Sejarah Pengembangan Internet

Sejarah Pengembangan Internet

Sejarah Pengembangan Internet- Internet, mudah bagi manusia untuk menemukan informasi dan solusi dalam berbagai aspek kehidupan. Kehadirannya memiliki dampak yang positif jikalau digunakan dengan baik dan sesuai kebutuhan. Sebagai pengguna yang baik, Anda juga harus tahu riwayat singkat Internet dan pengembangan dapat dihargai dengan mudah seperti sekarang.

Sejarah Pengembangan Internet

Sejarah Pengembangan Internet

Apa itu internet?

Internet merupakan jaringan komunikasi yang mampu menghubungkan media elektronik satu dengan media elektronik lainnya. Forerunner dari Internet dibentuk oleh lembaga penelitian tentang singkatan dari proyek Arpanet LA yang diperdagangkan oleh Departemen Pertahanan AS pada tahun 1969. Internet ditanggung oleh standar teknologi, yaitu protokol kontrol transmisi atau disebut TCP.

Protokol Kontrol Transmisi atau TCP adalah protokol untuk paket pertukaran yang dapat digunakan untuk pengguna di seluruh dunia. Di Internet ada juga istilah Internetworking yang merupakan cara untuk menghubungkan sirkuit Internet dan menerapkan aturan yang ada.

Sejauh ini, internet telah banyak digunakan untuk berbagai aspek kehidupan. Berbagai bisnis, kantor, sekolah, rumah sakit, hotel dan tempat-tempat khusus lainnya menggunakan Internet ini untuk memfasilitasi kegiatan. Namun, Anda juga harus tahu sampai dapat dihargai sejauh ini sejarah internet pendek Internet.

Sejarah Pengembangan Internet

Seperti yang kita lakukan sebelumnya Internet adalah proyek Arpanet, apa perpanjangan dari Arpanet? Anda bisa membaca Pragraf sebelumnya lagi, yaitu jaringan komputer yang telah dibuat oleh Departemen Amerika Serikat pada tahun 1969. Departemen Pertahanan AS telah menunjukkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk komputer menggunakan Unix. Meskipun dapat berkomunikasi dari jarak jauh melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET telah dirancang dengan informasi jaringan yang andal dan toko yang dapat dipindahkan. Proyek ARPANET menjadi misi dan gagasan membangun protokol baru sebagai prekursor untuk munculnya jaringan protokol kontrol transmisi yang digunakan untuk Internet.

Kisah singkat Internet dimulai dengan pembangunan proyek Arpanet pada awalnya hanya untuk keperluan militer. Pada saat itu, Departemen Pertahanan AS membuat sistem jaringan untuk komputer dan didistribusikan dengan menghubungkan komputer di berbagai bidang yang rentan atau kritis. Keberadaan tujuan jaringan untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan atau gangguan nuklir lawan.

Sistem jaringan komputer juga digunakan untuk menghindari informasi terpusat yang tidak diketahui semua anggota. Sehingga ketika perang atau serangan, dapat diatasi dan dengan mudah dan siap dihancurkan.

Pada awalnya, proyek ARPANET hanya terhubung empat situs. Keempat situs membangun jaringan yang dimasukkan pada tahun 1969. Di empat situs yang terhubung ke Lutut Lutut Stanford Research, Santa Barbara, Universitas California, dan Universitas Utah. Proyek ARPANET diumumkan pada Oktober 1972 secara resmi. Periode ini juga dapat dinamai tahun pertama yang dilakukan.

Sejarah Pengembangan Internet Di Indonesia

Pada saat itu, Indonesia menggunakan media surat kabar. Pada tahun 1997, Kompas menerbitkan berita online. Karena pada saat itu, perusahaan media ingin mengikuti evolusi teknologi. Pada tahun 2000, berita online muncul dan beberapa blog lain memberikan informasi atau produk terbaru dan diminta oleh masyarakat.

Singkatnya, di Indonesia dimulai pada tahun 2000-an. Di tahun ini sebuah portal online muncul untuk membantu dan memfasilitasi akses ke komunitas di berita online. Khusus untuk pekerja yang membutuhkan informasi terbaru atau baru. Sampai akhirnya online dengan kemajuan teknologi, Internet di Indonesia telah mulai berkembang dan banyak digunakan dalam semua aspek kehidupan.

Baca juga : Sejarah Teknologi Informasi Komunikasi