Maksud dan Arti kata Up serta bagaimana konteks penggunaannya

Media sosial, Pengertian
arti kata up
arti kata up

Arti kata Up dan bagaimana menggunakannya yang sesuai dengan konteks kekinian agar penggunaannya lebih tepat sasaran. Mungkin Anda sering sekali melihat kata Up di Facebook atau jejaring sosial lainnya bahkan kata ini sering juga digunakan di WhatsApp atau aplikasi pesan singkat sejenis. Tetapi tahukah Anda apa sebenarnya maksud dan arti kata Up?. Up sebenarnya bukan hanya sekedar sebuah kata dalam bahasa Inggris, melainkan memiliki makna dan juga penggunaan yang berbeda, tergantung konteksnya.

Seperti yang sudah anda ketahui kata dalam bahasa Inggris ketika sudah digunakan di Indonesia belum tentu artinya sama persis dengan arti aslinya. Hal ini menunjukkan bahwa memang bahasa dipahami menurut Apa yang biasa dipergunakan oleh penduduk sekitar. Jadi intinya bahasa itu konteks bukan sekedar teks saja. Oleh sebab itu, jangan heran jika arti kata up mungkin memiliki makna yang jauh berbeda dari arti asalnya.

 

Maksud kata Up

Sebenarnya Up berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti: Naik, ke atas, di atas, terbit, sudah sampai. Akan tetapi dalam konteks penggunaannya sendiri di Indonesia Up terkadang tidak ada hubungannya dengan beberapa terjemahan bahasa Indonesia tersebut. Berikut beberapa contoh penggunaan up dalam berbagai komentar terutama dalam jual beli online:

  • Untuk mengangkat sebuah thread atau psotingan yang sudah tenggelam. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa di grup Facebook terutama sebuah postingan tidak diurutkan berdasarkan tanggal pembuatan melainkan dari tanggal komentar terakhir. Jadi terkadang si pembuat postingan tersebut akan mengetikkan kata up hanya sekedar membuat postingannya tersebut kembali lagi di urutan teratas.
  • Kata up biasanya digunakan jika seseorang tidak tertarik atau tidak berminat dengan barang yang diposting oleh penjual. Mungkin karena dia tidak sanggup membeli barang tersebut karena harganya cukup mahal atau yang lainnya. Jadi up bisa dikatakan adalah cara menolak yang sangat halus.
  • Up memiliki makna agar kita melihat kembali postingan di atas. Terkadang karena chattingan di WhatsApp atau Facebook yang sudah sangat menumpuk maka komentar-komentar yang di bawahnya menjadi kurang fokus. Untuk mengingatkan, biasanya kita akan menggunakan kata up, maksudnya adalah agar orang membaca kembali postingan di atas.
  • Up juga bisa digunakan untuk menunjukkan kata menyerah. Misalnya jika ada pertanyaan disebuah postingan yang kita tidak mampu menjawabnya maka kita bisa memberikan komentar up. Maksudnya adalah agar orang lain bisa membantu menjawab pertanyaan tersebut.
  • Up terkadang digunakan untuk mengingatkan. Karena postingan yang dibuat tidak ada yang berkomentar sama sekali maka seseorang tersebut akan mengetikkan kata Up. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan atau sekedar memberi penekanan Agar postingan tersebut mendapat perhatian.

Uraian di atas menunjukkan bahwa kata up sebagian sudah sangat jauh berbeda dari arti asalnya. Akan tetapi itu bukan menjadi suatu masalah, yang terpenting Anda bisa menggunakannya secara tetap menurut apa yang dipahami oleh pengguna media sosial saat ini.

Selain itu, seiring perkembangannya bisa saja kata Up ini memiliki makna yang berkembang lagi tergantung dari pengguna media sosial itu sendiri.