cara mengatasi hp xiaomi bootloop

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop

Posted on

cara mengatasi hp xiaomi bootloop

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop – Apakah Anda pengguna Xiaomi Redmi 1S, Mi3, Mi4 atau Xiaomi tipe lainnya? Apakah Anda gemar mengutak-atik sistem operasi Android MIUI di device tersebut dengan berbagai macam MIUI ROM versi berbeda?

Jika iya, maka siap-siap saja Anda akan menghadapi masalah berupa bootloop (brick) maupun device yang restart sendiri secara terus menerus. Seperti yang kita ketahui, keberadaan MIUI ROM untuk perangkat Xiaomi sekarang ini telah banyak jenisnya.

Terdapat yang berstatus Stable ROM dan ada juga berjenis Developer ROM. Tidak hanya itu, versinya juga telah mulai dikembangkan dari MIUI 5 ke ke versi MIUI 6. Mungkin apabila kebetulan menginstall MIUI ROM yang sesuai, maka masalah seperti ini tidak akan terjadi.

Tetapi, lain halnya apabila ROM yang dipasang ternyata tidak kompatibel, pastinya akan menyebabkan masalah yang biasanya terjadi seperti device mengalami bootloop sampai kerap restart sendiri. Apabila masalah tersebut terjadi pada perangkat Xiaomi Anda, maka Anda dapat mengatasinya dengan cara melakukan metode Wipe untuk melakukan reset.

Metode Wipe maupun Reset dapat berisiko membuat data-data di memori internal hilang. Jadi, apabila masih memungkinkan melakukan backup, maka sebaiknya amankan data penting Anda terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi Bootloop? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Daftar Isi

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop atau Restart Sendiri

Melakukan Reset atau Wipe di perangkat smartphone Xiaomi bisa dilakukan secara langsung melalui MI Recovery mode. Caranya dapat Anda ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Langkah pertama, matikan (turn off) device Xiaomi Anda.
  • Selanjutnya, masuk ke MI Recovery mode dengan cara menekan dan menahan tombol Volume up + Power secara bersamaan sampai menu recovery muncul dilayar.
  • Dalam modus recovery, pilihlah bahasa English. Dalam modus recovery, tekanlah tombol Volume Up dan Volume Down untuk menavigasi (naik turun). Pakai tombol Power untuk menentukan menu yang diinginkan.
  • Pilihlah Wipe & Reset.
Baca juga  Cara Melacak HP Xiaomi Yg Hilang

cara mengatasi hp xiaomi bootloop

  • Berikutnya, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.

cara mengatasi hp xiaomi bootloop

    • Wipe Cache: artinya, menghapus file cache di sistem device Xiaomi.
    • Wipe User Data: artinya, menghapus data pengguna.
    • Serta Wipe all Data: artinya, menghapus semua data pengguna dan data aplikasi (Factory Reset).

Baca Juga: Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Penting: Pilihlah satu persatu perintah diatas (jangan sekaligus). Apabila setiap satu proses perintah selesai dijalankan, pilih Back untuk kembali ke halaman main menu. Setelah itu, untuk menyalakan device secara normal, pilihlah Reboot > Reboot to System One (latest). Perhatikan hasilnya, apabila gagal baru jalankan perintah lainnya!

Apabila cara diatas sudah dilakukan tetapi masih belum menyelesaikan masalah device Xiaomi yang bootloop atau restart sendiri, maka langkah terakhir tentunya Anda harus terpaksa melakukan install ulang (flashing).

Baca Juga: Cara Cek UBL Xiaomi