi proses pengembangan diri yang paling utama adalah menentukan visi dari hidup anda terlebih dahulu. Jadi anda tidak bisa meraih kesuksesan hanya dengan mengikuti arus saja tanpa adanya pegangan yang kuat berupa visi.

Untuk membuat anda konsisten dalam mewujudkan visi yang telah anda rencanakan tidak ada salahnya untuk menuliskannya. Menuliskan visi atau cita-cita ternyata sangat berpengaruh besar dalam menghidupkan harapan anda untuk segera meraihnya. Selain itu menuliskan sebuah visi juga akan membuat anda selalu ingat tujuan hidup anda.

Orang yang sukses tidak pernah berhenti belajar

Jika anda merasa menjadi orang yang pintar dan tidak perlu belajar lantaran sudah menempuh pendidikan formal maka anda akan menjadi orang yang merugi. Kehidupan ini sangat kompleks dan anda perlu terus belajar untuk bisa mengarunginya.

Semua hal di dunia ini terus berkembang dan Anda harus mengikuti perkembangan tersebut dengan cara banyak belajar. Belajar tidak harus berada di kelas tetapi anda bisa dengan memperbanyak membaca buku. Dengan tidak berhenti belajar dan terus menambah wawasan maka akan membuat anda menjadi orang yang berkembang dan terus maju menuju kesuksesan.

Selain itu salah satu cara untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik adalah dengan banyak bergaul. Memperbanyak teman bergaul terutama dengan orang-orang yang baik akan sangat membantu Anda menuju kearah yang lebih baik pula. 

Ketahui bakat Anda untuk meraih kesuksesan

Cara menjadi orang sukses selanjutnya adalah dengan mengetahui bakat yang anda miliki. Bakat merupakan sebuah kelebihan yang anda miliki di mana kelebihan tersebut merupakan kekuatan dari diri Anda. Salah satu cara mengetahui bakat diri sendiri adalah dengan mempelajari apa yang anda sukai dan apa yang Anda benci.

Contoh yang paling mudah jika Anda menyukai ilmu pasti, seperti matematika itu artinya bakat anda mungkin menjadi seorang programmer atau di bidang sains. Dan biasanya anda kurang berbakat di bidang desain, karena desain memiliki penilaian yang sangat relatif dan jauh berbeda dengan ilmu pasti seperti halnya matematika.

Tetapi untuk mengetahui bakat Anda secara pasti tentu bukan hanya melihat dari satu sisi. Ada banyak hal misalnya saja dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang anda miliki. Hal Ini salah satunya bisa anda lakukan dengan cara meminta pendapat orang lain.

Orang sukses tidak mudah menyerah

Untuk meraih kesuksesan tentu tidaklah mudah sehingga mungkin akan ada banyak rintangan yang harus anda hadapi. Oleh sebab itu cobalah untuk tidak mudah menyerah. Sebuah kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat harus didapat dengan sebuah kerja keras serta semangat yang tinggi dan pastinya perlu perjuangan yang tidak mudah.

Tapi tenang saja meskipun kelihatannya berat jika anda bisa melaluinya satu demi satu ujian yang ada di depan Anda itu sebenarnya tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan. Contohnya saja saat Anda masih berstatus sebagai pelajar SD pasti anda akan merasa sulit untuk mengerjakan soal yang diberikan kepada anak SMP. 

Tetapi ketika anda sudah beranjak pada jenjang SMP Anda akan merasa biasa-biasa saja dalam mengerjakan tugas tersebut. Jadi intinya ujian akan terlihat berat jika Anda memang belum waktunya untuk menerimanya. Oleh sebab itu janganlah terlalu memikirkan mengenai apa yang akan Anda lalui kedepannya yang penting fokuslah untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. 

Kebanyakan orang sukses yang saat ini anda lihat saya yakin mereka tidak akan tahu apa yang akan dilalui dalam hidupnya. Seandainya tahu mungkin dia akan menyerah lebih awal karena dia mengetahui sesuatu yang belum siap untuk dilaluinya. 

Cobalah lebih percaya diri

Cara menjadi orang sukses yang tidak boleh Anda lupakan adalah mencoba untuk tetap percaya diri. Kepercayaan diri itu sangat penting untuk menyongsong kehidupan anda. Dengan rasa percaya diri Anda bisa memaksimalkan bakat serta kemampuan yang anda miliki.

Cara meningkatkan kepercayaan diri bisa dilakukan dengan memotivasi diri sendiri serta membekali diri dengan kemampuan serta pengetahuan yang cukup. Ada banyak sekali manfaat percaya diri diantaranya adalah membuat seseorang lebih bersemangat serta tidak mudah menyerah.

Selain itu orang yang memiliki kepercayaan diri yang baik tidak akan mudah goyah saat menerima kritikan atau cacian orang lain. Jika kritikan tersebut positif dia akan mendengarkannya tetapi jika tidak, maka dia akan mengabaikannya.

Sering melakukan introspeksi diri

Anda tidak akan pernah menjadi orang sukses jika tidak pernah melakukan introspeksi diri. Introspeksi atau muhasabah sangat penting sekali terutama untuk memperbaiki setiap kesalahan yang pernah anda buat. 

Dengan melakukan introspeksi pula maka anda akan lebih bisa mengetahui kekurangan yang anda miliki, sehingga bisa memfokuskan untuk memperbaikinya, jadi anda tidak akan sibuk  mencari-cari kesalahan orang lain.

Orang yang sukses memiliki sebuah strategi dalam hidup

Diantara tips menjadi orang sukses yang tidak kalah penting adalah mencoba untuk membuat strategi dalam hidup. Setelah anda menentukan visi dari hidup anda sekarang langkah yang paling penting adalah dengan menentukan misi dari visi tersebut. 

Misi bisa dikatakan sebagai sebuah strategi untuk bisa meraih visi yang telah anda tentukan sebelumnya. Dengan adanya strategi maka akan membuat hidup anda lebih tertata dan fokus. Selain itu, membuat sebuah strategi dalam hidup juga akan memungkinkan kita untuk melakukan evaluasi.

Dari evaluasi ini nantinya akan ada banyak hal yang bisa diperbaiki jika memang dibutuhkan. Jika tidak strategi yang sudah ada bisa dilanjutkan. 

Bekali diri Anda untuk menjadi orang sukses

Era modernisasi yang tumbuh begitu cepat menuntut kita untuk terus berkembang. Sehingga salah satu cara untuk menjadi orang yang sukses adalah dengan membekali diri. Pembekalan diri bukan hanya terbatas pada pengetahuan saja tetapi juga keterampilan serta mental yang kuat.

Kesemuanya harus berjalan secara beriringan untuk mempersiapkan diri Anda dalam menghadapi setiap tantangan yang ada. Jadi percaya diri saja tidaklah cukup untuk bisa meraih sebuah kesuksesan.

Demikian tadi beberapa cara menjadi orang sukses yang bisa anda lakukan. Selain tips di atas pastinya ada banyak cara lain yang bisa anda lakukan untuk menjadi orang yang berkembang. Oleh sebab itu janganlah berhenti belajar dan teruslah berkembang untuk meraih sebuah kesuksesan.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →