Cara Mengatasi HP Ngelag Xiaomi

cara mengatasi hp ngelag xiaomi

cara mengatasi hp ngelag xiaomi

Cara Mengatasi HP Ngelag Xiaomi – Xiaomi merupakan salah satu merek smartphone yang sekarang ini sedang naik daun di Indonesia. Tidak hanya karena harganya yang murah, spesifikasi yang ditawarkan juga cukup menarik.

Namun, hal tersebut tidak membuat smartphone Xiaomi menjadi “kebal” terhadap lag, ya. Seiring dengan penggunaan dan banyaknya aplikasi yang terinstall, smartphone Xiaomi juga tidak jarang dapat mengalami lag.

Apabila sekarang ini smartphone Xiaomi Anda terasa lambat, lag, hang atau semacamnya, maka Anda dapat mencoba beberapa cara dibawah ini untuk mengatasinya.

Apa saja cara mengatasinya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai cara mengatasi HP ngelag Xiaomi yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Cara Mengatasi HP Ngelag Xiaomi yang Dapat Anda Coba

Cara dibawah ini dapat Anda aplikasikan ke seluruh tipe smartphone Xiaomi, ya. Bahkan, Anda juga dapat memanfaatkan cara ini untuk smartphone lain, yang terpenting masih memakai Android sebagai sistem operasinya. Berikut ini adalah cara mengatasi HP ngelag Xiaomi yang dapat Anda ikuti:

cara mengatasi hp ngelag xiaomi

Sumber: https://www.merdeka.com

1. Hapus Aplikasi dan Game yang Sudah Tidak Digunakan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi smartphone Xiaomi lag atau lemot yaitu dengan menghapus aplikasi dan game yang sudah tidak dipakai lagi.

Cobalah Anda perhatikan satu persatu aplikasi yang terinstall di smartphone Xiaomi Anda. Lalu hapus aplikasi dan game yang sudah tidak pernah Anda gunakan lagi.

Tidak hanya mengatasi lemot, penyimpanan smartphone Xiaomi Anda juga menjadi lebih lega. Sehingga, dapat digunakan untuk menyimpan foto atau video lebih banyak.

cara mengatasi hp ngelag xiaomi

Sumber: https://getdailybuzz.com

2. Hentikan Aplikasi yang Berjalan Dilatar Belakang

Langkah kedua yaitu dengan menghentikan aplikasi dilatar belakang. Langkah satu ini sangat efektif untuk mengurangi pemakaian RAM smartphone Xiaomi.

Jadi, smartphone Xiaomi Anda akan terasa lebih ringan dan tidak lag lagi. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghentikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang:

  • Buka menu Setelan.
  • Lalu pilih Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda hentikan, kemudian pilih Hentikan aplikasi.
  • Anda dapat menghentikan seluruh aplikasi yang diinginkan. Semakin banyak semakin baik.

Baca Juga: Cara Melacak HP Xiaomi

cara mengatasi hp ngelag xiaomi

Sumber: https://dribbble.com

3. Jangan Gunakan Widget

Widget memang akan menjadikan tampilan homescreen menjadi lebih menarik. Namun, terdapat harga yang harus dibayar untuk itu. Salah satunya yaitu performa smartphone Anda akan menurun.

Hal ini dikarenakan butuh resource yang banyak untuk menjalankan widget. Oleh karena itu, jika tidak terlalu penting, sebaiknya hapus widget dari homescreen Anda.

Sumber: https://techijau.com

4. Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi

Fitur sinkronisasi memang sangat bermanfaat. Anda dapat menyelaraskan data smartphone dengan data yang disimpan di cloud. Namun, tidak selamanya fitur ini perlu diaktifkan. Aktifkan fitur sinkronisasi pada saat tertentu saja. Salah satunya yaitu ketika terhubung ke wifi.

Nonaktifkan fitur sinkronisasi ketika Anda tidak tersambung ke wifi. Tidak hanya mengatasi HP lag, menonaktifkan fitur sinkronisasi juga akan membuat Anda lebih hemat paket data.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Mode Headset di HP Xiaomi

Sumber: https://www.nextpit.com

5. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Sama seperti widget, pengaplikasian live wallpaper juga akan menjadikan smartphone menjadi lebih lemot. Khususnya jika smartphone Anda mempunyai spesifikasi yang rendah. Jadi, sebaiknya jangan aplikasikan live wallpaper, ya. Aplikasikan gambar wallpaper biasa saja.

Sumber: https://hipoin.com

6. Nonaktifkan Fitur Bluetooth

Sama halnya dengan fitur sinkronisasi, fitur bluetooth juga sebaiknya Anda nonaktifkan apabila sedang tidak diperlukan. Sebab, apabila Anda mengaktifkannya terus seharian, smartphone Anda akan menjadi lag dan juga lemot.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren di HP Xiaomi

Sumber: https://eraspace.com

7. Jangan Gunakan Aplikasi Antivirus

Penggunaan antivirus lebih banyak mudarat dari pada manfaatnya. Aplikasi antivirus akan berjalan terus dilatar belakang, sehingga akan menyita banyak ruang RAM. Sehingga menyebabkan smartphone menjadi lemot.

Oleh sebab itu, jangan gunakan aplikasi antivirus di HP Anda. Apalagi saat ini setiap smartphone telah dilengkapi dengan aplikasi sejenis antivirus secara bawaan. Jadi, antivirus sudah tidak diperlukan lagi.

Sumber: https://my-best.id

8. Gunakan SD Card dengan Class yang Tinggi

Apabila smartphone Anda mendukung penggunaan memory eksternal, maka Anda jangan asal menggunakan SD Card. Manfaatkan SD Card dengan class atau kelas yang tinggi. Rekomendasi SD Card yang dapat Anda gunakan yaitu dengan class 10.

Baca Juga: Keyboard Xiaomi Tidak Muncul

Sumber: https://gadget2reviews.com

9. Nonaktifkan Fitur GPS

Satu lagi fitur smartphone yang tidak perlu Anda aktifkan sepanjang waktu, yaitu GPS. Hidupkan fitur ini pada saat tertentu saja. Contohnya pada saat Anda ingin pergi ke suatu tempat dan menggunakan Google Maps.

Sumber: https://bogor.tribunnews.com

10. Hapus Aplikasi Sosial Media

Sudah tidak diragukan lagi bahwa aplikasi sosial media merupakan aplikasi “pemakan” RAM yang cukup rakus. Jadi, Anda dapat menghapus koleksi aplikasi sosial media Anda seperti Facebook, Twitter dan lainnya.

Gunakanlah aplikasi sosial media yang sering Anda pakai saja. Sebagai alternatif, Anda dapat mengakses sosial media melalui browser. Hal tersebut akan lebih hemat RAM smartphone.

Baca Juga: Cara Melihat Foto yang Sudah Dihapus di HP Xiaomi

Sumber: https://webdev-id.com

11. Gunakan 1 Aplikasi Pesan Instan Saja

Tidak hanya aplikasi sosial media, aplikasi pesan instan juga menyita cukup banyak RAM. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan 1 aplikasi pesan instan saja. Hal ini bertujuan agar smartphone Anda tidak terlalu lag dan lemot.

Sumber: https://tfq.me

12. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Sejumlah aplikasi seperti Facebook, menghadirkan versi dasar atau yang kerap disebut dengan Lite. Biasanya, aplikasi versi Lite ini lebih ringan. Entah dari segi ukuran aplikasi ataupun penggunaan RAM-nya. Nah, Anda dapat memilih memakai aplikasi versi Lite supaya smartphone Xiaomi Anda tidak terlalu lag.

Baca Juga: Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Sumber: https://jalantikus.com

13. Simpan Data di Cloud Storage Daripada di Smartphone

Penyebab hp lag lainnya yaitu karena terlalu banyak menyimpan data di penyimpanan smartphone. Jadi, coba pindahkan data-data Anda ke tempat lain, salah satunya yaitu aplikasi cloud storage. Selanjutnya, hapus data-data Anda yang terdapat di smartphone, supaya lebih ringan smartphone-nya.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi HP ngelag Xiaomi yang dapat Anda coba. Tidak hanya untuk smartphone Xiaomi, cara-cara diatas juga dapat Anda lakukan untuk smartphone merek lain. Semoga ulasan artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda.