Biji Kopi Berkualitas Dan Cara Memilihnya

Posted on

Biji kopi  berkualitas tentu saja akan menciptakan rasa yang berkualitas pula. Artinya berdasarkan bahan kopi yang baik maka rasa kopi yang dihasilkan juga akan semakin baik. Kopi dikenal sebagai minuman yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Kopi menjadi hidangan minuman yang wajib di setiap cafe di Indonesia. Dalam memilih kopi yang berkualitas, anda dapat menggunakan beberapa cara berikut ini yaitu :

Cara Memilih Biji Kopi Terbaik Dan Berkualitas

biji kopi berkualitas

  • Gunakan kopi yang segar

    Kopi yang segar akan memberikan cita rasa yang enak puka. Sehingga akan memberikan aroma yang membuat penikmat kopi merasa ketagihan. Untuk mendapatkan kopi yang baik untuk dikonsumsi maka pilihlah kopi yang dalam waktu 3 minggu setelah tanggal roastingnya.

  • Pilihlah kopi dengan tekstur yang baik

    Kopi yang baik memiliki tekstur yang lembut seperti bertepung. Selain itu, anda perlu memperhatikan penampilan kopi yang sedikit pudar, datar serta menciut dari segi bentuk.

  • Memilih kopi dengan aroma yang khas

    Aroma menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi siapapun penikmatnya. Kopi yang memiliki aroma berkualitas adalah kopi yang segar. Kemudian sebaliknya, bahwa kopi yang memiliki aroma lemah merupakan kopi yang tidak fresh.

  • Kopi yang memiliki warna coklat gelap

    Biji kopi berkualitas  adalah kopi yang warnanya tidak terdapat bintik hitam atau coklat gelap, sebab hal ini menjadi pertanda bahwa terdapat kerusakan pada biji kopi tersebut.

    Adanya bintik berwarna hitam atau coklat adalah jamur yang dihasilkan oleh adanya pertumbuhan jamur sehingga melahirkan aflatoksin.

  • Kopi yang tampilannya sempurna

    Kopi yang berkualitas dapat dilihat dari ciri – cirinya yang baik.  Biji kopi yang berkualitas memiliki warna kehijau – hijauan yang seragam serta tidak adanya celah atau lubang pada kopi.

Terdapat 2 ( dua ) jenis biji kopi berkualitas berdasarkan dari selera para pecinta kopi. Adapun kedua jenis tersebut adalah sebagai berikut :

Jenis Kopi Berkualitas Menurut Berdasarkan Dari Selera Pecinta Kopi

⦁ Arabika

Arabika adalah jenis kopi yang memberikan rasa serta aroma yang berbeda. Kopi arabika cenderung memiliki cita rasa yang asam dan lembut. Kopi arabika merupakan tanaman yang tumbuh di bawah kanopi hutan dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Salah satu perbedaan biji kopi berkualitas dengan yang tidak berkualitas adalah terletak pada tekstur serta aroma kopi. Dari segi ukuran kopi arabika tergolong besar dibandingkan kopi robusta.

⦁ Robusta

Biji kopi Robusta adalah jenis kopi yang rasanya tergolong pahit. Jenis kopi ini pada umumnya tumbuh di daerah dataran rendah atau di ketinggian 400 – 800 meter dari permukaan laut.

Biji kopi berkualitas robusta ini sangat cocok ditanam di daerah tropis dengan umur 2 – 5 tahun masa pertumbuhan. Kopi robusta cenderung mirip dengan jenis kacang – kacangan yang lebih pahit dan kasar.