Manfaat Membaca bagi Siswa Sekolah yang Berdampak Positif…

Posted on

manfaat membaca bagi siswa

Manfaat Membaca bagi Siswa – Apakah Anda gemar membaca buku? Buku merupakan jendela dunia, membaca merupakan kuncinya. Kamu cuma bisa membaca jendela dunia dengan membukanya, yaitu melalui aktivitas membaca.

Membaca akan menambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman. Sekarang ini anak Indonesia sangat kurang tertarik untuk membaca, kebanyakan aktivitasnya digunakan untuk bermain dan menonton. Perkembangan teknologi yang menyebar sangat cepat juga menjadi salah satu faktor kurangnya ketertarikan membaca pada anak.

Untuk membiasakan budaya membaca pada anak yaitu dengan metode membaca sambil bermain. Sehingga dengan begitu anak-anak akan berminat untuk membaca dan bisa terbiasa dengan budaya membaca. Membaca merupakan sebuah kewajiban kalau kita ingin menguasai dunia.

Melalui membaca, pandangan kita terhadap hal-hal baru yang tidak kita ketahui sebelumnya menjadi lebih terbuka. Apabila sebelumnya membaca identik dengan buku. Maka di zaman kini yang serba komputerisasi ini membaca tidak cuma terpaku pada membaca buku, sebab semua informasi terupdate sudah tersedia di dunia maya.

Lalu apa saja manfaat membaca bagi siswa? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat membaca bagi siswa sekolah yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

manfaat membaca bagi siswa

Sumber: https://www.gramedia.com

Beberapa Manfaat Membaca bagi Siswa Sekolah yang Berdampak Positif…

1. Menambah Kosakata Anak

Melalui membaca, maka anak akan terbiasa untuk mendengar beragam kosakata baru. Dengan membaca akan memperkaya mereka dalam memahami berbagai kata yang ada disekitar mereka. Hal tersebut juga merupakan salah satu metode yang paling efektif untuk membuat otak agar lebih berkembang. Sebab, anak akan distimulasi untuk memperkaya “bahasa” mereka.

Sebagai contohnya, sebuah penelitian di Rhode Island Hospital, Amerika Serikat, dengan membandingkan dua kelompok balita yang berusia delapan bulan. Kelompok yang sering dibacakan buku cerita oleh orang tuanya adalah kelompok pertama dan kelompok kedua sebaliknya.

Hasilnya bahwa kosakata beserta pemahaman balita pada kelompok pertama meningkat menjadi 40 persen, sedangkan kelompok non membaca cuma meningkat 16 persen.

2. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Akan membantu anak lebih mudah dalam berkomunikasi dengan kosakata yang semakin banyak. Karena mereka kaya dengan berbagai kata dan kalimat, mereka akan lebih percaya diri dalam berbicara. Susunan yang baik dalam berdialog pun secara perlahan akan berpengaruh pada cara mereka berkomunikasi.

Selain itu, dikala orang tua membacakan buku ke anak sebaiknya dengan volume suara yang bisa didengar baik oleh mereka (read a loud). Sebab dengan read a loud, orang tua akan mengajarkan banyak keterampilan dalam berkomunikasi. Anak akan tahu bagaimana cara berbicara, memperdengarkan dan membaca yang baik.

Baca Juga: Apa Manfaat Hidup Rukun dalam Masyarakat? Yuk, Simak Ulasan Berikut!

3. Mengenalkan Konsep Baru

Berbagai macam konsep dalam kehidupan bisa orang tua kenalkan melalui membaca. Mulai dari pengenalan berbagai tipe warna, bentuk, huruf, angka dan lain-lain.

manfaat membaca bagi siswa

Sumber: https://jatimtimes.com

4. Melatih Kemampuan Berpikir Logis

Membaca bisa melatih anak untuk berpikir logis. Dengan membaca bisa pula membantu kemampuan berpikir awal mereka. Ketika orang tua membacakan buku untuk anak, mereka akan belajar untuk memahami sebab dan akibat, belajar untuk menjunjung tinggi logika, serta berpikir secara abstrak.

Anak juga akan belajar mengenai dasar-dasar apa yang benar dan salah, serta konsekuensi dari suatu tindakan. Biasakan anak untuk berani mengambil keputusan sendiri. موقع ٣٦٥ Dari situasi yang mereka hadapi diperlukan kemampuan bernalar, yakni kemampuan untuk menarik kesimpulan yang tepat dari bukti-bukti yang ada.

Karena dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan bernalar ini sangat penting. Contohnya, anak dibacakan buku cerita perihal ‘Dampak membuang sampah sembarangan’. Dari bacaan tersebut anak akan dilatih berpikir bahwa kalau mereka membuang sampah sembarangan akan berakibat yang merugikan, seperti banjir, muncul penyakit dan lain-lain.

Baca Juga: Manfaat Minyak Bumi Bagi Manusia yang Sangat Penting, Yuk, Simak!

5. Melatih Konsentrasi

Ketika membaca akan memerlukan rentang perhatian yang cukup lama. Hal tersebut bisa melatih konsentrasi anak, bagaimana mereka tetap dalam posisi tenang, memperdengarkan dan memproses informasi agar diterima dengan baik.

Apabila anak telah terbiasa sejak dini dilatih konsentrasinya, maka ia akan lebih mudah untuk melakukan serta mengerjakan suatu pekerjaan dengan hasil yang maksimal. موقع كازينو 888

6. Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas

Membaca perihal keanekaragaman kehidupan bisa membuka pikiran anak. Anak akan terpancing untuk memiliki rasa ingin tahu yang lebih dan lebih, dikarenakan info yang mereka terima bisa membantu mengembangkan sisi kreatif otak. Hal tersebut bisa memotivasi mereka membuat suatu temuan melalui daya imajinasi dan kreativitasnya.

Sumber: https://ulyadays.com

7. Membuka Cakrawala

Membaca merupakan jendela dunia. Beragam informasi bisa didapatkan dengan membaca. Banyak membaca berarti banyak membuka cakrawala pengetahuan. Anak yang sejak dini terbiasa membaca akan memiliki segudang informasi, sehingga membuatnya lebih percaya diri.

8. Siap Menghadapi Kehidupan Nyata

Beragam cerita yang orang tua bacakan akan memperkaya anak dalam berbagai hal di kehidupan nyata. Mungkin saja cerita yang dibacakan oleh orang tua belum pernah dialami oleh mereka. Tetapi suatu saat, cepat atau lambat anak akan merasakan hal tersebut.

Mereka telah memiliki gambaran pikiran dari cerita yang pernah dibacakannya, ketika tiba saatnya mereka mengalami hal tersebut. Hal tersebut akan menyebabkan anak lebih siap menghadapi kehidupan dunia nyata sesungguhnya secara mental.

Baca Juga: Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah yang Berdampak Positif…

9. Membangun Hubungan Erat Anak dan Orang Tua

Aktivitas membacakan buku yakni proses komunikasi yang interaktif antara orang tua dan anak. Kehangatan dan keceriaan akan menyebakan kedua pihak menjalin ikatan emosional.

Anak akan merasa dicintai dan diperhatikan oleh orang tuanya. Itulah kebahagiaan yang akan membuat anak merasa dekat dengan orang tuanya. Anak merasa memiliki sahabat terbesar dalam hidupnya yang setia memandu mereka disuasana apa saja.

Sumber: https://www.motherandbaby.co.id

10. Menyusun Pola Perilaku dan Nilai Sosial

Salah satu metode pengajaran karakter bagi anak bisa melalui bacaan. Pilih bacaan yang mengandung nilai-nilai sosial. Dimana anak bisa belajar untuk berperilaku yang baik dengan lingkungan sekitarnya. Contohnya untuk membantu memberikan penjelasan seorang kakak yang akan memiliki adik.

Ayah bunda bisa mulai membacakan buku-buku yang terkait dengan tema bersangkutan. Kakak tidak perlu iri dengan keberadaan adiknya, buat situasi cerita bahwa memiliki adik yakni hal yang menyenangkan, kasih sayang ayah bunda tetap untuk mereka berdua. كيف تربح المال من الانترنت مجاناً

Baca Juga: Jelaskan Manfaat Biopori Bagi Lingkungan! Temukan Jawabannya Disini!

11. Menumbuhkan Ketertarikan Membaca

Kegiatan membacakan buku ke anak akan membuat anak cinta dengan buku. Anak akan terbiasa berada di lingkungan kondusif yang mensupport mereka untuk melakukan aktivitas membaca.

Hal tersebut akan menumbuhkan ketertarikan membaca bagi mereka. Akan muncul kesadaran di diri anak betapa pentingnya membaca, karena membaca bukanlah suatu hal yang patut dipaksakan lagi.

12. Meningkatkan Prestasi Akademik

Anak tidak akan merasa kaget untuk belajar dikala usia mereka sekolah jika terbiasa dibacakan buku sejak dini. Contohnya, dikala SD anak akan terbiasa belajar. Orang tua tidak perlu stress untuk memaksa anak membaca. Membaca bukanlah hal yang seram, justru sebaliknya menjadi suatu hal yang menyenangkan.

Bagi mereka membaca yakni budaya yang telah menjadi komponen dari dirinya. Sebuah data statistik di Amerika Serikat menampilkan bahwa anak-anak yang pandai di sekolah serta seorang pembaca yang baik, rupanya memiliki orang tua yang rajin membacakan buku pada mereka.

Diterbitkan studi lainnya pada Januari 2013 dalam Perspektif Psychological Science menyimpulkan bahwa “membaca pada anak-anak dengan gaya interaktif menimbulkan IQ nya lebih dari 6 poin”.

Jika terbiasa sejak dini membacakan buku ke anak, banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Mulailah dari sekarang, tidak ada kata terlambat. Dengan membaca membuat anak menjadi lebih pandai. Seiring bertambahnya umur anak, akan mempertajam cara berpikir mereka melalui membaca.

Baca Juga: Manfaat Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari hari yang Perlu Diketahui!