Resep Kue Sagon Santan

resep kue sagon santan

resep kue sagon santan

Resep Kue Sagon Santan – Kue sagon merupakan salah satu kue kering yang kerap tampil di berbagai momen hajatan dan hari raya lebaran. Kue ini terbuat dari berbagai jenis campuran tepung dan juga parutan kelapa kering.

Sagon memiliki citarasa khasnya tersendiri, berasa manis, gurih dan juga renyah sekaligus dalam tiap gigitannya. Kue ini cukup populer di kalangan mmasyarakat Indonesia terutama daerah Jawa dan juga Betawi.

Kue sagon sendiri biasanya diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Biasanya untuk kue sagon yang dibakar, akan berwarna kecoklatan. Sedangkan yang dipanggang berwarna putih bersih.

BACA JUGA : Cara Pake Masker Spirulina

Nah, bagi kalian yang sangat suka dengan kue kering satu ini, kalian bisa coba buat sendiri di rumah. Bahan-bahannya juga sangat mudah dijumpai di pasaran derta ekonomis.

Tak usah berlama-lama lagi , yuk simak  ulasan mengenai resep kue sagon santan yang rasanya selalu nagih berikut. Simak hingga akhir ya Foodies!

BACA JUGA : Cara Memakai Serum Hanasui

 

Resep Kue Sagon Santan Keju Panggang

Sumber : https://cf.shopee.co.id/

Bahan yang digunakan :
125 gram – Tepung terigu protein rendah
Tepung larut – 125 gram (siap pakai)
300 gram – Kelapa kering halus (siap pakai)
175 gram – Gula pasir
50 ml – Santan kental
50 gram – Keju parut
1 sdt garam dapur

 

Langkah Cara Membuat :

1. Langkah pertama siapkan wadah (baskom) berukuran sedang. Kemudian masukkan bahan seperti tepung terigu, tepung larut, kelapa kering, gula pasir, keju dan  juga garam ke dalam baskom.

2. Aduk dan campurkan bahan-bahan tersebut menggunakan spatula kue hingga tercampur rata.

3. Setelah itu,  tambahkan air santan kental sedikit demi sedikit. Aduk kembali hingga semua bahan benar-benar tercampur rata.

4. Jika adoanan untuk sagon sudah jadi, ambil cetakan sagon dan olesi dengan mentega tipis-tipis saja.

BACA JUGA : Resep Putu Ayu untuk Jualan 1000

5. Selanjutnya, masukkan kurang lebih 1 sendok makan adonan tersebut kedalam cetakan sambil agak lebih ditekan agar padat dan merata. Lakukan cara satu ini hingga adonan sagon habis.

6. Sembari mencetak sagon, kamu dapat memanaskan oven denagan api kecil-sedang. Setelah panas, masukkan cetakan sagon ke dalamnya lalu panggang hingga sagon matang dan kering.

7. Angkat dan biarkan agar lebih dingin, keluarkan sagon dari loyang  cetakannya. Kue sagon keju siap disantap dan dihidangkan.

BACA JUGA : Resep Pentol Pedas Malang

Dalam proses pemanggangan, kamu harus mengawasinya dengan ekstra. Karena jika terlalu lama dan over, tekstur kue sagon akan menjadi gosong dan pahit. Kamu dapat  memanggangnya hingga adonan kue menjadi kering dan berwarna putih kecokelatan, lalu angkat.

Nah, itulah berbagai rangkaian cara membuat sagon berdasarkan resep kue sagon santan dari Caraprofesor.com. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian dalam memasak. Selamat mencoba!

BACA JUGA : Resep Tempe Goreng Terigu Renyah