Perbedaan Phishing dan Spam: Definisi, tujuan dan cara kerja

Perbedaan

Perbedaan Phishing dan Spam: Definisi, tujuan dan cara kerja. Ancaman dunia maya adalah salah satu ancaman terbesar saat ini dimana perusahaan dan organisasi terus berjuang untuk menjaga keamanan informasi mereka. Industri TI global menghabiskan miliaran dolar untuk keamanan saja dalam satu tahun – itu lebih dari PDB dua pertiga dari negara-negara di dunia. Dan organisasi tingkat atas masih tidak aman dari pencuri data dan peretas. Setiap minggu hamper ada beberapa berita mengenai semacam pelanggaran data di mana ribuan akun email dikompromikan atau nomor kartu kredit dicuri atau sesuatu yang lebih berbahaya. Kami mendapatkan pembaruan keamanan untuk komputer di rumah kami segera setelah beberapa virus atau malware baru mengambil alih internet. Setiap hari ada ancaman baru yang berkeliaran di web dan membahayakan keamanan kita.

Apa yang disebut ancaman cyber ini bukanlah hal baru – faktanya, ancaman ini telah mengancam keamanan informasi di internet sejak lama dan tidak pernah berhenti. Ancaman yang paling umum terkait dengan keamanan internet dan yang paling umum adalah phishing dan spam. Keduanya menghadirkan masalah yang berbeda pada integritas operasi TI.

Phishing adalah evolusi dari kata fishing, yang biasa digunakan oleh peretas yang mengganti huruf “f” dengan “ph” dalam dialek peretas. Dalam phishing, email mewakili bagian iming-iming dan para korban adalah mangsa yang mengambil umpan. Phishing dan spam adalah sisi gelap dari semua kemajuan teknologi yang kita nikmati saat ini. Pertanyaannya adalah – apakah phishing sama dengan spam? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa itu Phishing?

Phishing adalah teknik yang relatif baru untuk skema konvensi lama dengan tujuan memikat para korban untuk mengungkapkan beberapa informasi berharga atau pribadi seperti nomor jaminan sosial, nomor kartu kredit, dan informasi pribadi lainnya yang dapat membahayakan keamanan online mereka. Ini adalah bentuk serangan cyber paling umum yang melibatkan email yang merupakan senjata pilihan penyerang.

Serangan phishing dimulai dengan iming-iming, seperti permintaan resmi untuk memperbarui informasi akun atau memverifikasi nomor akun, dari sumber yang diverifikasi, sebagian besar lembaga keuangan yang tampaknya sah saat ini. Penyerang sering menggunakan HTML dan skrip dari situs yang sah untuk membuat versinya tampak sah. Sebagian besar korban mengambil umpan dan mengklik tautan palsu hanya untuk mencuri informasi yang diinginkan.

Apa itu Spam?

Spam adalah bentuk lain dari serangan email yang mungkin merujuk pada banyak jenis eksploitasi dan perilaku buruk yang masuk dalam kategori malware. Spam tidak diminta, email yang tidak diinginkan membanjiri kotak masuk Anda sehingga sangat menjengkelkan. Email komersial yang tidak diminta itu, seringkali dari sumber yang tidak tepercaya atau dari penjual daring yang mencoba menjual sesuatu, hal ini biasanya disebut sebagai spam.

Spam adalah email yang dikirim dalam jumlah besar oleh peretas atau penjahat dunia maya untuk menciptakan masalah bagi individu atau administrator jaringan. Hal ini mengakibatkan kotak masuk yang berantakan, penipuan phishing, bandwidth yang dikenakan pajak, ruang penyimpanan yang tidak diinginkan, dll. Masalah dengan email yang tidak diminta di kotak masuk Anda adalah kemungkinan besar Anda akan melewatkan beberapa email penting di antara email spam tersebut.
Perbedaan antara Phishing dan Spam

Definisi Phishing dan Spam

Phishing adalah bentuk paling umum dari serangan dunia maya di mana para korban terpikat oleh email, pesan teks, atau panggilan oleh penyerang yang tampaknya menjadi sumber atau organisasi yang sah untuk mengungkapkan informasi pribadi mereka, seperti nomor jaminan sosial, rekening bank , nomor kartu kredit, kata sandi akun, dan banyak lagi.

Spam adalah setara elektronik dari email yang tidak diminta, biasanya dikirim dalam jumlah besar ke sekelompok besar orang untuk menyebarkan malware, melakukan serangan phishing, atau untuk keperluan iklan. Spam sebagian besar adalah posting newsgroup sampah yang mewakili iklan email untuk beberapa jenis produk atau layanan.

Tujuan dari Phishing dan Spam

Spam biasanya merupakan bentuk iklan komersial yang dikirim melalu surat elektronik karena email masih merupakan salah satu cara beriklan yang paling hemat biaya. Tujuan dari spamming adalah untuk mengirim email komersial dengan konten komersial kepada sebanyak mungkin penerima dalam jumlah besar dengan tujuan menghasilkan uang dari penerima yang benar-benar menanggapi email.

Tidak seperti spam, phishing tidak terbatas pada email saja. Phishing cukup populer di kalangan penjahat dunia maya yang ingin menipu orang agar mengklik tautan jahat dengan tujuan mendapatkan informasi sensitif atau mengendalikan sistem mereka.

Teknik di Phishing dan Spam

Serangan phishing direncanakan dan dijalankan secara rumit dengan cara yang terorganisir. Mereka dirancang dengan hati-hati untuk memikat para korban agar berbagi atau mengungkapkan informasi pribadi mereka seperti login dan kata sandi sehingga penyerang dapat menguasai dunia online korban seperti situs jejaring sosial, rekening bank, email, dan banyak lagi.

Spamming menyembunyikan konten sebenarnya dari surel untuk membuat para korban menghabiskan uang mereka yang berharga pada produk yang tidak benar-benar ada atau barang palsu, sebagian besar produk iklan seperti barang-barang farmasi atau kadang-kadang, perangkat lunak keamanan.

Ringkasan Perbedaan Phishing dan Spam

Phishing dan spam adalah sisi gelap dari semua kemajuan teknologi yang bias kita nikmati saat ini dan merupakan ancaman umum terhadap keamanan informasi di internet. Saat ini, setiap bisnis adalah bisnis dunia maya dan dunia maya telah memberi dunia kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya serta ketergantungan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Akibatnya, keamanan cyber adalah prasyarat mutlak. Saat ini, phishing dan spam adalah ancaman paling umum yang terkait dengan keamanan internet, yang masing-masing memiliki ancaman terhadap integritas dunia cyber. Phishing memikat pengguna untuk mengungkapkan informasi berharga seperti detail kartu kredit, kata sandi akun, dan nomor jaminan sosial, sementara spam adalah bentuk iklan komersial dalam bentuk email yang tidak diminta.