cara mengetahui bakat

12 Cara mengetahui bakat diri sendiri serta keuntungannya

Cara mengetahui bakat diri sendiri
image pxhere.com

Cara mengetahui bakat diri sendiri serta keuntungan menemukan bakat sejak dini yang perlu kamu tahu.

Bakat bisa dikatakan sebagai kelebihan yang dimiliki oleh seseorang. Mengetahui bakat tentu sangat penting sekali terutama dalam memilih pekerjaan nantinya. Akan tetapi sayangnya ternyata banyak orang yang tidak mengetahui bakat yang dimiliki. 

Mengetahui bakat sejak dini akan memungkinkan kita lebih mudah dalam mengasah nya, sehingga nantinya bakat kita bisa benar-benar maksimal. Jika kita maksimal dalam mengasah bakat maka tentu akan lebih memudahkan untuk proses memilih pekerjaan yang menurut kita sesuai dengan bakat yang dimiliki.

Dengan memilih pekerjaan sesuai bakat pula maka kita relatif tidak akan bosan dengan pekerjaan yang kita geluti tersebut. Misalnya saja orang yang memiliki bakat di bidang desain maka saat dia memilih menjadi seorang designer tentunya dia akan menikmati pekerjaan tersebut.

Hal ini dikarenakan orang yang bekerja sesuai bakat biasanya menyukai apa yang dia kerjakan tersebut. Selain itu, bekerja sesuai bakat juga akan memudahkan dia dalam melakukan pekerjaannya tersebut. Begitu juga sebaliknya jika orang bekerja tidak sesuai dengan bakat yang dimiliki tentu akan sangat merepotkan. Dia harus belajar dan mencoba untuk menyukai pekerjaannya yang tentu hal ini terkadang akan sangat membosankan dalam jangka waktu panjang.

Cara mengetahui bakat Anda

Oleh sebab itu mengetahui bakat itu sangat penting sekali terutama saat anda ingin memilih pekerjaan atau masuk ke perguruan tinggi. Lantas bagaimana cara mengetahui bakat yang kita miliki?. Berikut kami sajikan ulasannya untuk anda:

Ketahui hobi anda

Hobi merupakan sesuatu yang anda sukai dan anda sangat senang saat melakukannya. Dengan mengetahui hobi anda maka biasanya bakat anda juga lebih mudah untuk diketahui. Hal ini dikarenakan orang biasanya akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu yang dia senangi tersebut.

Karena dia banyak menghabiskan waktu untuk hal yang disenangi maka biasanya dia juga akan ahli dalam hobinya tersebut. Jadi mulai sekarang coba cari tahu apa yang menjadi hobi anda untuk mengetahui bakat yang anda miliki.

Tanya pada orang lain mengenai hasil kerja anda

Ini merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui bakat yang anda miliki. Orang lain biasanya memang dapat melihat ke dalam diri kita lebih baik dari apa yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dalam hal mengoreksi apa yang telah kita kerjakan.

Terkadang kita sudah merasa melakukan yang terbaik dalam pekerjaan kita akan tetapi bisa jadi orang lain menilai pekerjaan kita masih kurang baik. Sehingga hal ini nantinya bisa menjadi bahan koreksi apakah kita benar-benar berbakat dalam melakukan pekerjaan tersebut ataukah tidak.

Anda menghabiskan waktu untuk apa?

Cara mengetahui bakat diri sendiri yang selanjutnya adalah mencari tahu kesibukan yang paling banyak menyita waktu anda. Suatu pekerjaan yang paling banyak menyita waktu anda biasanya merupakan hal yang paling anda sukai. Mengidentifikasi bakat dengan cara seperti ini sangat penting sekali dan cukup efektif.

Pekerjaan yang saya maksud merupakan pekerjaan yang dengan sukarela anda lakukan bukan lantaran tuntutan uang. Karena bisa saja kita terpaksa melakukan sesuatu lantaran memang ada uang yang mendasarinya. Jadi dengan mengetahui waktu yang banyak anda habiskan untuk melakukan sesuatu akan membantu anda dalam menemukan bakat yang sulit anda identifikasi.

Apa yang sering anda bahas dalam pembicaraan?

Selain banyak dikerjakan hal yang anda sukai biasanya juga sering dibicarakan. Jadi untuk mengetahui bakat anda cobalah mencari tahu apa yang paling sering anda bicarakan. Topik tertentu yang anda sukai biasanya akan menjadi cermin dari bakat yang anda miliki.

Selain itu, dalam ilmu psikologi sesuatu hal yang sering diucapkan seseorang biasanya tidak jauh dengan apa yang dia sukai. Jadi jika anda membicarakan topik tertentu dengan frekuensi yang lama kemungkinan besar anda menyukai hal tersebut dan bisa jadi itu merupakan bakat anda.

Cobalah melakukan sesuatu

Mencoba mengerjakan sesuatu yang ringan seperti keseharian anda ternyata bisa membantu anda dalam menemukan bakat yang tersembunyi. Misalnya saja jika anda sering memperbaiki alat-alat elektronik yang rusak mungkin saja anda memang berbakat dalam bidang teknis.

Atau mungkin anda mencoba menulis sesuatu dan anda menikmatinya maka kemungkinan bakat anda menjadi seorang penulis. Melakukan pekerjaan ringan seperti ini tidak harus ada uang di baliknya yang penting kerjakan saja sesuatu yang ringan dan bisa bermanfaat.

Cari tahu bakat anda dari keluarga

Meskipun pada dasarnya setiap orang itu memiliki bakat yang berbeda-beda akan tetapi mencari tahu bakat keluarga kita juga sangat penting sekali untuk mengetahui bakat yang kita miliki. Saya sering menemukan bahwa bakat seseorang itu terkadang mengikuti keluarganya.

Hal ini mungkin terjadi lantaran lingkungan keluarga secara tidak langsung akan membentuk anda menjadi apa yang diinginkan oleh keluarga. Misalnya saja jika ayah anda merupakan seorang dokter maka secara tidak langsung pendidikan yang diterapkan juga bentuk cerminan dari kedisiplinan seorang dokter.

Selain itu, faktor genetik keluarga juga akan sangat berpengaruh sekali dalam menentukan bakat kita. Contohnya saat keluarga kita banyak yang menjadi atlet lantaran memiliki fisik yang bagus kemungkinan besar anda juga akan memiliki fisik yang sama pula untuk menunjang anda menjadi seorang atlet.

Coba amati pengalaman anda

Bagi anda yang sudah pernah melakukan beberapa pekerjaan tidak ada salahnya untuk mengamati pengalaman yang sudah anda lalui tersebut. Dari proses mengamati pengalaman yang telah anda lakukan maka anda akan menemukan mana pekerjaan yang paling cocok untuk anda kerjakan.

Hal ini tentu akan menjadi cerminan yang sangat baik untuk menemukan bakat anda. Pekerjaan yang menjadi keahlian anda terkadang tidak selamanya harus menghasilkan banyak uang secara cepat, akan tetapi paling tidak pekerjaan tersebut bisa anda nikmati dan kemungkinan besar bisa menjadi fokus anda di kemudian hari.

Fokus dalam pekerjaan itu sangat penting sekali karena dengan fokus maka anda akan benar-benar ahli di bidang tersebut. Kalau berbicara masalah uang itu ada kaitanya dengan rizki, jadi intinya yang penting anda fokus terlebih dahulu dengan pekerjaan anda, jika rizki anda banyak di situ maka nanti akan datang sendiri.

Ketahui hal yang tidak anda sukai

Setelah mengetahui apa yang anda sukai sekarang yang perlu dilakukan adalah cari tahu apa yang ada benci. Sesuatu yang tidak anda sukai biasanya akan mencerminkan jika anda tidak berbakat dalam hal tersebut.

Misalnya saja jika anda tidak menyukai ilmu pasti seperti matematika itu artinya anda tidak berbakat dalam sains. Jadi anda kemungkinan akan suka dengan hal-hal yang yang bersifat seni seperti design, atau mungkin menulis.

Teruslah melatih hobi anda

Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa hobi kemungkinan merupakan bakat yang kita miliki. Jadi dengan mengasah hobi secara terus-menerus kemungkinan besar akan membuat kita lebih mudah dalam menemukan bakat.

Hal ini juga sangat penting sekali lantaran sesuatu yang anda sukai belum tentu benar-benar anda kuasai. Jadi mengasah hobi anda sangat penting sekali untuk mengetahui apakah anda berbakat atau tidak di bidang hobi anda tersebut.

Cobalah dengarkan kritikan orang lain

Terkadang mendengarkan kritikan orang lain itu cukup menjengkelkan, apalagi orang yang mengkritik kita pada dasarnya memang tidak suka dengan kita. Tetapi ternyata mendengarkan kritikan orang lain sangat penting sekali untuk mengetahui bakat yang kita miliki.

Saat seseorang mengkritik kita secara objektif itu artinya ada kelemahan yang memang kita miliki. Hal ini terutama jika kritikan tersebut ditujukan pada pekerjaan atau sesuatu yang anda lakukan. Menerima kritikan juga bukan berarti anda harus benar-benar melakukan sesuai apa yang orang lain katakan.

Hanya saja kritikan bisa dijadikan bahan pertimbangan mengenai apakah anda berbakat atau tidak dalam hal yang sedang anda geluti tersebut. Selain itu, kritikan juga akan membantu anda dalam memperbaiki kekurangan yang anda miliki, sehingga jika bakat anda benar-benar di bidang tersebut maka akan membuatnya semakin terasah dan lebih maksimal.

Coba bandingkan diri anda dengan orang lain

Saat anda dibandingkan dengan orang lain pasti akan sangat tidak menyenangkan. Akan tetapi jika yang membandingkan adalah diri anda sendiri mungkin bisa menjadi sebuah cara mengetahui bakat yang anda miliki.

Tujuan anda membandingkan diri anda dengan orang lain adalah sebagai bentuk motivasi dan koreksi diri sendiri. Jika anda merasa lebih baik dibandingkan dengan orang lain ini bisa menjadi sebuah motivasi bagi anda untuk lebih giat dalam menekuni bakat anda.

Akan tetapi jika anda merasa lebih buruk dibandingkan dengan orang lain dalam hal melakukan suatu pekerjaan mungkin bisa menjadi pertimbangan apakah anda akan meneruskan bakat tersebut ataukah tidak. Atau jika dalam proses perbandingan tersebut ada yang kurang maksimal mungkin anda bisa memperbaikinya dan tetap fokus pada bakat yang anda miliki tersebut.

Tetap fokus dan konsisten

Mengetahui bakat itu terkadang membutuhkan proses waktu yang lama sehingga anda tetap harus konsisten dalam melakukannya. Terkadang anda kesulitan dalam melakukan sesuatu padahal itu merupakan bakat yang anda miliki.

Hal ini bisa saja terjadi jika ternyata anda kurang fokus dan tekun dalam menekuni bakat anda tersebut. Jadi intinya jangan mudah menyerah dalam melakukan sesuatu, karena konsistensi itu jauh lebih penting dibandingkan hanya sekedar mempertimbangkan hasil jangka pendek.

Keuntungan mengetahui bakat

Membuat anda lebih ahli pada suatu bidang

Mengetahui bakat yang anda miliki tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi anda. Salah satu yang paling penting adalah akan membuat anda lebih ahli di bidang tertentu. Keahlian anda ini pada akhirnya akan sangat berpengaruh pada karir anda. 

Membuat anda lebih fokus

Mengetahui bakat itu sangat penting sekali terutama untuk membuat anda fokus pada satu tujuan. Dengan fokus pada suatu pekerjaan maka akan membuat anda lebih konsisten dan tidak mudah menyerah. 

Memudahkan anda dalam menentukan pekerjaan

Ini dia keuntungan yang paling dicari oleh mereka yang mencoba menemukan bakat. Memilih pekerjaan merupakan hal yang sangat penting sekali karena pekerjaan merupakan sumber penghasilan sekaligus mungkin menjadi sesuatu yang paling banyak menyita waktu anda.

Jika pekerjaan anda sesuai dengan hobi dan bakat maka tentu akan lebih memudahkan anda dalam menjalaninya. Hal ini tentu sangat penting untuk kelangsungan pekerjaan anda.

Memudahkan anda dalam memilih bidang studi

Sebelum memilih pekerjaan biasanya satu hal yang paling penting adalah memilih bidang studi yang nantinya akan anda ambil di bangku kuliah. Langkah ini akan semakin mudah jika anda sudah mengetahui bakat yang dimiliki terlebih dahulu. Jadi cobalah untuk mengetahui bakat yang anda miliki sedini mungkin agar proses anda dalam menempuh karir bisa tertata dengan rapi.

Kesalahan orang dalam menemukan bakat

Meskipun kelihatannya mudah, menemukan bakat itu ternyata membutuhkan waktu serta ketelitian. Karena salah dalam mengetahui bakat tentu akan membuat anda kurang maksimal dalam menekuni sebuah pekerjaan. 

Salah satu kesalahan yang paling sering dialami oleh orang yang mencoba mengetahui bakat mereka adalah hanya berpatokan pada apa yang dia sukai saja. Memang benar apa yang kita sukai biasanya sangat dekat dengan bakat kita, akan tetapi hal ini tidak 100% benar karena harus mempertimbangkan beberapa hal berikut:

Apakah anda benar-benar tahu dengan apa yang anda sukai?

Maksud dari pertanyaan ini adalah terkadang orang menyukai sesuatu akan tetapi sebenarnya dia tidak tahu mengenai sesuatu tersebut. Jadi kesukaan tersebut hanya sebatas angan-angan saja.

Contohnya saja ada orang yang sangat mengidam-idamkan profesi menjadi seorang dokter lantaran dia menganggap bahwa profesi ini bisa menghasilkan banyak uang. Padahal dia sama sekali tidak mengetahui bagaimana enak dan tidaknya menjadi seorang dokter.

Kesalahan dalam mengidentifikasi bakat ini biasanya sangat sering terjadi lantaran hanya melihat sesuatu hanya dari satu sisi saja, terutama dari sisi materi.

Apakah anda siap untuk konsisten dalam menekuni apa yang anda sukai?

Setelah anda mengetahui apa yang anda sukai sekarang pertanyaan selanjutnya adalah apakah anda akan mau untuk konsisten dalam menempuh proses untuk mendapatkan apa yang anda impikan tersebut?.

Pada poin ini kebanyakan orang sering salah dalam mengidentifikasi bakat. Padahal mendapatkan apa yang paling anda sukai atau inginkan terkadang memang membutuhkan proses yang tidak mudah. Jadi anda harus siap dengan resiko serta proses yang akan anda lalui. Kesiapan anda akan sangat menentukan tingkat keberhasilan upaya anda.

Apakah anda banyak menghabiskan waktu untuk apa yang anda sukai?

Kesalahan dalam mengetahui bakat yang selanjutnya adalah sebenarnya dia tidak menyukai sesuatu akan tetapi seolah-olah dia menyukainya. Seperti yang sudah kita bahas dalam poin yang pertama terkadang orang menginginkan suatu pekerjaan tetapi dia tidak tahu mengenai pekerjaan tersebut mulai dari prosesnya sampai jika dia sudah mendapatkannya.

Untuk itu jika anda menyukai sesuatu cobalah bertanya pada diri anda apakah anda suka jika harus melakukannya dalam waktu yang lama. Jika jawaban anda iya berarti kemungkinan besar itu memang merupakan bakat anda. Jika tidak sebaiknya cobalah untuk menemukan bakat anda di bidang yang lain yang anda sukai dan paling konsisten anda lakukan. Baca juga Cara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri serta manfaatnya

Demikian tadi ulasan mengenai cara mengetahui bakat yang anda miliki serta keuntungan mengetahui bakat sejak dini. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi anda. Jika anda suka dengan artikel di atas jangan lupa share ke teman-teman atau keluarga anda.

Terima kasih banyak telah membaca artikel di atas semoga anda bisa segera menemukan bakat yang anda miliki.