Arti kata typo

Arti kata typo, pengertian, contoh serta tips mencegahnya

Arti kata
Arti kata typo
Ilustrasi typo, image: pixabay.com

Pernahkah Anda mendengar kata typo di jejaring sosial atau aplikasi pesan instan seperti WhatsApp?. Kata typo memang sering sekali diungkapkan saat ada seseorang yang melakukan salah ketik atau salah mengeja sebuah kata. Lantas tahukah anda sebenarnya apa arti kata typo tersebut? bagi Anda yang masih belum mengetahui arti kata typo mari simak ulasannya berikut ini:

Sekilas tentang typo

Komputer dan smartphone telah membuat hidup kita lebih mudah, akan tetapi keduanya tidak dapat memperbaiki satu masalah mendasar: kesalahan manusia (human error). Faktanya, kesalahan ketik atau typo paling sering terjadi ketika Anda berpikir terlalu cepat untuk mengetik. Hal Ini dapat menyebabkan Anda menekan dua tombol sekaligus, mencampur huruf, atau bahkan mengetik kata yang tidak ingin Anda tulis. Kesalahan ketik atau typo paling sering terjadi adalah huruf yang hilang atau ditambahkan secara tidak sengaja, kata yang diulang, atau tanda baca yang salah atau tidak sesuai.

Arti kata typo

Arti kata Typo adalah kesalahan penulisan atau terbitan. Jika Anda menemukan kata yang salah eja atau tanda baca yang salah tempat dalam sebuah kalimat, maka disebut juga dengan typo.

Typo sebenarnya memiliki arti asal “kesalahan tipografis”, dan Anda juga bisa menyebutnya salah cetak. Sedangkan pengertian typo adalah kesalahan pengejaan yang dilakukan selama proses pengetikan yang telah dilewatkan oleh editor atau korektor. Awalnya, kesalahan ketik atau typo adalah kesalahan yang dilakukan selama pengaturan huruf, tetapi saat ini kata typo juga bisa diartikan sebagai kesalahan dalam teks apa pun yang diketik, dari pesan instan sampai sebuah postingan di media sosial.

Tips mencegah typo

  • Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah typo adalah dengan menggunakan aplikasi voice to text. Kelebihan penggunaan voice to text adalah Anda tidak akan mengalami salah ketik per huruf akan tetapi kekurangannya jika anda tidak jelas dalam mengucapkan sebuah kata maka aplikasi voice to text akan mengetikkan kata lain yang memiliki pengucapan mirip.
  • Membaca kembali setiap pesan yang akan anda terbitkan. Untuk menghindari kesalahan ketik atau typo sebaiknya periksa pesan anda terlebih dahulu. Luangkan waktu sebentar untuk membaca pesan yang telah anda tulis. Jika dirasa sudah benar, maka anda bisa menerbitkannya. Jika masih ada beberapa yang dirasa salah maka anda bisa memperbaikinya. Hal ini cukup efektif untuk mencegah typo secara manual.
  • Memanfaatkan corrector yang ada di keyboard anda. Salah satu cara yang cukup jitu untuk mencegah typo adalah dengan memanfaatkan korektor yang ada di keyboard Smartphone anda. Jadi saat Anda menulis sebuah kata maka keyboard akan memberikan saran dari kata yang akan anda tulis tersebut. Hal ini tentunya akan mencegah kesalahan penulisan atau yang sering disebut typo.

Nah demikian tadi ulasan mengenai pengertian dan arti kata typo serta bagaimana mencegahnya. Semoga artikel di atas dapat membantu anda mengatasi masalah seputar typo.