Cara Memakai Mobil Matic

Cara Memakai Mobil Matic

Cara Memakai Mobil Matic

Cara memakai mobil matic – Bagi kamu yang baru pertama kali mengendarai kendaraan beroda empat matic, mungkin kamu masih kebingungan bagaimana kendaraan beroda empat ini dikemudikan. Bingung mengenai hal yang demikian kerap kali diutarakan oleh orang yang belum pernah menyetir sebelumnya.

Bagi orang yang telah terbiasa mengendarai kendaraan beroda empat, tentu mengendarai kendaraan beroda empat matic ataupun manual tak akan terasa begitu selit. Kamu juga mungkin bertanya bagaimana sistem menyetir kendaraan beroda empat matic bagi pemula.

Mengendarai kendaraan beroda empat yang satu ini terbilang cukup gampang, malah jikalau telah terbiasa, mengendarai kendaraan beroda empat matic akan lebih mudah diperbandingkan mengendarai kendaraan beroda empat manual.

Hal ini dikarenakan kamu tak perlu untuk mengendalikan kopling ataupun merubah gigi, pasalnya segala hal ini telah bisa dijalankan secara otomatis. Oleh sebab itu, kendaraan beroda empat yang satu ini dianggap lebih nyaman lebih-lebih bagi kamu yang tinggal di kota besar dengan tingkat kemacetan yang tinggi.

Baca juga: Lampu Indikator Mobil Menyala Terus, Apakah berbahaya?

Kamu cuma perlu mengerjakan berhenti and go tanpa seharusnya disertai dengan memindahkan gigi atau menginjak kopling terlebih dulu. Nah, untuk kamu yang baru pertama kali mengendarai kendaraan beroda empat ini tentu seharusnya berhati-hati. Hal ini dikarenakan kamu dapat saja salah menginjak pedal rem dengan pedal gas sebab belum terbiasa. Tentu jikalau terjadi hal ini dapat menjadi membahayakan.

Tidak sedikit kasus yang menunjukan kecelakaan kendaraan beroda empat imbas salah injak pedal rem dan gas hal yang demikian. Kamu tentu tak berharap mengalami hal serupa bukan?

Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari beragam hal mengenai sistem menyetir kendaraan beroda empat matic yang benar sampai alhasil kamu bisa terampil untuk membawa kendaraan beroda empat hal yang demikian di jalan raya. Berikut adalah beberapa cara memakai mobil matic yang bisa kamu coba terapkan.

Cara Memakai Mobil Matic

cara memakai mobil matic
Sumber: https://cms.daihatsu.co.id/

Baca juga : Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Berikut sebagian hal yang seharusnya diperhatikan dikala menyetir kendaraan beroda empat matic untuk pertama kali atau bagi kamu yang masih tergolong pemula.

1. Pastikan Dahulu Tuas Berada Dalam Posisi P/Parkir

Cara mengemudi kendaraan beroda empat matic bagi pemula yaitu dengan menentukan tuas berada di posisi yang benar. Sebelum menyalakan kendaraan beroda empat, posisi tuas ini seharusnya ada di posisi P, atau dapat juga pada posisi N.

Pastikan tuas tak sedang berada di posisi reverse atau R. posisi ini berarti mundur. Mobil matic sendiri cuma akan dapat dihidupkan jikalau posisi tuas berada di posisi N atau P.

2. Jangan Langsung Hidupkan Mesin

Namun ketika kamu sudah memasukan kunci pada lubangnya, sebaiknya jangan seketika menyalakan mesin. Akan tetapi, pastikan untuk menunggu hingga jarum berputar dan indikator sudah aktif atau menyala.

Pada sebagian tipe kendaraan beroda empat matic umumnya untuk memberikan indicator sudah menyala dan kelistrikan telah hidup karenanya kendaraan beroda empat akan memberikan bunyi. Jika semua indikator hal yang demikian telah aktif, karenanya kamu telah dapat menyalakan mesin kendaraan beroda empat tersebut.

3. Injak Pedal Rem Saat Starter – Cara Memakai Mobil Matic

Untuk sebagian kendaraan beroda empat matic tertentu mesin kendaraan beroda empat tak akan berada pada posisi hidup jikalau kamu tak menginjak serta menekan pedal komponen rem. Oleh karena itu, sebaiknya dikala akan menstarter kendaraan beroda empat seketika saja menginjak rem.

Namun pada sebagian kendaraan beroda empat matic, sistem ini tak dibutuhkan. Jadi pastikan kamu mengetahui jenis mobil yang akan dikendarai.

4. Menekan Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas

Namun mesin telah bisa menyala, karenanya langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan yaitu memindahkan tuas yang semula berada pada posisi P atau N, dipindahkan ke posisi juas R atau D. Tapi dikala kamu akan memindahkan tuas pada persneling, lebih bagus untuk dibarengi dengan menekan pedal bagian rem. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya resiko kerusakan pada mesin kendaraan beroda empat matic.

cara memakai mobil matic
Sumber: https://www.lampost.co/

Baca juga: Cara Setting Bluetooth Audio Mobil

5. Pahami Fungsi Tuas Transmisi – Cara Memakai Mobil Matic

Tuas transmisi atau yang juga disebut sebagai perseling yaitu bagian yang sungguh-sungguh penting pada kendaraan beroda empat.

Pada lazimnya kendaraan beroda empat matic sendiri mempunyai sebagian pengendalian transmisi seperti P, D, R, N, M. Pastikan kamuu telah memahami betul dari tiap fungsi transmisi hal yang demikian sehingga dikala mengendarai kendaraan beroda empat matic akan jauh lebih aman sekalian agar kamu tak mengerjakan kekeliruan dikala memindahkan gigi pada transmisi ini.

6. Gunakan Mode Berkendara – Cara Memakai Mobil Matic

Jika beragam kendaraan beroda empat matic malah telah dilengkapi dengan riding mode. Kamu dapat memilih mode yang layak salah satunya yaitu mode ekonomis.

Mode yang satu ini pantas sekali untuk kamu yang berharap berkendara dengan lebih santai memakai kendaraan beroda empat matic.Jika kamu berharap berkendara dengan kecepatan yang lebih tinggi, kamu dapat memakai mode sport. Mode yang satu ini akan membikin daya kerja mesin kendaraan beroda empat menjadi lebih optimal.

7. Sistem Transmisi Manual

Pada lazimnya, kendaraan beroda empat matic juga dilengkapi dengan adanya mode manual. Cara untuk mengoperasikannya malahan seperti itu gampang. Kamu malah tidak perlu untuk mengerjakan perpindahan gigi serta menginjak kopling.

Cara mengoperasikan transmisi manual ini yaitu dengan memindahkan posisi tuas transmisi pada mode manual atau yang disimbolkan dengan M. jikalau Anda berharap bermigrasi gigi. Anda cuma perlu menggeser tuas (+) yang berarti menambah gigi, atau menggeser tuas (-) yang berkhasiat untuk mengurangi gigi. Untuk memakai mode ini, Kamu perlu menekan pedal rem.

Itulah 7 sistem menyetir kendaraan beroda empat matic bagi pemula yang seharusnya kamu ketahui. Pada dasarnya mengendarai kendaraan beroda empat matic memang lebih gampang jikalau diperbandingkan dengan mengendarai kendaraan beroda empat konvensional.

Bagi kamu yang telah terbiasa mengendarai kendaraan beroda empat konvensional malahan tak akan memerlukan waktu yang lama untuk terbiasa mengendarai kendaraan beroda empat matic. Jika kamu pemula, pastikan untuk mengendarai kendaraan beroda empat ini di trek yang sepi sesudah terampil barulah kamu bisa mengendarainya di jalan raya yang ramai agar lebih aman.