manfaat baby oil untuk kecantikan

Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan, Wajah, Kulit dan Rambut. Wajib Baca!

Posted on

manfaat baby oil untuk kecantikan

Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan – Manfaat baby oil bisa digunakan untuk berbagai jenis perawatan wajah dan rambut. Produk perawatan yang umum digunakan untuk mengatasi masalah pada bayi salah satunya yaitu baby oil.

Namun, pemanfaatan baby oil pada sejumlah orang dewasa juga digunakan sebagai produk perawatan alternatif mereka.

Melansir dari situs healthline, baby oil merupakan minyak berbasis mineral buatan manusia yang dibuat dari hasil penyulingan minyak dan biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk pelembab atau skincare.

Manfaatnya yang serupa dengan minyak kelapa, minyak berbasis mineral ini bermanfaat untuk melembabkan bagian tubuh yang kering.

Berikut ini beberapa manfaat baby oil untuk kecantikan wajah, kulit dan rambut yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber:

Berbagai Manfaat Baby Oil untuk Wajah yang Sayang jika Dilewatkan

1. Membersihkan Make Up

Sisa make-up yang ada di wajah dapat dibersihkan menggunakan kapas yang sudah terlebih dahulu dioleskan pada baby oil. Cara membersihkan make up dengan cara ini tidak akan mengiritasi kulit.

Anda hanya perlu mengoleskan kapas bersih pada beberapa tetes baby oil dan gosokkan dengan hati-hati dan merata pada wajah.

Kendati begitu, Anda perlu berhati-hati dengan penggunaan baby oil, terutama yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat. Pasalnya, bahan dasar minyak pada baby oil berpotensi menyumbat pori-pori kulit.

Peradangan pada jerawat memang dipercaya mampu dikurangi dengan baby oil. Namun, mengoleskan baby oil ke berminyak dan kulit berjerawat artinya juga menambahkan minyak lebih banyak ke kulit yang berpotensi menyumbat pori.

2. Melembabkan Kulit

Manfaat baby oil paling populer selanjutnya yaitu membantu untuk melembabkan kulit yang kering. Biasanya kulit yang kering disebabkan oleh hilangnya air pada lapisan kulit.

Khasiat mineral oil dalam baby oil yaitu dapat membentuk lapisan berminyak di bagian atas kulit yang memerangkap air kulit. Baby oil akan melembutkan kulit dalam waktu yang cukup singkat dan memberi nutrisi .

Baby oil juga bisa membantu untuk mengatasi kulit kering yang disebabkan oleh radiasi. Keadaan kulit kering yang tidak normal disebut juga dengan xerosis.

Salah satu penyebab kondisi ini merupakan akibat terapi radiasi untuk penderita kanker. Sekitar 50% dari pasien kanker yang menjalani terapi radiasi mengalami kondisi ini. Mineral oil merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi efek samping akibat radiasi.

3. Mencegah Penuaan Dini

Efek melembabkan pada baby oil bisa mencegah kulit dari proses penuaan dini. Wajah yang selalu lembab bisa mencegah keriput serta mengencangkan kulit.

Anda bisa mencoba memijat wajah memakai baby oil untuk menjaga elastisitas kulit. Baby oil juga dipercaya bisa membantu mengurangi sembab dan kantung mata.

Hal ini dikarenakan kaya kandungan vitamin E pada baby oil. Caranya, Anda bisa mencampurkan air dengan baby oil lalu celupkan kapas dan tempelkan selama 20 menit pada bagian bawah mata.

manfaat baby oil untuk kecantikan

Sumber: https://www.okadoc.com

4. Mengatasi Eksim Ringan

Baby oil yang terbuat dari mineral oil juga bisa mengatasi eksim ringan. Eksim merupakan salah satu keadaan kulit paling umum.

Menggunakan baby oil pada kulit bisa mengurangi gejala eksim. Bagi Anda yang menghindari penggunaan kortikosteroid, pengaplikasian baby oil ini bisa menjadi alternatif.

5. Pelelembab Bibir

Membantu melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah adalah manfaat baby oil selanjutnya. Pakai baby oil sebagai masker bibir setiap sebelum tidur.

Jika Anda memiliki masalah bibir kering yang cukup parah, Anda dapat melakukan perawatan ini setiap hari. Namun, Anda harus tetap mengimbangi dengan minum banyak air putih untuk membantu menghidrasi kulit dari dalam.

6. Menggantikan Krim Pencukur

Baby oil bisa digunakan sebagai pengganti krim pencukur rambut pada wajah. Hal ini dikarenakan mineral oil seperti baby oil juga terkandung pada produk shaving cream.

Aplikasikan baby oil sebelum dan setelah mencukur di area yang akan dicukur. Pada umumnya, kegunaannya sendiri hampir sama dengan krim cukur, yaitu bisa mencegah kulit tergores dan iritasi.

7. Dapat Mengatasi Ketombe

Hal yang cukup menganggu pada kulit kepala salah satunya adalah ketombe. Nyatanya, baby oil juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Caranya dengan mengoleskan baby oil ke seluruh kulit kepala, kemudian diamkan selama 1 jam sebelum mensisir dan bersihkan dengan shampo.

Selain mengatasi ketombe, ternyata cradle cap pada bayi juga bisa diatasi dengan baby oil. Cradle cap sendiri merupakan masalah kepala yang bersisik dan kering.

Oleskan baby oil ke kulit kepala bayi, lalu diamkan beberapa menit kemudian sikat kulit kepala dengan lembut dan keramaslah memakai sampo.

8. Melembabkan Rambut

Tidak hanya bisa melembabkan kulit, ternyata baby oil juga bisa membantu melembabkan rambut, lho. Baby oil dapat menyegel setiap kutikula pada rambut sehingga rambut bisa terjaga kelembapannya.

Bahkan bisa membuat rambut lebih halus dengan efek melembabkannya tersebut. ivermectin interactions dogs Anda dapat menggunakan sedikit baby oil setelah selesai keramas. Hal tersebut bertujuan agar rambut terlindung dari kerusakan.

Jangan pakai baby oil saat rambut dalam keadaan lepek, karena rambut yang belum keramas jika diberi baby oil akan semakin berminyak. ivermectina para humanos amazon

9. Menghilangkan Kutu

Baby oil bisa membantu mengobati kutu kepala pada orang dewasa dan anak-anak. Tutupi kulit kepala dan rambut dari akar sampai ujung dengan baby oil. ivermectin sheep drench for goats?

Biarkan selama setidaknya 8 jam sebelum dicuci. Minyak bayi membantu menyingkirkan kutu dan telur kutu. Perawatan ini akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan bahan kimia khusus untuk perawatan kutu.

10. Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Baby oil juga bisa membantu mengatasi kulit kering dan pecah-pecah pada bagian kaki terlebih tumit. Tumit yang pecah-pecah dapat diolesi baby oil, sehingga akan membantu melembabkannya. Anda bisa memakainya setiap malam sebelum tidur.

Baca Juga: Manfaat Air Beras untuk Wajah sebagai Perawatan Kecantikan. Check It!

Pencarian terkait:

  • Berbagai Manfaat Baby Oil Untuk Kulit Wajah

Baca juga  Manfaat Minum Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh. Check It!