Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5A

kekurangan xiaomi redmi note 5a

kekurangan xiaomi redmi note 5a

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5AXiaomi Redmi Note 5A merupakan HP Xiaomi terjangkau yang memiliki banyak keunggulan. Namun, tentu saja HP ini tidak luput dari yang namanya kelemahan. HP ini merupakan seri Xiaomi dengan layar yang lebar.

Layar Xiaomi Redmi Note 5A ini mengusung 5,5 inches dengan resolusi HD. Selain itu, layarnya juga ditopang dengan baterai Li-Ion 3080 mAh. HP ini telah dibekali Snapdragon 425 dengan dukungan RAM 2GB. Chipset yang dipakai pun tergolong umum untuk HP dengan harga 1-jutaan.

Jadi, memang seharusnya tidak terlalu masalah untuk pemakaian media sosial, internet, bahkan untuk main game. Namun, sebelum Anda membelinya, ada baiknya Anda juga mengetahui apa saja kekurangan Xiaomi Redmi Note 5A ini.

Apa saja kira-kira kekurangannya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai kekurangan Xiaomi Redmi Note 5A yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5A yang Perlu Anda Ketahui!

kekurangan xiaomi redmi note 5a

Sumber: https://id.priceprice.com

1. Tidak Adanya Fingerprint

Tidak adanya sensor fingerprint atau sensor sidik jari menjadi kelemahan tersendiri dari Xiaomi Redmi Note 5A. Sebab, di harga 1 jutaan terdapat HP lain yang menghadirkan fitur ini. Sebenarnya, pengalaman menggunakan HP ini dapat memperoleh nilai lebih baik apabila Xiaomi Redmi Note 5A mempunyai sensor sidik jari.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Ngelag Xiaomi

kekurangan xiaomi redmi note 5a

Sumber: https://www.idntimes.com

2. Proses Charging yang Lama

Xiaomi Redmi Note 5A memang memiliki daya tahan yang lumayan baik, namun untuk proses charging atau pengisian daya sendiri tergolong lama. Banyak yang sudah menguji jika pengisian daya HP ini sampai 100% memerlukan waktu sekitar 4 jam kurang atau bahkan mendekati 4 jam.

Sebenarnya, supaya proses charging dapat lebih cepat, sangat direkomendasikan menggunakan charger yang mendukung quick charge.

Pengisian dayanya tidak secepat pada HP yang sudah memakai charger fast charging dan sudah mendukung fast charging. Namun setidaknya, penggunaan cas-an bertipe quick charge dapat lebih cepat pengisian dayanya daripada charger bawan.

Sumber: https://carisinyal.com

3. Visibilitas Layar yang Kurang Baik

Sebenarnya, beda lagi ceritanya jika HP ini mengusung layar 5 inch HD. Namun, Xiaomi Redmi Note 5A hadir dengan layar 5,5 inch, serta dengan resolusi 1280 x 720 pixels. Spesifikasi layar ini menjadikan tampilan layarnya menjadi standar.

Visibilitas layar Xiaomi Redmi Note 5A pun kurang baik, apalagi jika dioperasikan di bawah sinar matahari. Untuk dapat melihat jelas, kontras layar HP ini tentu butuh ditingkatkan. Daripada dengan HP lain di kelas yang sama, ada HP yang fitur layarnya terlihat jelas walau di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Layar Sentuh Xiaomi Tidak Berfungsi

Sumber: https://carisinyal.com

4. RAM 2 GB yang Pas-pasan

Xiaomi Redmi Note 5A dihadirkan dengan RAM 2 GB. Untuk keperluan pemakaian aplikasi dasar, RAM 2 GB ini sudah cukup. Apalagi HP ini mengusung MIUI yang mempunyai perpindahan aplikasi yang smooth.

Hanya saja apabila dipakai untuk aplikasi yang berat, seperti game, maka akan sedikit berat untuk proses perpindahan walaupun masih tahap wajar dan tidak mengganggu. Dapat dikatakan bahwa RAM 2 GB ini masih tergolong pas-pasan.

Sumber: https://carisinyal.com

5. Memori Internal yang Kecil

Xiaomi Redmi Note 5A hanya mempunyai memori internal 16 GB. Untuk keperluan pemakaian HP Android zaman sekarang, RAM 16 GB ini masih kurang.

Dengan asumsi, pemakaian aplikasi umum seperti chat dan media sosial serta aplikasi lainnya, memori internalnya akan terasa sesak. Apalagi jika Anda kerap berfoto atau merekam video dan menyimpannya di HP. Bagi yang gemar bermain game juga perlu diingat bahwa banyak game yang populer dan menyita banyak ruang.

Oleh karena itu, pengguna yang menggunakan Redmi Note 5A memang sebaiknya memakai penyimpanan tambahan via microSD. Sedangkan untuk yang tidak mau menggunakan microSD, tentu saja akan menikmati ruang sempit 16 GB.

Baca Juga: Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note 5A ini memang terbilang cukup pas performanya untuk HP seharga 1-jutaan. Tidak adanya fast charging memang menjadi kelemahan tersendiri, namun masih dapat dimaklumi.

Namun yang sangat disayangkan yaitu mengenai ruang penyimpanan yang hanya 16 GB saja, hal tersebut tentu memaksa pengguna untuk menambah memori eksternal.

Xiaomi Redmi Note 5A lebih cocok dipakai bagi pengguna yang butuh HP 1,5 jutaan untuk keperluan pemakaian aplikasi dasar dan populer. Untuk para pemain game sepertinya kurang cocok apabila membeli HP ini, mengingat game umumnya mempunyai ukuran file yang besar.

Itulah ulasan mengenai kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5A yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel diatas dapat membantu bagi Anda yang berencana membeli Xiaomi Redmi Note 5A dan sedang mencari referensi tentang kelemahannya.