cara kalibrasi baterai xiaomi

Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi

Posted on

cara kalibrasi baterai xiaomi

Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi – Smartphone Xiaomi adalah perangkat elektronik yang menawarkan berbagai manfaat bagi para penggunanya. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa seluruh barang elektronik yang bekerja memakai baterai termasuk smartphone Xiaomi, sesekali perlu dilakukan kalibrasi.

Tujuan kalibrasi baterai Xiaomi yaitu agar kapasitas daya baterai dapat terbaca oleh sistem dengan benar. Tidak sedikit pemakai Xiaomi yang kerap merasakan error pada komponen smartphonenya. Khususnya pada bagian baterai.

Padahal, komponen smartphone ini memiliki peran yang sangat penting. Oleh sebab itu, apabila baterai smartphone mulai menunjukkan tanda-tanda error maka segeralah lakukan kalibrasi. بطولة اوروبا 2022 Meski demikian, jangan lakukan kalibrasi terlalu sering karena dapat memperburuk kondisi baterai.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk kalibrasi baterai Xiaomi serta bagaimana caranya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Kapan Waktu yang Tepat untuk Kalibrasi Baterai Xiaomi?

Proses kalibrasi baterai smartphone Xiaomi dapat dilakukan apabila dirasa ada yang aneh pada keadaan baterai tersebut. Contohnya, persentase baterai tampak masih banyak, tetapi ponsel tiba-tiba mati. Sesudah dicek, daya baterainya ternyata sudah habis dan harus dicharge lagi.

Keadaan seperti ini dapat menjadi tanda bahwa kapasitas baterai sudah tidak tepat. Tidak hanya itu, baterai ponsel juga dapat disebut error apabila telah mengisi ulang daya baterai selama beberapa jam, tetapi yang terjadi justru daya baterai belum terisi.

Dapat juga terjadi ketika belum lama mengisi daya baterai, tetapi tiba-tiba kapasitas daya baterai sudah penuh. Nah, hal-hal tersebutlah yang harus diwaspadai dan harus dilakukan kalibrasi. Apabila Anda merasa bahwa terjadi hal-hal yang aneh pada baterai smartphone Xiaomi, ada baiknya tidak perlu ragu untuk segera melakukan kalibrasi.

Apalagi, langkah melakukan kalibrasi baterai Xiaomi dapat terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri. Lalu, bagaimana cara melakukan kalibrasi batera smartphone Xiaomi? Nah, berikut ini merupakan ulasan langkah-langkah melakukan kalibrasi baterai smartphone Xiaomi yang paling mudah, teruji, dan terbukti ampuh.

cara kalibrasi baterai xiaomi

Sumber: https://www.haberjournal.at

1. Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Xiaomi Tanpa Aplikasi (Manual)

Terdapat beberapa metode yang dapat dicoba untuk melakukan kalibrasi baterai smartphone Xiaomi. Cara paling mudah yaitu dengan kalibrasi manual atau disebut dengan melakukan kalibrasi tanpa aplikasi.

Metode ini memang teruji dapat mengkalibrasi baterai dengan baik dan cukup mudah, walau memang diperlukan waktu yang cukup lama. Nah, berikut ini adalah cara yang dapat diikuti untuk melakukan kalibrasi baterai Xiaomi:

  • Langkah pertama, nyalakan smartphone Xiaomi terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, isi atau cas daya baterai hingga mencapai 100%. Supaya baterai smartphone dapat terisi dengan cepat, ada baiknya biarkan ponsel, nyalakan airplane mode, dan matikan paket datanya. اسرار لعبة الروليت
  • Apabila daya baterai telah terisi penuh dan mencapai 100%, silahkan matikan smartphone Xiaomi tersebut.
  • Sesudah smartphone dalam kondisi mati, cas smartphone kembali hingga daya baterainya terisi lagi sampai penuh 100%.
  • Sesudah daya baterai penuh 100%, nyalakan smartphone tersebut kembali dan pakai untuk berbagai hal. Baik untuk bermain game, browsing, menonton video, chating, telepon, atau aktivitas lainnya.
  • Pakai smartphone untuk berbagai aktivitas sampai daya baterainya habis dan menampilkan persentase 0%. Biasanya, smartphone Xiaomi akan langsung mati sendiri jika daya baterainya 0%.
  • Apabila smartphone Xiaomi sudah mati karena kehabisan daya baterai, berikutnya Anda hanya perlu membiarkan saja smartphone tersebut selama 15 menit.
  • Sesudah didiamkan selama 15 menit, cas kembali smartphone Xiaomi tersebut dalam kondisi mati hingga terisi penuh 100%. Pastikan untuk langsung mencabut kabel charger jika baterai smartphone Xiaomi terisi penuh sampai 100%.
  • Lakukan langkah kalibrasi ini hingga tiga kali dengan tujuan supaya hasilnya lebih optimal. Tetapi, metode ini optional sehingga dapat disesuaikan dengan keperluan. Pengguna smartphone dapat melakukan kalibrasi lagi jika memang memerlukan waktu kalibrasi lebih satu kali atau tiga kali.

cara kalibrasi baterai xiaomi

Sumber: https://www.dadroidrd.com

Baca Juga: Cara Menghemat Baterai Xiaomi 4A

2. Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Xiaomi dengan Aplikasi

Tidak hanya menjalankan kalibrasi secara manual atau tanpa aplikasi, terdapat metode lain yang dapat Anda coba untuk melakukan kalibrasi baterai smartphone Xiaomi, yaitu dengan bantuan aplikasi.

Metode kalibrasi baterai Xiaomi yang satu ini cenderung lebih digemari oleh banyak orang. Sebab, sangat mudah dan dapat dilakukan hanya dengan bantuan aplikasi saja. Terdapat sejumlah pilihan aplikasi kalibrasi baterai yang tersedia di Playstore.

Salah satu aplikasi kalibrasi battery yang teruji dan populer yaitu Battery Calibration Pro 2018. Aplikasi satu ini bersifat universal, sehingga cocok dipakai untuk seluruh tipe smartphone Xiaomi. Nah, berikut ini merupakan langkah-langkah untuk kalibrasi baterai memanfaatkan bantuan aplikasi:

  • Langkah pertama, unduh aplikasi Battery Calibration Pro via PlayStore. Anda dapat mengunduhnya melalui link berikut ini:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.batterypro.batteryrepairlife2020
  • Selanjutnya, install aplikasi tersebut hingga berhasil terpasang di smartphone.
  • Apabila sudah selesai diinstal dan terpasang di smartphone, maka bukalah aplikasi tersebut dan berikan izin yang diperlukan bila diminta.
  • Setelah itu, cas atau isi daya baterai smartphone Xiaomi tersebut selama beberapa jam hingga daya baterainya full 100%.
  • Jika baterainya sudah penuh 100%, klik pada menu ‘calibrate’ untuk segera memulai proses kalibrasi baterai. Tetapi, jangan mencabut kabel charger selama menjalankan proses ini.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses kalibrasi baterai selesai dilakukan oleh sistem atau aplikasi.
  • Apabila proses kalibrasi telah selesai, silahkan lakukan restart pada smartphone Xiaomi.
  • Setelah smartphone nyala kembali, maka kemungkinan besar sudah berada pada keadaan baterai yang normal dan tidak error lagi.

Sumber: https://digitaltechnologynews.com

Baca Juga: Kekurangan Xiaomi Note 7

Bagaimana Jika Berbagai Metode di Atas Sudah Dicoba, Namun Belum Maksimal Hasilnya?

Pada dasarnya, cara kerja dari kalibrasi baterai yaitu dengan cara mencocokkan status baterai dari yang sebelumnya mengalami masalah atau error menjadi normal kembali. Jika smartphone Xiaomi mengalami masalah, seperti misalnya proses charging terlalu lama atau terlalu cepat, smarphone kerap mati sendiri, atau masalah lainnya.

Maka, masalah sejenis ini dapat diatasi dengan langkah melakukan kalibrasi baterai Xiaomi. Baik memanfaatkan aplikasi atau tanpa aplikasi. Sebagian besar metode ini akan berhasil mengembalikan keadaan baterai Xiaomi menjadi normal kembali. Tetapi, beberapa pemakai mungkin tidak berhasil memanfaatkan cara ini.

Tidak hanya itu, perlu diketahui bahwa cara kalibrasi baterai ini tidak boleh dilakukan terlalu sering. Apabila Anda sudah melakukannya sesekali tetapi hasilnya tidak sesuai harapan, ada baiknya Anda tidak perlu mengulanginya berkali-kali karena dapat semakin memperburuk kondisi smartphone itu sendiri.

Apabila kalibrasi baterai tidak berhasil, maka ada baiknya bawa smartphone ke tempat service untuk memperoleh saran dan penanganan yang terbaik. Melakukan kalibrasi baterai Xiaomi dengan cara yang tepat, diharapkan dapat membuat smartphone tersebut lebih awet dan nyaman dipakai.

Perlu diingat juga, jangan asal-asalan dalam mengkalibrasi baterai Xiaomi. Apabila berbagai metode di atas sudah dicoba, tetapi belum optimal hasilnya. paypal عربي Maka bisa jadi ada kerusakan pada baterai Xiaomi atau komponen smartphone lainnya yang berpengaruh pada kinerja baterai Xiaomi.

Itulah berberapa langkah untuk mengkalibrasi baterai Xiaomi yang dapat Anda coba, semoga ulasan artikel informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga: Cara Mengecek Xiaomi Asli

Pencarian terkait:

  • aplikasi kalibrasi baterai xiaomi
  • cara kalibarasi baterai xiaomi
  • cara mengkalibrasi redmi 4a
  • cara servis hp xiaomi
  • kalibrasi baterai redmi
  • kalibrasi baterai xiaomi

Baca juga  Kenapa Layar HP Samsung Berubah Warna Hijau? Ini Penyebab dan Solusinya