Cara Menghilangkan Mode Headset di HP Xiaomi

cara menghilangkan mode headset di hp xiaomi

cara menghilangkan mode headset di hp xiaomi

Cara Menghilangkan Mode Headset di HP Xiaomi – Meskipun telah mengusung spesifikasi di atas rata-rata, tidak jarang juga perangkat smartphone buatan Xiaomi yang terlepas dari masalah. Terdapat sejumlah masalah yang menghantui HP Xioami, salah satunya yaitu mode headset di HP Xiaomi tetap aktif walau tidak terpasang.

Masalah ini tidak hanya di HP Xiaomi saja, namun smartphone lainnya juga pernah mengalami aktifnya mode headset pada saat headset sebenarnya tidak terpasang. Dikarenakan hal tersebut banyak dari pengguna HP Xiaomi yang kebingungan.

Ketika mode headset aktif, maka speaker serta mikrofon di HP akan mati. Karena adanya bug seperti ini, pengguna akan kesulitan ketika ingin menggunakan smartphone. Sebab, audio tidak bekerja dengan semestinya. Misalnya saja, pengguna tidak dapat memutarkan lagu, memutar video, atau merekam suara.

Bahkan, parahnya lagi pengguna tidak bisa melakukan panggilan suara seperti biasanya. Lalu bagaimana cara menghilangkan mode headset di HP Xiaomi? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Cara Menghilangkan Mode Headset di HP Xiaomi

Mode headset di HP Xiaomi yang aktif walau perangkat headset tidak terpasang di HP Xiaomi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Nah, terdapat tiga hal yang menyebabkan mode headset aktif di HP Xiaomi dengan sendirinya. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasinya:

cara menghilangkan mode headset di hp xiaomi

Sumber: https://lemoot.com

1. Port Jack Audio Kotor

Penyebab yang paling ringan yaitu bisa jadi port jack audio kotor. Pemakaian yang begitu lama, menyebabkan lubang konektor dapat kemasukan debu, air, sampai kotoran tanpa Anda sadari.

Dengan demikian, Anda perlu membersihkan dengan memakai cotton bud (lidi kapas). Perlu diingat, Anda harus hati-hati ketika melakukannya, jangan sampai merusak perangkat keras dari smartphone.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fake GPS di Xiaomi

cara menghilangkan mode headset di hp xiaomi

Sumber: https://gobloggerjpr.blogspot.com

2. Ada Kesalahan di Sistem

Mode headset aktif, tetapi perangkat headset tidak terpasang. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan kesalahan pada sistem audio HP Xiaomi. Hal tersebut bisa saja terjadi apabila sistem mengindentifikasi perangkat terhubung sebelumnya. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Langkah pertama, buka menu Settings di HP Xiaomi Anda.
  • Kemudian pilih Sound and Vibration.
  • Berikutnya buka Audio Settings.
  • Pilihlah salah satu tipe headset dari daftar yang terlihat.
  • Hubungkan headset ke perangkat dan lalu lepaskan.

Sementara untuk perangkat sistem baru, Anda bisa menjumpai opsi di bagian SettingsAdditionalSettingsHeadphones & audio effects. Kemudian ikuti seperti langkah di atas.

Tidak hanya disebabkan kesalahan dari sistem peningkatan audio, masalah tersebut juga dapat karena kesalahan sistem secara umum. Dengan demikian, Anda bisa melakukan restart perangkat, memperbarui sistem operasi, hingga flash ulang apabila perlu.

Baca Juga: Cara Melacak HP Xiaomi

Sumber: https://www.leskompi.com

3. Komponen Audio Rusak

Penyebab terakhir yang paling fatal yaitu rusaknya komponen seperti IC khusus audionya. Untuk masalah terakhir ini ada baiknya Anda bawa saja HP Xiaomi ke tempat service terpercaya untuk memperbaiki komponennya.

Itulah sejumlah metode untuk menghilangkan mode headset di HP Xiaomi yang aktif walau tidak terpasang. Jadi mulai sekarang, tidak ada alasan lagi apabila HP Anda masih mengalami masalah.