Perbedaan Keamanan dan Privasi: Definisi dan tujuannya

Perbedaan

Perbedaan Keamanan dan Privasi: Definisi dan tujuannya. Keamanan dan privasi keduanya saling tergantung dan sering identik satu sama lain. Banyak dari kita yang mungkin percaya bahwa kedua istilah tersebut berkaitan erat dan satu tidak dapat berdiri tanpa yang lainnya, sementara beberapa orang akan berpendapat bahwa seseorang dapat memiliki keamanan tanpa privasi, tetapi tidak sebaliknya. Kedua istilah ini identik dengan teknologi dan jaringan.

Dampak teknologi pada kehidupan kita terus meningkat, dengan bisnis digital yang bergerak lebih cepat daripada bisnis tradisional. Ketika organisasi besar merangkul teknologi seperti data besar, Internet of Things, dan cloud, keamanan adalah kejahatan yang perlu. Di era digital yang didorong oleh teknologi di mana semuanya terhubung dan mudah diakses, keamanan harus lebih dari sekadar renungan. Artikel ini menjelaskan perbedaan antara keamaan dan privasi.

Apa itu Keamanan?

Keamanan mengacu pada kebebasan pribadi dari kekuatan eksternal. Ini adalah kondisi terbebas dari potensi ancaman atau bahaya. Seperti halnya sistem keamanan rumah yang melindungi integritas rumah tangga Anda, keamanan data melindungi data dan informasi Anda yang berharga dari mata yang mengintip dengan menjaga kata sandi dan dokumen Anda.

Keamanan mengacu pada langkah-langkah perlindungan yang dilakukan untuk melindungi data digital dari pengguna yang tidak sah, seperti penjahat cyber dan peretas. Teknologi semakin maju, demikian juga peretas, dan demikian pula langkah-langkah keamanan data. Meskipun keamanan tidak menjamin bahwa data atau informasi tidak dapat dikompromikan, tindakan dan protokol keamanan yang ketat membantu mencegah akses yang tidak sah. Jadi, selalu disarankan untuk menjaga akun online Anda dengan kata sandi yang kuat, dengan kombinasi berbeda di situs web berbeda yang memerlukan login.

Tujuan utama keamanan adalah kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan. Tujuannya adalah untuk memperkuat kontrol internal dan membatasi akses tidak sah baik dari faktor internal maupun eksternal, sehingga melindungi kerahasiaan dan integritas sumber daya dan aset. Semua tindakan pengamanan mencoba mengatasi setidaknya satu dari tiga tujuan:

  • Melindungi kerahasiaan
  • Menjaga integritas aset informasi
  • Mempromosikan ketersediaan data dan informasi

Langkah-langkah ini berlaku untuk bidang-bidang seperti keamanan personel, keamanan jaringan, dan keamanan administrasi. Protokol dan tindakan keamanan menentukan apa yang ingin Anda lindungi dan dari apa. Untuk mengembangkan kebijakan keamanan yang kuat dan sah, Anda harus menentukan tujuan keamanan Anda, yang selanjutnya akan membantu Anda menyusun rencana keamanan untuk sistem yang aman.

Apa itu Privasi?

Privasi adalah hak seseorang untuk bebas dari gangguan dan pengintaian. Ini adalah kondisi terbebas dari perhatian yang tidak diinginkan dan pengawasan rahasia. Privasi lebih seperti gagasan yang mencakup kerahasiaan. Itu adalah salah satu prinsip inti dari martabat manusia.

Seperti halnya jendela, yang ada di rumah Anda. Jendela memiliki berbagai fungsi. Seperti memperbarui interior dengan elemen kontrol grafis. Hal ini memungkinkan orang untuk menikmati alam bebas yang indah, dan pada saat yang sama, juga memberikan akses kepada orang luar atau pengunjung yang tidak diinginkan untuk masuk ke dalam. Sama seperti Anda melihat keluar, orang lain mungkin melihat ke dalam. Untuk mencegah orang luar mengintip ke jendela Anda, Anda bisa meletakkan tirai untuk menutupi jendela. Ini disebut privasi. Membatasi tampilan melindungi privasi Anda karena pengganggu atau pencuri mungkin tidak dapat melihat siapa atau apa yang ada di dalamnya. Demikian pula, keamanan informasi melindungi batas akses ke data atau informasi pribadi.

Perbedaan Keamanan dan Privasi

Definisi Keamanan dan Privasi

Keduanya adalah istilah yang saling terkait yang sering digunakan bersama satu sama lain. Sementara satu tidak dapat eksis tanpa yang lain, mereka sering disalahgunakan. Keamanan adalah keadaan kebebasan pribadi atau bebas dari potensi ancaman, sedangkan privasi mengacu pada keadaan bebas dari perhatian yang tidak diinginkan.

Tujuan Keamanan dan Privasi

Tiga tujuan utama keamanan adalah kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan. Keamanan berarti menjaga aset informasi dan data rahasia Anda dari akses yang tidak sah. Ini mempengaruhi keamanan informasi dan keamanan cyber. Semua protokol keamanan membahas setidaknya satu dari tiga tujuan. Sedangkan privasi mengacu pada hak-hak individu dan organisasi yang berhubungan dengan informasi pribadi.

Program untuk Keamanan dan Privasi

Program keamanan mengacu pada seperangkat protokol dan peraturan yang ditetapkan untuk melindungi semua aset dan sumber daya informasi rahasia yang dikumpulkan dan dimiliki organisasi. Ini berfokus pada data dan informasi daripada informasi pribadi individu. Di sisi lain program privasi, berfokus pada melindungi hanya informasi pribadi seperti kredensial masuk, kata sandi, dll.

Ketergantungan

Keamanan dan privasi berjalan seiring. Seseorang dapat membayangkan lingkungan yang aman tetapi tidak menjamin privasi. Demikian pula, orang dapat membayangkan sebuah rumah yang privat karena jendela, tetapi itu tidak menjamin keamanan dari orang luar. Keamanan dapat dicapai tanpa privasi, tetapi privasi tidak dapat dicapai tanpa keamanan. Keamanannya lemah atau rentan, secara otomatis memengaruhi privasi.

Ringkasan Perbedaan Keamanan dan Privasi

Keamanan dan privasi saling bergantung, keamanan dapat dicapai tanpa privasi tetapi privasi tidak dapat dicapai tanpa keamanan. Keamanan melindungi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi, sedangkan privasi lebih rinci tentang hak privasi sehubungan dengan informasi pribadi. Privasi berlaku ketika datang untuk memproses data pribadi, sementara keamanan berarti melindungi aset informasi dari akses yang tidak sah. Data pribadi dapat merujuk pada informasi apa pun mengenai individu apa pun seperti nama, alamat, kredensial, informasi akun keuangan, nomor jaminan sosial, dll.