21 Manfaat Vitamin E untuk wajah, kesehatan, dan kecantikan

Posted on
manfaat vitamin E untuk wajah
image from freegreatpicture.com

Manfaat vitamin E untuk wajah kesehatan kecantikan dan juga beberapa jenis vitamin yang perlu anda ketahui

Apa itu Vitamin E?

Nama vitamin secara kolektif mengacu pada sekelompok senyawa dengan sifat antioksidan tertentu. Pada dasarnya Vitamin E memiliki 2 bentuk diantara adalah:

Tocopherols : Senyawa ini terdiri dari empat jenis senyawa Vitamin E: Alpha, beta, gamma, dan delta. Keempatnya dibedakan oleh ciri-cirinya, yang merupakan variasi kimia pada struktur mereka, jumlah kelompok metil, dan lokasinya.

Tocotrienols : Senyawa ini ada sebagai tiga ikatan tak jenuh, tetapi mereka memiliki struktur yang sama dengan tokoferol. Tocotrienol terdiri dari alfa, beta, gamma, dan senyawa delta, yang semuanya lebih permeabel ke membran sel sebagai hasil dari ikatan mereka.

Alpha-tocopherol adalah satu-satunya bentuk yang diketahui untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan manusia. Vitamin E jenis ini merupakan bentuk dari Vitamin E yang dominan yang terkandung dalam serum kita. Alpha-tocopherol bekerja paling baik dalam menetralisir radikal berbasis-oksigen, sementara radikal bebas berbasis nitrogen ditangani oleh gamma-tocopherol.

Vitamin E merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak, itu artinya tubuh Anda akan menyimpan dan menggunakannya tergantung pada kebutuhan. Vitamin E alami ada dalam berbagai jenis makanan termasuk minyak canola, kacang almond, kacang tanah, minyak zaitun, dan margarin. Sumber Vitamin E lain termasuk sayuran berdaun, susu, sereal, dan daging.

Manfaat Vitamin E untuk kesehatan

1. Menjaga keseimbangan kolesterol

Sebenarnya kolesterol merupakan hal yang biasa karena pada dasarnya diciptakan oleh tubuh untuk meningkatkan fungsi sel yang optimal. Akan tetapi kadang kolesterol dapat tidak terkontrol karena jumlahnya terlalu berlebihan. Vitamin E dapat bekerja sebagai antioksidan yang dapat menghambat oksidasi kolesterol. Studi menunjukkan bahwa Vitamin E isomer sangat efektif dalam mencegah lonjakan oksidasi kolesterol dalam tubuh. Manfaat Vitamin E ini didapat dengan cara melawan radikal bebas yang menjadi penyebab oksidasi.

Kolesterol yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat menyebabkan arteri sulit untuk memompa darah. Jika hal ini terjadi maka seseorang akan memiliki resiko tinggi mengalami serangan jantung. Salah satu cara untuk menyeimbangkan kadar kolesterol adalah dengan mengkonsumsi Vitamin E secara rutin melalui makanan yang anda konsumsi.

2. Baik untuk mencegah kanker

Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi Vitamin E secara rutin dapat membantu mencegah penyakit kanker. Manfaat Vitamin E untuk kesehatan ini didapat dari kemampuannya dalam melindungi kerusakan DNA yang diakibatkan oleh radikal bebas. Vitamin E memerangi radikal bebas dan memastikan sel di dalam tubuh terlindungi sehingga akan mengurangi resiko kerusakan sel yang mengarah pada tumor. Tumor ada dua jenis, tumor jinak dan tumor ganas yang sering disebut sebagai kanker.

Ada banyak cara yang dilakukan Vitamin E untuk mencegah penyakit kanker. Salah satunya adalah dengan menghambat angiogenesis dan pertumbuhan pembuluh darah dalam tumor itu sendiri. Selain itu, Vitamin E juga terbukti melindungi kulit terhadap efek negatif sinar matahari berlebih yang dapat menyebabkan kanker kulit. Selain mencegah kanker, Vitamin E juga dapat mengurangi efek samping obat-obatan yang biasanya dikonsumsi untuk pengobatan penyakit kanker.

3. Meningkatkan kekuatan otot

Jika anda mengira bahwa satu-satunya nutrisi untuk otot adalah protein maka anda salah. Ternyata Vitamin E juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan otot anda selama latihan. Meningkatkan asupan Vitamin E harian anda dapat membantu mencegah kelelahan selama latihan berat.

Vitamin E meningkatkan energi dan melawan stres oksidatif yang diberikan pada otot setelah berolahraga. Bersamaan dengan meningkatkan kemampuan otot, Vitamin E juga melancarkan sirkulasi darah di tubuh yang itu juga sangat berguna saat kita melakukan aktivitas berat. Sifat antioksidan yang dimiliki Vitamin E juga berguna melawan peradangan sehingga dapat mencegah atau mengurangi nyeri otot sekaligus melindungi tubuh dari cidera.

4. Melindungi membran sel

Manfaat Vitamin E untuk kesehatan yang utama adalah mencegah oksidasi sel. Pada saat metabolisme oksigen oksidasi dapat mengarah ke radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel. Selama proses ini membran sel menjadi rentan terhadap kerusakan. Sifat antioksidan yang ditunjukkan oleh Vitamin E berguna menetralisir radikal bebas sehingga membatasi kerusakan pada membran sel.

Penetralisasi tersebut terjadi saat Vitamin E meminjamkan elektron ke molekul radikal bebas yang tidak memilikinya. Dengan cara ini maka tidak akan ada ruang untuk kerusakan sel. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa efek antioksidan dari Vitamin E pada induksi stres oksidatif yang diberikan pada tikus ditemukan bahwa Vitamin E ternyata melindungi membran tikus dari kerusakan.

5. Mengurangi gejala pramenstruasi

Manfaat Vitamin E untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah mengurangi gejala pramenstruasi. Sindrom pramenstruasi merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh wanita. Istilah ini pada dasarnya mengacu pada semua gejala yang dialami oleh wanita pada masa awal periode menstruasi mereka. Meskipun gejala ini tidak semua wanita sama, akan tetapi secara umum dapat menyebabkan jerawat, otot, nyeri sendi, kembung dan payudara sensitif.

Vitamin E khususnya tocopherol berguna membatasi produksi prostaglandin yang memudahkan sensitifitas payudara dan juga kram. Wanita yang mengalami kekurangan estrogen sangat dianjurkan meningkatkan asupan Vitamin E dari suplemen atau makanan yang mereka konsumsi. Bukan hanya itu, Vitamin E juga berguna mencegah inflamasi pada lapisan rahim yang membengkak.

6. Mempertajam penglihatan dan mencegah katarak

Seiring bertambahnya usia beberapa masalah mata sering muncul seperti katarak dan degenerasi makula. Kedua penyakit tersebut merupakan penyebab utama kebutaan pada lansia. Vitamin E berguna mencegah atau mengurangi resiko kedua penyakit tersebut. Penyakit katarak terjadi akibat bagian peka cahaya mata (yang merupakan bagian paling central dari retina) mengalami kerusakan. Bila hal ini terjadi, maka seseorang akan mengalami kehilangan penglihatan. Studi menunjukkan bahwa suplemen Vitamin E dapat memperlambat perkembangan degenerasi makula.

Konsumsi Vitamin E secara rutin juga dikaitkan dengan berkurangnya resiko penyakit katarak. iverwon 12 ivermectin Hal ini dikarenakan Vitamin E berguna melindungi retina mata dari kerusakan yang mengarah pada katarak.

7. Membantu menyeimbangkan hormon

Diantara manfaat Vitamin E untuk kesehatan wanita adalah meningkatkan keseimbangan hormon. Hal inilah yang menjadikan Vitamin E sangat baik dikonsumsi oleh wanita saat menstruasi. Vitamin E menyeimbangkan sistem saraf dan endokrin dengan memastikan mereka berada dalam keseimbangan yang baik. Beberapa gejala ketidakseimbangan hormon seperti sindrom pramenstruasi, infeksi saluran kemih, berat badan berlebih, kelelahan, kecemasan, dan perubahan kulit bisa dicegah dengan mengkonsumsi Vitamin E secara rutin.

Jika keseimbangan hormon terjaga dengan baik maka anda dapat mengontrol berat badan dengan mudah. Selain itu, dengan menyeimbangkan kadar hormon maka membantu anda mempertahankan siklus menstruasi yang teratur. Meningkatkan asupan Vitamin E sangat penting untuk wanita terutama bagi mereka yang sering menggunakan produk kecantikan, pembersih, ataupun beberapa makanan olahan yang berbahan kimia. Bahan kimia berlebih yang menumpuk di dalam tubuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

8. Mencegah penyakit alzheimer

Vitamin E sangat bermanfaat dikonsumsi oleh para lansia. Hal ini dikarenakan Vitamin E dapat mencegah hilangnya ingatan pada lansia atau yang dikenal dengan penyakit alzheimer. Sifat anti inflamasi tocotrienols pada Vitamin E lah yang bertanggungjawab mengurangi kemungkinan penyakit alzheimer pada lansia. Hal ini juga dapat memperlambat perkembangan penyakit alzheimer sekaligus menurunkan risiko penyakit tersebut.

Saat dikombinasikan dengan vitamin C, Vitamin E mampu menurunkan risiko perkembangan berbagai macam bentuk dimensia. Perlu diingat bahwa para ahli gizi merekomendasikan kita mendapatkan Vitamin E dari makanan yang kita konsumsi, bukan dari suplemen. Jadi, suplemen Vitamin E hanya digunakan sebagai alternatif jika anda tidak bisa mendapatkan asupan Vitamin E yang cukup dari makanan.

9. Baik untuk ibu hamil

Salah satu tanda kekurangan Vitamin E dapat dilihat pada bayi yang lahir prematur atau berat badan yang rendah. Hal ini menunjukkan bahwa asupan vitamin sangat penting sekali dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Untuk itu, sebaiknya bagi ibu hamil mencukupi kebutuhan vitamin harian mereka termasuk kebutuhan akan Vitamin E. Selain itu, selama hamil hormon seorang wanita menjadi tidak stabil sehingga rentan terhadap berbagai macam masalah kesehatan.

10. Mencegah perkembangan berbagai macam penyakit

Vitamin E berguna sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan yang mengarah pada berbagai macam penyakit termasuk penyakit kanker, penyakit jantung, dan penyakit katarak. Mencukupi kebutuhan Vitamin E harian anda dari makanan yang dikonsumsi maka beberapa penyakit tersebut bisa dihambat pertumbuhannya.

Studi menunjukkan bahwa beberapa bentuk Vitamin E dapat mengurangi kerusakan sel, melawan peradangan, dan memperlambat penuaan secara bertahap. Vitamin E dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang juga melindungi tubuh dari serangan berbagai macam bakteri dan virus.

11. Meningkatkan kesehatan jantung

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa Vitamin E dapat mengurangi efek aterosklerosis yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Aterosklerosis adalah suatu kondisi yang mengarah pada penyempitan dan pengerasan arteri. Ini merupakan kondisi medis yang sangat serius dan menjadi penyebab kematian banyak orang.

Kabar baiknya adalah Vitamin E dapat membantu anda mengurangi risiko penyakit jantung dengan mencegah aterosklerosis. Lebih dari itu, Vitamin E juga bermanfaat untuk mencegah pembentukan gumpalan darah sehingga mengurangi kemungkinan serangan jantung. Belum lagi Vitamin E juga dapat melawan infeksi dan menghilangkan racun dari dalam tubuh sehingga meminimalisir terjadinya serangan jantung.

12. Mencegah pembekuan darah yang tidak diinginkan

Manfaat Vitamin E untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah mencegah pembekuan darah yang berlebih. Trombosit merupakan jenis sel darah yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah selama cidera. Sel-sel ini sangat penting sekali sehingga tanpa mereka anda bisa mati kehabisan darah. Tetapi dalam kasus yang lain pembekuan darah mungkin terjadi lebih parah daripada biasanya.

Hal ini dapat membahayakan kesehatan terutama jika pembekuan darah akan menghalangi pasokan oksigen ke seluruh tubuh melalui perjalanan ke otak dan jantung. Pembekuan darah yang tidak seharusnya dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Vitamin E dapat menghambat pembekuan darah yang tidak seharusnya dengan cara menghalangi penggumpalan trombosit.

13. Mengurangi kerutan dan stretch mark

Vitamin E dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan juga stretch mark. Vitamin E berguna meningkatkan elastisitas kulit sehingga dapat mengurangi munculnya stretch mark. Stretch mark bisa terjadi akibat kulit kehilangan elastisitasnya.

14. Membantu mengembalikan pendengaran

Kehilangan pendengaran tiba-tiba atau juga dikenal dengan pendengaran sensorineural idiopatik adalah kondisi yang diyakini disebabkan oleh virus atau bakteri yang mempengaruhi hingga 4.000 orang di Amerika setiap tahunnya. Sebuah studi mengklaim bahwa asupan Vitamin E dapat mengembalikan gangguan pendengaran tersebut. Vitamin E dapat mengurangi tingkat metabolit oksigen reaktif yang dihasilkan oleh iskemia telinga bagian dalam dan cidera reperfusi setelah perawatan. composto da ivermectina

15. Meningkatkan kesuburan rambut

Selain untuk kecantikan kulit, vitamin E ternyata juga berguna meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami. Vitamin E memiliki sifat antioksidan penting yang berguna memperbaiki folikel rambut yang rusak dengan demikian mengkonsumsi Vitamin E dapat membantu anda meningkatkan kesehatan rambut. Selain itu, Vitamin E juga sering ditambahkan dalam produk conditioner alami yang berguna membuat rambut tampak halus dan sehat. ivermectin for sheep dosage

 

Manfaat Vitamin E untuk kulit wajah

1. Melindungi kulit dari sengatan sinar matahari

Diantara manfaat Vitamin E untuk kecantikan kulit wajah anda adalah melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Sinar matahari berlebih dapat membakar kulit dan membuatnya tampak memerah dan hitam. Dalam waktu lama sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan flek hitam dan kanker kulit. Untungmya salah satu manfaat Vitamin E untuk wajah anda adalah membantu melindungi membran sel kulit dari kerusakan. Selain itu, sifat antioksidan yang ditunjukkan oleh Vitamin E dapat mengurangi efek negatif radikal bebas akibat sengatan sinar matahari.

2. Melembabkan kulit wajah secara alami

Manfaat Vitamin E untuk kulit wajah sudah tidak diragukan lagi. Bahkan Vitamin E banyak digunakan sebagai bahan utama produk kecantikan wajah. Hal ini dikarenakan Vitamin E dapat membantu melembabkan kulit secara alami. Penelitian menunjukkan bahwa Vitamin E memiliki kemampuan pelembab yang hebat. Manfaat Vitamin E ini juga bisa digunakan bagi mereka yang memiliki masalah dengan kulit kering, dan mungkin juga berguna untuk merawat penyakit eksim.

3. Mencegah munculnya keriput dan garis halus di wajah

Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan seperti garis halus dan keriput di wajah. Tentunya beberapa masalah kulit wajah tersebut sangat tidak diharapkan oleh wanita. Untuk mencegah munculnya masalah kulit wajah tersebut dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E seperti kacang-kacangan atau minyak zaitun. Vitamin E merupakan antioksidan penting yang dapat melindungi kerusakan kulit akibat radikal bebas yang mengarah pada munculnya tanda-tanda penuaan di wajah.

4. Mencerahkan kulit wajah secara alami

Manfaat Vitamin E untuk wajah juga bisa didapat dari kemampuannya dalam memutihkan kulit. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin E dapat mencerahkan kulit secara alami tanpa memiliki efek samping berarti. Hal inilah yang menjadi dasar kenapa Vitamin E sering digunakan sebagai bahan utama produk kecantikan wajah.

5. Mengurangi munculnya bintik hitam di wajah

Bintik atau flek hitam di wajah sangat mengganggu penampilan dan pastinya anda ingin segera menghilangkannya. Munculnya flek hitam di wajah dipicu oleh beberapa faktor seperti jerawat sinar matahari berlebih dan juga penggunaan obat-obatan tertentu. Flek hitam di wajah bisa dihilangkan menggunakan Vitamin E. Sifat antioksidan Vitamin E dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit yang menyebabkan flek hitam.

6. Meremajakan kulit wajah secara alami

Vitamin E merupakan nutrisi utama bagi kulit anda. Selain dapat mencegah penuaan Vitamin E juga dapat meremajakan kulit sehingga membuatnya tampak muda secara alami. Konsumsi makanan seperti minyak zaitun dan surga kacang-kacangan yang kaya akan Vitamin E dapat meningkatkan elastisitas kulit anda. Dengan elastisitas kulit yang terjaga dengan baik maka munculnya kerutan dan keriput bisa dicegah.